Recent Post

Saturday, 21 November 2015
Banyak Guru Yang Nilai UGK-nya Nyaris Sempurna

Banyak Guru Yang Nilai UGK-nya Nyaris Sempurna

UKG yang akan berakhir tanggal 27 november ini diikuti oleh 2 juta lebih guru yang tersebar diseluruh Indonesia. Adapaun untuk hasil UKG sementara, ternyata banyak guru yang mendapatkan nilai hampir sempurna, semoga hasil akhir nanti ada guru yang nilainya sempurna.

Dampak Negatif Calistung Bagi Pendidikan Anak Di Level PAUD

Dampak Negatif Calistung Bagi Pendidikan Anak Di Level PAUD

Tak jarang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menerapkan penguasaan baca, tulis, hitung (calistung) kepada anak usia dini. Akan tetapi, sistem pengajaran yang tidak tepat serta penggunaan calistung sebagai standar evaluasi anak usia dini memiliki dampak negatif bagi anak.
SELAMAT: 99 Guru Jadi Pemenang

SELAMAT: 99 Guru Jadi Pemenang

Pemerintah melalui kemdikbud melakukan kegiatan pemilihan guru berprestasi. Kegiatan ini telah dilaksanakan dan pemenangnya pun sudah diketahui.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada mereka guru-guru yang berkualitas, pantang menyerah dalam mencerdaskan anak bangsa.
Kapok Jadi Guru

Kapok Jadi Guru

Sekelumit kisah nyata yang terjadi pada seorang guru, selamat membaca.

Ini kisah nyata di sebuah sekolah menengah swasta di kawasan Jabodetabek. Sekolah swasta ini memiliki gu ru-guru hebat. Para guru ini alumni perguruan tinggi negeri, ka laupun ada alumni perguruan tinggi swasta, mereka dari jurusan terbaik di negeri ini.
Dana Nggaran Pengangkatan Guru Honorer Hilang, Siapa Yang salah

Dana Nggaran Pengangkatan Guru Honorer Hilang, Siapa Yang salah

Sebagaimana kabar yang sudah beredar bahwa anggaran untuk pengangkatan guru honorer di RAPBN di tiadakan, kabar ini tentu merupakan kabar yang sangat buruk. Banyak guru honorer yang sudah berharap akan diangkat di tahun 2016 harus menelan pil pahit. Nampaknya harapan itu harus disimpan dulu.
Mendikbud: Kemuliaan Jangan Diukur dengan Uang

Mendikbud: Kemuliaan Jangan Diukur dengan Uang

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan meminta guru tidak mengukur kemuliaan dirinya dengan rupiah, karena dapat menurunkan nilainya.

"Guru jangan mengukur kemuliaan dirinya dengan rupiah, karena ketika diukur dengan rupiah maka akan mengalami devaluasi atau pengurangan nilai," ujar Mendikbud dalam acara penyerahan penghargaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional di Jakarta, Sabtu.
Anies Baswedan Sebut Peran Guru Tidak Hanya Pengajar

Anies Baswedan Sebut Peran Guru Tidak Hanya Pengajar

Seorang guru memiliki peran yang sangat besar didalam sebuah proses belajar mengajar, maju dan berkembangnya peserta didik merupakan buah dari kegigihan dan peranan seorang guru. Selain itu, guru selain berperan sebagai pengajar, namun guru juga harus mau menjadi seorang pelajar.
Friday, 20 November 2015
61 Guru Tertipu Janji Kenaikan Pangkat hingga Ratusan Juta

61 Guru Tertipu Janji Kenaikan Pangkat hingga Ratusan Juta

Ada baiknya sebelum menelan informasi mentah sebaiknya ditelusuri terlebih dahulu kebenaran dari informasi tersebut. hal ini dilakukan sebagai antisipasi agar setiap dari kita tidak mudah terkena tipu.
kasus berikut adalah penipuan dengan iming-iming kenaikkan pangkat, kasus ini terjadi di cirebon jawa barat.

Gara-gara Pilkada, UKG Susulan Ditunda

Gara-gara Pilkada, UKG Susulan Ditunda

Pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah yang akan dilaksanakan pada tangga 9 desember mendatang mengakibatkan molrnya Uji Kompetensi Guru Susulan.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) susulan yang dijadwalkan pada 7-11 Desember diundur menjadi  11-14 Desember. Direktur Jenderal Guru dan Tenega Kependidikan (GTK) Sumarna Suraparanata mengatakan, penundaan kegiatan UKG karena bersamaan dengan pemilihan kepala daerah (Pilkada).
Pengembangan Kemampuan Guru Profesional

Pengembangan Kemampuan Guru Profesional

Pengembangan Kemampuan Guru Profesional

Segala macam bentuk kemampuan yang ada pada guru professional, harus dikembangkan terus menerus secara maksimal. Seorang guru jangan langsung puas dengan kemampuan yang ada pada dirinya sekarang, tetapi cari dan kembangkan potensi untuk kemampuan lainnya.
Ciri-ciri Guru Yang Baik

Ciri-ciri Guru Yang Baik

Ciri-ciri Guru Yang Baik
Prof. Dr. S. Nasution MA dalam bukunya “Didaktik Azas-azas Mengajar”, 1982:12 menyatakan: sukar menentukan bagaimanakah sebenarnya guru yang baik.

Walaupun demikian dapat juga diberikan beberapa prinsip yang berlaku umum untuk semua guru yang baik, adalah:
Mengulik Nilai Penting UKG

Mengulik Nilai Penting UKG

Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar uji kompetensi guru (UKG) bagi seluruh tenaga pengajar di penjuru Nusantara. Melalui ujian ini, Kemdikbud ingin memetakan kompetensi sekira 2,9 juta guru Indonesia. Adapun pelaksanaan ini akan berakhir pada akhir November nanti. 
Thursday, 19 November 2015
PR Kemdikbud Setelah UKG Usai

PR Kemdikbud Setelah UKG Usai

Pelaksanaan UKG yang akan berakhir bulan November ini tentu harus ada tindak lanjutnya. Setelah pelaksanaan UKG ini masih ada PR yang harus dikerjakan oleh pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Artinya setelah UKG masih ada serangkaian kegiatan yang berkelanjutan dan kegiatan itu adalah kegiatan yang dapat menunjang kompetensi dan profesi Guru.
Banyak Guru Yang Nilai UKG-nya Masih Rendah

Banyak Guru Yang Nilai UKG-nya Masih Rendah

Pada Uji Kompetensi Guru (UKG) kali ini, pemerintah menetapkan standar nilai minimal 5,5. Meski demikian, masih ada sejumlah guru yang mendapat nilai kurang dari standar tersebut.

Kepala SMPN 8 Makassar, Hikmah Mangani, Spd, Mpd mengungkapkan, guru-guru yang mendapat nilai kurang dari standar merasa gelisah.

"Bahkan mereka sangat kepikiran. Kok, nilainya segitu, padahal pas mengerjakan sudah yakin. Tapi setelah selesai, lihat nilainya cuma segitu," ujar Hikmah, di SMPN 8 Makasaar, Jumat.

Menurut Hikmah, ada sejumlah soal yang mengujikan materi umum. Padahal ketika mengajar, para guru ini hanya mengajar satu mata pelajaran. Hikmah mencontohkan, guru Biologi, misalnya, dapat soal fisika dan kimia juga.

"Tidak hanya itu, banyak guru jatuh pada kompetensi pedagogik. Padahal itu yang utama, yaitu bagaimana guru mengenali karakter anak didiknya. Dan bagaimana guru bisa mentransfer ilmu ke mereka," imbuhnya.

Meski banyak guru kesulitan dan gelisah karena nilai yang rendah, banyak juga guru yang meraih nilai memuaskan. Bahkan nilai kompetensi pedagogik mereka juga bagus.

"Di SMPN 8 ada guru PKn yang bisa dapatkan nilai 84. Kompetensi pedagogiknya juga sudah bagus. Tapi, rata-rata yang nilainya rendah memang jatuh di pedagogik," paparnya.

Hikmah sendiri sudah mengikuti UKG. Dia berhasil mengantongi skor 68. "Itu sudah termasuk tinggi di Sulawesi Selatan bagi guru olahraga," tambahnya.

Baca Juga : Gaptek. Guru Kesulitan Kerjakan UKG

                 : PR Kemdikbud Setelah UKG Usai  

UKG mengukur kompetensi guru dan hasilnya akan menjadi dasar pemetaan tenaga pendidik di Tanah Air. UKG digelar sepanjang November menggunakan metode online maupun offline. Sekira 2,9 juta guru mengerjakan 60-120 soal, tergantung mata pelajaran dan jenjang pendidikan yang mereka ampu.
Sumber: okezone.com
Kemendikbud Minta Keterlibatan Masyarakat dan Pengusaha Dalam Pendidikan

Kemendikbud Minta Keterlibatan Masyarakat dan Pengusaha Dalam Pendidikan

Pendidikan pada dasarnya tidak hanya melibatkan Guru dan Murid saja. Namun pendidikan merupakan satu kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat.

Pendidikan tidak akan berjalan manakala dukungan dari berbagai pihak tidak terjalin, selain itu kemajuan dan perkembangan pendidikan sangat bergantung dari dukungan dari seluruh elemen lapisan masyarakat, baik masyarakat bawah maupun masyarakat atas (Pengusaha).
Khazanah Ilmu : Memaknai Pertanyaan

Khazanah Ilmu : Memaknai Pertanyaan

Dalam kitab suci Alquran dan hadis Nabi SAW ditemukan banyak teks yang berisi pertanyaan. Tidak semua pertanyaan tersebut dijawab langsung, tetapi ada juga yang bersifat retoris, yakni tidak perlu jawaban karena akan terjawab dengan sendirinya. Kalimat pertanyaan dapat dikenali dari kata yang digunakan, seperti ara-aita (QS 107:1), wa maa adraaka (QS 97:2), serta hal  (QS 88:1).
Pentingnya Pendidikan Gizi Bagi Anak

Pentingnya Pendidikan Gizi Bagi Anak

Makanan bergizi seimbang sangat penting bagi anak-anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembang mereka. Sayangnya, banyak anak-anak yang tidak konsumsi makanan bergizi seimbang pada masa pertumbuhannya.

Kebanyakan anak-anak malah jajan sembarangan. Untuk itu, anak-anak pun perlu diberikan pendidikan gizi seimbang.
Heboh Tulisan Pelacur dan Saras 008 Selingkuhan Spiderman di Buku Siswa SD

Heboh Tulisan Pelacur dan Saras 008 Selingkuhan Spiderman di Buku Siswa SD

Akhir ini dunia pendidikan dihebohkan dengan adanya Buku LKS yang didalamnya ada kata Pelacur. di dalam buku tersebut dikatakan bahwa seorang ibu rela melakukan apapun demi anaknya walau harus jadi pelacur.

belum selesai masalahnya, kini ada lagi kahsus terbaru yang berisi kalimat aneh. kasus ini terjadi di kota Malang.
Kode Etik Guru Indonesia

Kode Etik Guru Indonesia

Kode Etik Guru Indonesia
Secara etimologis kode etik berarti pola aturan, tata cara pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan sebagai pedoman berperilaku. Etis berarti sesuai dengan nilai-nilai dan norma yang dianut oleh sekelompok orang atau masyarakat tertentu.
Kode etik berfungsi sebagai berikut:

Kemendikbud Rencanakan Beri Biaya Operasional Lembaga Kursus

Kemendikbud Rencanakan Beri Biaya Operasional Lembaga Kursus

 Angka terakhir terdapat 18900 lembaga kursus dan pelatihan yang telah terdaftar. Namun untuk jumlah terbaru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengaku belum tersedia.

"Karena kita belum memiliki wadah data semisal Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang ada seperti di pendidikan formal," ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarajat (Dirjen PAUD-Dikmas), Harris Iskandar,.
BOP Harusnya 1 Juta Per Siswa

BOP Harusnya 1 Juta Per Siswa

Hingga saat ini Bantuan Operasional PAUD yang diberikan oleh pemerintah adalah 1 juta perbulan, bantuan ini bukanlah hitungan per siswa, melainkan perlembaga. Jadi jika di total dalam satu tahun adalah 12 juta Rupiah.

Pada dasarnya, bantuan ideal dalam satu lembaga adalah 1 juta hitungan per siswa. Jadi jika ada 20 siswa maka bantuan yang diberikan sebesar 20 juta perbulan. jadi jika dikalikan dalam satu tahun maka ada sekitar 240 juta Rupiah.

Wednesday, 18 November 2015
Kemendikbud Belum Dapat Laporan Joki

Kemendikbud Belum Dapat Laporan Joki

Maraknya aksi Joki dan Pungli selama pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) ternyata kabar tersebut belum sampai kepada Direktur Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumarna Surapranata belum bisa berkomentar atas temuan perjokian pada pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015. Dia mengaku belum menerima laporan atas kasus ini. 
Bantuan Siswa Miskin Dipotong untuk Dinas Pendidikan

Bantuan Siswa Miskin Dipotong untuk Dinas Pendidikan

Sejumlah wali siswa di Sekolah Dasar Negeri Huta Tonga Tapanuli Selatan Sumatera Utara mengeluhkan pemotongan dana Bantuan bagi Siswa Miskin (BSM) yang dilakukan sekolah mereka.

Potongan mulai dari Rp25 ribu hingga Rp50 ribu per siswa itu pun dinilai memberatkan dan merugikan siswa miskin.
Multi Grade Teaching, Pemda Harus Tambahkan Tunjangan Guru

Multi Grade Teaching, Pemda Harus Tambahkan Tunjangan Guru

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan guru di daerah-daerah. Salah satunya adalah dengan menerapkan metode multi grade teaching. Dalam metode ini,satu guru tidak hanya mengajar satu mata pelajaran, tetapi minimal bisa mengajar dua mata pelajaran.
Masih Ada Guru Yang Bergaji Rp. 350 Ribu Perbualan

Masih Ada Guru Yang Bergaji Rp. 350 Ribu Perbualan

Disebagian wilayah di Indonesia masih ada Guru yang masih bergaji sangat miris. salah satunya adalah di Medan.
Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Medan Ramlan Tarigan mengatakan sampai saat ini kondisi guru masih memprihatinkan. Menurutnya, masih ada guru honor yang mengajar di beberapa sekolah di daerah itu yang memiliki gaji Rp 350 ribu per bulan.
Perkembangan UMKM Di Indonesia

Perkembangan UMKM Di Indonesia


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memiliki peranan yang sangat vital di dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Negara-negara berkembang seperti Indonesia tetapi juga di Negara-negara maju. Di Indonesia peranan UMKM selain berperan dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, UMKM juga memiliki peranan yang sangat penting dalam mengatasi masalah pengangguran.



Tumbuhnya usaha mikro menjadikannya sebagai sumber pertumbuhan kesempatan kerja dan pendapatan. Dengan banyak menyerap tenaga kerja berarti UMKM juga punya peran strategis dalam upaya pemerintah dalam memerangi kemiskinan dan pengangguran.


Pertumbuhan UMKM di Indonesia mengalami peningkatan dan mendominasi jumlah perusahaan yang ada. Menurut data dari Menteri urusan Negara koperasi dan UKM (Menegkop & UKM) dan biro pusat statistic (BPS), pada tahun 1997 ada sekitar 39,7 juta UKM, dengan Nilai penjualan rata-rata per tahun kurang dari Rp 1 miliar per unit.


Namun pada tahun 1998 indonesia mengalami kirisis ekonomi sehingga banyak usaha yang mengalami kebangkrutan, menurut data sekitar 3 juta UKM berhenti beroprasi. Namun pada tahun 2000 ekonomi Indonesia mulai pulih, di tahun 2000 tercacatat ada sekitar 39,7 juta UKM dan di tahun yang sama ada sekitar 78,8 juta UM. Pada tahun 2005 UKM tercatat sekitar 47 juta unit, sedangkan UM sekitar 96 juta unit, pada tahun 2006 jumlah UKM tercatat sekitar 99,7 persen dari usaha yang ada di Indonesia[1].



[1] Tulus T.H. Tambunan, UMKM Di Indonesia, (Bogor, Ghalia Indonesia, 2009) Hlm. 47
Pengertian dan Jenis-jenis Modal

Pengertian dan Jenis-jenis Modal

Modal adalah sesuatu yang diperlukan untuk membiayai operasi perusahaan mulai dari berdiri sampai beroperasi , modal terdiri dari uang dan tenaga (keahlian).

Modal dalam bentuk uang diperlukan untuk membiayai segala keperluan usaha, mulai dari biaya pravintasi, pengurusan izin. Biaya investasi untuk pembelian aktiva tetap, sampai dengan modal kerja. Sementara modal keahlian diperlukan untuk mengelola atau menjalankan usaha tersebut.



Jenis-jenis Modal

Secara umum modal dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu;

1.      Modal Investasi

modal investasi dibunakan untuk jangka panjang dan berulang ulang dan biasanya umurnya lebih dari satu tahun. Penggunaan modal  investasi untuk jangka panjang digunakan untuk untuk membeli aktiva tetap, seperti tanah, bangunan, mesin-mesin, peralatan, kendaraan serta inventaris lainnya.

2.      Modal Kerja

Modal kerja digunakan untuk jangka pendek dan beberapa kali pakai dalam satu proses produksi. Jangka waktu modal kerja biasanya tidak lebih dari satu tahun.

Modal kerja, yaitu modal yang digunakan untuk membiayai operasional perusahaan pada saat perusahaan sedang beroperasi.

Pertimbangan yang perlu diperhatikan apabila ingin memperoleh modal adalah;

1.      Tujuan perusahaan

2.      Masa pengembalian modal

3.      Biaya yang dikeluarkan

4.      Estimasi keuntungan

Jenis modal dilihat dari sumbernya adalah sebagai berikut;

1.      Modal sendiri, terdiri dari;

a.      Setoran modal (saham)

b.      Cadangan laba

c.      Laba yang belum dibagi

d.      Modal sumbangan

e.      Hibah

2.      Modal asing (pinjaman), terdiri dari;

a.      Pinjaman dari dunia perbankan

b.      Pinjaman dari lembaga keuangan lainnya

c.      Pinjaman dari perusahaan nonkeuangan

Kelebihan dan kelemahan masing-masing modal adalah sebagai berikut;

1.      Kelebihan modal sendiri adalah;

a.      Tidak tergantung kepada pihak lain

b.      Tidak ada biaya

c.      Tidak memerlukan persyaratan yang rumit

d.      Tidak ada keharusan pengembalian modal

2.      Kekurangan modal sendiri adalah;

a.      Jumlah terbatas

b.      Perolehan modal sendiri dalam jumlah tertentu sulit

c.      Kurang motivasi pemilik

3.      Kelebihan modal pinjaman adalah;

a.      Jumlah tidak terbatas

b.      Motivasi usaha tinggi

4.      Kekurangan modal pinjaman adalah;

a.      Dikenakan berbagai biaya

b.      Harus dikembalikan

c.      Beban moral

Demikian, semoga bermanfaat.

Faktor-Faktor Penyebab Kesuksesan Dalam Usaha

Faktor-Faktor Penyebab Kesuksesan Dalam Usaha


Pada dasarnya banyak faktor yang dapat mendukung dan menjadikannya sebagai penyebab kesuksesan dalam usaha. adapun faktor-faktor tersebut adalah:

a.    Mental yang kuat

Bisnis adalah rangkaian perjanjian/transaksi dengan banyak orang yang belum dikenal oleh seorang pebisnis, sehingga rasa malu selalu menghinggapinya. Masalah malu adalah masalah mental yang solusinya adalah pada mental pebisnis itu sendiri yaitu: harus kuat, tabah, tegar, tahan banting dan terus maju.



b.      Kemampuan Menjual

Penjualan berhubungan dengan uang masuk. Apabila bisnis ingin stabil maka uang harus senantiasa masuk. Selama mampu menjual tinggi, maka uang akan masuk dengan jumlah yang banyak. Selain itu penjual harus mampu memanfaatkan media yang ada, baik media social, brosur atau bahkan sepanduk.



c.       Ketersediaan Modal

Modal dalam dunia usaha harus terus mengalir masuk. Agar perusahaan dapat berkembang dan stabil ketika pendapatan menurun, seorang pengusaha harus selalu memastikan modalnya mengalir masuk, baik lewat penjualan, pemasaran langsung, penjualan privat, para investor, maupun pinjaman bank.

d.      Tapat pada jani

Kepercayaan adalah modal utam dalam bisnis. Agar bisnis berkesinambungan harus dapat dipercaya atau jujur kepada pelanggan atau siapa pun. Kepercayaan tidak akan dating dengan sendirinya, tetapi harus diupayakan. Sekali berbohong maka dapat mempengaruhi kepercayaan orang lain dan semua orang akan takut berbisnis dengan anda.

e.       Tidak mengeluh

Menurut Bob Sadino menyatakan bahwa syarat bisnis adalah jangan cengeng, artinya pebisnis tidak suka mengeluh. Dalam praktiknya, bisnis apa pun akan banyak masalah dan kesulitan akan dating silih berganti. Karenanya, membutuhkan ketegaran jiwa dan kematangan berpikir. Perbaikan pada diri sendiri merupakan sikap untuk maju[1].


Baca Juga :  Fakto-faktor penyebab kegagalan



[1] Yusuf Suhardi, Kewirausaan, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2011), Hlm. 7
Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Usha

Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Dalam Usha

Secara umum factor-faktor yang menyebabkan kegagalan terhadap hasil yang dicapai meskipun telah dilakukan studi dan perhitungan secara benar dan sempurna adalah sebagai berikut;


a.       Data dan informasi tidak lengkap

Pada saat melakukan perencanaan data dan informasi yang disajikan kurang lengkap sehingga hal-hal yang seharusnya menjadi penilaian tidak ada. Oelh karena itu, sebelum usaha dijalankan, sebaiknya kumpulkan data dan informasi selengkap mungkin, melalui berbagai seumber yang dapat dipercaya kebenaran data.

b.      Salah perhitungan

Kegagalan dapat pula terjadi karena salah dalam melakukan perhitungan. Misalnya, rumus atau cara menghitung yang digunakan salah sehingga hasil yang dikeluarkan tidak akurat. Dalam hal ini perlu dipertimbangkan tenaga ahli yang andal dibidangnya.


c.       Pelaksanaan pekerjaan salah

Para pelaksana usaha (manajemen) di lapangan sangat memegang peranan penting dalam keberhasilan menjalankan usaha tersebut. Jika para pelaksana di lapangan tidak mengerjakan usaha secara benar atau tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan, kemungkinan usaha tersebut gagal sangat besar.

d.      Kondisi lingkungan

Kegagalan lainnya disebabkan oleh adanya unsure-unsur yang tidak dapat kita kendalikan. Artinya pada saat melakukan penelitian dan pengukuran semuanya sudah selesai dengan tepat dan benar, namun dalam perjalanannya terjadi perubahan lingkungan. Perubahan tersebut misalnya perubahan ekonomi, politik, hukum, social dan perubahan perilaku masyarakat atau karena bencana alam.


e.       Unsur sengaja

Kegagalan yang sangat fatal disebabkan oleh adanya factor kesengajaan untuk berbuat kesalahan. Artinya, karyawan sengaja membuat kesalahan yang tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya dengan berbagai sebab[1].


Baca Juga ; Faktor-faktor Penyebab Kesuksesan Dalam Usaha



[1] Kasmir, Kewirausahaan, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2013), Hlm. 59
Pengertian, Aspek Teknis dan Dasar Hukum Murabahah

Pengertian, Aspek Teknis dan Dasar Hukum Murabahah


Pembiayaan Murabahah adalah jual beli antara bank dan penerima pembiayaan dimana bank membeli barang yang diperlukan oleh penerima pembiayaan yang bersangkutan sebesar harga perolehan ditambah dengan margin keuntungan yang disepakati antara bank dan penerima pembiayaan[1].


Di dalam literatur lain al-murabahah berasal dari kata bahasa arab al-ribh (keuntungan). Ia dibentuk dengan wazan mufa’alat yang mengandung arti saling, oleh karenanya secara bahasa ia berarti saling memberi untung. Secara terminology murabahah adalah menjual suatu barang dengan menegaskan harga belinya kepada pembeli dan pembeli membayarnya dengan harga yang lebih sebagai laba[2].

Adapun tata cara jual beli murabahah adalah dimana bank akan membeli terlebih dahulu barang yang dibutuhkan atau mengangkat nasabah sebagai agen bank melakukan pembelian barang kepada nasabah dengan harga sejumlah harga beli yang ditamabah keuntungan (margin/mark-up)[3].



Melihat beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa pembiayaan murabahah adalah  sejumlah dana yang diberikan kepada nasabah dengan perjanjian jual beli dimana antara pihak pembiaya dan yang dibiayai saling terbuka dan saling memberi keuntungan dengan perjanjian yang telah disepakati bersama.

1.      Jenis Murabahah

Ditinjau dari jenisnya, murabahah di bagi menjadi dua jenis yaitu;

a.       Murabahah berdasarkan pesanan

Dalam murabahah berdasarkan pesanan, bank melakukan pembelian barang setelah ada pemesanan dari nasabah. murabahah berdasarkan pesanan dapat bersifat mengikat atau tidak mengikat nasabah untuk membeli barang yang dipesannya. Pembayaran murabahah dapat dilakukan secara tunai atau cicilan[4].

b.      Murabahah tanpa pesanan

Maksudnya, ada yang pesan atau tidak, ada yang beli atau tidak, bank syariah menyediakan barang dagangannya, penyediaan barang tidak terpengaruh terkait langsung dengan ada tidaknya pembeli.

2.      Rukun Murabahah

a.       Penjual (ba’i)

b.      Pembeli (Musyatri)

c.       Harga (tsaman)

d.      Ijab Qabul

3.      Dasar Hukum Syari’ah Murabahah
Murabahah merupakan bagian dari jual beli dan sistem ini mendominasi produk-produk yang ada di semua bank islam. Dalam islam, jual beli merupakan salah satu sarana tolong menolong antara sesame umat manusia yang diridhai oleh Allah SWT.
Dalam firman-Nya, Allah telah menghalalkan jual beli dan melarang riba, (QS. Al-Baqarah (2) : 275).
الَّذِينَ يَأْكُلُونَ الرِّبَا لاَ يَقُومُونَ إِلاَّ كَمَا يَقُومُ الَّذِي يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطَانُ مِنَ الْمَسِّ ذَلِكَ بِأَنَّهُمْ قَالُواْ إِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبَا وَأَحَلَّ اللّهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبَا فَمَن جَاءهُ مَوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّهِ فَانتَهَىَ فَلَهُ مَا سَلَفَ وَأَمْرُهُ إِلَى اللّهِ وَمَنْ عَادَ فَأُوْلَـئِكَ أَصْحَابُ النَّارِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ

Artinya: Orang-orang yang makan (mengambil) ribatidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Orang-orang yang telah sampai kepadanya larangan dari Tuhannya, lalu terus berhenti (dari mengambil riba), maka baginya apa yang telah diambilnya dahulu[176](sebelum datang larangan); dan urusannya (terserah) kepada Allah. Orang yang kembali (mengambil riba), maka orang itu adalah penghuni-penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya (QS. Al-Baqarah (2) : 275)[5].

Dalam ayat lain Allah berfirman (QS. An-Nisa (4) ; 29)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ  وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ  إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا
Artinya: “ Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan harta kamu di antara kamu dengan jalan yang bathil kecuali dengan jalan perniagaan yang berdasarkan kerelaan di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh diri kamu, sesungguhnya Allah Maha Penyayang Kepadamu.”(Qs-An-nisa (4) :29)[6]
4.      Aspek Teknis Murabahah
a.       Musyawarah dan Kesepakatan
Kesepakatan kedua belah pihak diperlukan dalam menentukan keputusan dan akan memperlancar urusan.masing-masing mempinyai hak dan kewajiban yang sama, serta bersama menjaga amanah dana masyarakat.

b.      Jaminan
Jaminan diperlukan untuk memperkecil risiko yang merugikan bank dan untuk melihat kemampuan nasabah dalam menanggung pembayaran kembali atas utang yang diterima dari bank.
c.       Dokumentasi
Dokumentasi adalah salah satu syarat transaksi/pengikatan antara nasabah dengan bank[7]
5.      Aspek Teknis Perbankan Syari’ah
a.       Bank bertindak sebagai penjual, sementara nasabah sebagai pembeli. Harga jual adalah harga beli bank dari produsen (pabrik/took) ditambah keuntungan (mark-up). Kedua pihak harus menyepakati harga jual dan jangka waktu pembayaran.
b.      Harga jual dicantumkan dalam akad jual beli dan jika telah disepakati tidak dapat berubah selama berlaku akad. Dalam perbankan, murabahah lazimnya dilakukan dengan cara pembayaran cicilan.
c.       Dalam transaksi ini, bila sudah ada barang diserahkan segera kepada nasabah, sedangkan pembayarannya dilakukan secara tangguh[8].
6.      Pembagian Risiko Pada Murabahah
Dalam Murabahah pembagian risiko tetap ada, yang itu menjadi alasan diambilnya laba. Menurut Abden dan Shook, bank mengambil risiko, yang merupakan alasan diambilnya laba sampai si nasabah memenuhi janji awalnya untuk membeli barang.
Berikut ini adalah pembahasan singkat tentang risiko-risiko terkait dengan barang, nasabah, dan pembayaran[9].
a.       Risiko yang terkait dengan barang.
Bank Islam membeli barang-barang yang diminta oleh nasabah secara teoritis menanggung risiko kehilangan atau kerusakan pada barang-barang tersebut dari saat pembelian sampai diserahkan kepada nasabah. bank dengan kontrak murabahahnya diwajibkan untuk menyerahkan barang kepada nasabah dalam kondisi yang baik.
Bank Islam bagaimanapun juga dalam praktiknya menghindari risiko-risiko tersebut dengan asuransi dan klausul kontrak. Asuransi adalah salah satu biaya yang harus ditanggung oleh nasabah, karena ini merupakan biaya yang ditambahkan dalam pengeluaran-pengeluaran murabahah untuk mencapai harga total barang.
b.      Risiko terkait dengan nasabah
Janji nasabah murabahah untuk membeli barang yang dipesan dalam suatu transaksi murabahah, menurut mayoritas fuqaha mazhab tidaklah mengikat. Oleh sebab itu, nasabah berhak menolak untuk membeli barang ketika bank Islam menawari mereka untuk penjualan.
Risiko bank terhadap kemungkinan penolakan nasabah untuk membeli barang dapat dihindari dengan pembayaran uang dimuka (sepertiga dari total harga, misalnya) dengan jaminan, jaminan pihak ketiga dan dengan klausul kontrak untuk menutupi seluruh biaya murabahah atau sebagainya.

c.       Risiko-risiko yang terkait dengan pembayaran
Risiko tidak terbayar penuh atau sebagian dari uang muka seperti dijadwalkan dalam kontrak, ada dalam pembiayaan murabahah. Bank Islam menghindari risiko ini dengan adanya janji tertulis, jaminan, jaminan pihak ketiga, dan klausul kontrak yang menyatakan bahwa semua hasil dari barang-barang murabahah yang dijual kepada pihak ketiga dengan tunai maupun kredit harus disimpan di bank sampai apa yang menjadi hak bank dibayar kembali sepenuhnya[10].



[1] Muhammad, Model-model Akad Pembiayaan di Bank Syari’ah, (Yogyakarta : UII Press, 2009) Hlm 148.
[2] Atang Abd. Hakim, Fiqih Perbankan Syari’ah, (Bandung : Refika Aditama, 2011), Hlm. 226
[3] Muhammad, Bank Syari’ah Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan ANcaman, (Yogyakarta : Ekonisia, 2008). Hlm. 18
[4] Muhammad, Model-model Akad Pembiayaan di Bank Syari’ah, (Yogyakarta : UII Press, 2009 Hlm. 58
[5] Departemen Agama, Alquran dan Terjemahannya.
[6] Ibid.
[7] Muhammad, Model-model Akad Pembiayaan di Bank Syari’ah, (Yogyakarta : UII Press, 2009 Hlm. 58
[8] Heri Sudarsono, Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah Deskripsi dan Ilustrasi, (Yogyakarta : Ekonisia, 2012), Hlm. 72
[9] Muhammad, Teknik Perhitungan Bagi Hasil dan Profit Margin Pada Bank Syari’ah, (Yogyakarta : UII Press, 2006) Hlm. 105
[10] Ibid. Hlm 108
Nilai-Nilai Yang Harus Dimiliki Seorang Guru

Nilai-Nilai Yang Harus Dimiliki Seorang Guru

Ada empat nilai yang berkembang dalam masyarakat. Yang harus diperhatikan oleh Guru yaitu nilai moral, nilai sosial, nilai undang-undang dan nilai agama. Nilai moral adalah segala nilai yang berhubungan dengan konsep baik dan buruk. Nilai moral sering juga muncul dalam nilai sosial. 
Guru Tak Butuh Kebijakan Basa-Basi

Guru Tak Butuh Kebijakan Basa-Basi

Banyaknya kebijakan pemerintah yang diberikan kepada guru pada dasarnya bermaksud untuk memberikan nilai lebih bagi guru. Namun karena banyak kebijakan tersebut membuat guru merasa jenuh. Pada akhirnya Guru tidak lagi terfokus kepada tugas yang diembannya yaitu mengajar melainkan Guru sibuk dengan ini dan itu.
 
Yang Guru inginkan adalah bagaiman kesejahteraan Guru ini terus ditingkatkan, serta profesionalita guru yang terus meningkat. dengan peningkatan ini diharapkan dapat pula meningkatkan kualitas Guru dalam mengajar dan mendidik para siswanya. 
Kemdikbud Beri Penghargaan Kepada Guru Berprestasi

Kemdikbud Beri Penghargaan Kepada Guru Berprestasi

Untuk menghargai para guru, pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan akan memberikan penghargaan kepada meraka Guru-guru yang berprestasi. Hal ini dimaksudkan agar Guru terus melecutkan semangatnya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas terhadap para murid.
Sebagian Besar Guru PAUD Lulusan SMA

Sebagian Besar Guru PAUD Lulusan SMA

Jumlah tenaga kependidikan PAUD saat ini mencapai 588.475. jumlah ini  Sebagian besar guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Tanah Air merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), kata Peneliti Puslitjak Balitbang Kemdikbud Tedjawati.

"Ada beberapa daerah yang guru PAUD-nya belum sarjana," ujarnya.
Tuesday, 17 November 2015
Faktor-faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kepribadian AnaK

Faktor-faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kepribadian AnaK

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang dapat dikelompokkan dalam dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri. faktor internal ini   biasanya merupakan faktor genetis atau bawaan. faktor genetis maksudnya adalah faktor yang berupa bawaan sejak lahir dan merupakan pengaruh keturunan dari salah satu sifat yang dimiliki salah satu dari kedua orang tuanya atau bisa jadi gabungan atau kombinasi dari sifat kedua orang tuannya.
 
 
Oleh karena itu, sering kita mendengar istilah "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Misalnya, sifat mudah marah yang dimiliki seorang ayah bukan tidak mungkin akan menurun pula pada anaknya.
 
 
 
 
 
 

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar orang tersebut. eksternal ini biasanya merupakan pengaruh yang berasal dari lingkungan seseorang mulai dari lingkungan terkcilnya, yakni keluarga, teman, sampai dengan pengaruh dari berbagai media audiovisual seperti TV dan VCD, atau media cetak seperti koran, majalah, dan lain sebagainya.

Lingkungan Keluarga, tempat seorang anak tumbuh dan berkembang akan sangat berpengaruh terhadap kepribadian seorang anak. terutama dari cara para orang tua mendidik dan membesarkan anaknya.

Orang tua sering kali tanpa dibarengi pemahaman mendalam tentang kepribadian. akibatnya mayoritas orang tua hanya bisa mencari kambing hitam bahwa si anaklah yang tidak beres-ketika terjadi hal-hal negatif mengenai perilaku keseharian anaknya. 
 
Seorang anak memiliki perilaku yang demikian sesungguhnya karena meniru cara berpikir dan perbuatan yang sengaja atau tidak sengaja dilakukan oleh orang tua mereka.

Jadi ingatlah bahwa orang tua memiliki peranan yang sangat besar terhadap tumbuh kembangnya anak-anak.
UKG Tak Menjamin Mutu Guru

UKG Tak Menjamin Mutu Guru

Carut marutnya pelaksanaan UKG yang terjadi selama pelaksanaannya menimbulkan spekulasi dan tanda tanya apakah pelaksanaan UKG ini benar-benar menjamin mutu dan kualitas Guru? Terlebih banyak soal UKG yang tidak sesuai dengan kompetensi Guru atau tidak sesuai dengan mata pelajaran yang diemban Guru di sekolah.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Ketua Umum PB PGRI Sulistiyo mengatakan, Uji Kompetensi Guru (UKG) yang sedang dijalani guru saat ini tidak akan mampu menggambarkan kompentensi guru.
Pengertian Etika, Moral, Norma, Nilai, Akhlak dan Estetika Dalam Budi Pekerti

Pengertian Etika, Moral, Norma, Nilai, Akhlak dan Estetika Dalam Budi Pekerti

Istilah etika, norma, dan nilai sering tidak bisa dibedakan secara jelas, dan sering mengacu pada hukum yang berlaku secara umum di masyarakat. bagian ini akan membahas pengertian masing-masing istilah tersebut.

Etika adalah sebah cabang filsafat yang membicarakan tentang nilai dan norma yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya. etika adalah sebuah refleksi kritis dan rasional mengenai nilai dan norma yang menentukan dan terwujud dalam sikap serta pola prilaku hidup manusia, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota kelompok.
Peserta UKG Sudah Mencapai 60 Persen

Peserta UKG Sudah Mencapai 60 Persen

Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 ini berlangsung sejak tanggal 09 November dan akan berakhir pada tanggal 27 November 2015. Selama pelaksanaan UKG dari tanggal 09 November hingga hari kemarin sudah sebanyak 60% Guru yang menjalani Uji Kompetensi Guru.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata mengatakan, jumlah peserta uji kompetensi guru (UKG) khusus jalur dalam jaringan (daring) atau online, sudah mencapai 1.529.820 orang per hari ini, Selasa (17/11/2015). Itu berarti sudah 61 persen guru yang menjalani uji kompetensi secara daring, dari total 2.587.253 orang.

Khusus hari ini, Selasa (17/11/2015), ada 63.588 guru yang menjalani uji kompetensi di 2.976 tempat uji kompetensi (TUK). Pranata mengatakan ada beberapa daerah yang belum memulai uji kompetensi guru, salah satunya Jawa Tengah, yang akan memulai ujian besok, Rabu (18/11/2015). Uji kompetensi guru (UKG) tahun 2015 sudah dimulai sejak 9 November lalu dan akan berakhir pada 27 November 2015.

 


 









Hingga saat ini, berdasarkan laporan dari petugas di lapangan, tidak ada hambatan yang berarti selama penyelenggaraan uji kompetensi guru tahun 2015. Gangguan berupa mati listrik di beberapa daerah, seperti Aceh dan Papua, bisa diatasi dengan baik.

“Listrik mati. Tapi kan pakai genset, terus jawabannya sudah tersimpan (di sistem). Lalu dilanjutkan malam hari. Itu terjadi di beberapa daerah. Bahkan Sabtu dan Minggu juga tetap ujian,” kata Pranata di kantor Kemendikbud.

Pranata menuturkan, petugas dari Kemendikbud seperti dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) serta operator sekolah siap siaga di lapangan memastikan kelancaran pelaksanaan uji kompetensi guru.

Selain itu, tambahnya, Kemendikbud akan memberikan apresiasi kepada guru yang berhasil memperoleh hasil terbaik dalam uji kompetensi. “Insentif nontunai namanya. Jangan disalahartikan. Bentuknya bisa apa saja. Bisa berupa voucher, bisa mileage (poin penggunaan maskapai penerbangan), bisa pergi ke luar negeri, atau bisa sekolah,” ujar Pranata.

Sumber : kemendikbud.com
UKG Penuh Kecurangan

UKG Penuh Kecurangan

Spertinya sudah menjadi hal yang lumrah jika ada suatu kegiatan pasti ada kecurangan. Terutama yang berkaitan dengan Ujian atau Test. 

Bagaimana tidak, dengan keinginan Lulus dengan mudah sering kali memakai tenaga pihak ketiga, belum lagi dengan kemampuan untuk menjawab soal Ujian atau Test belum tentu benar, selain itu juga kita di cekoki dengan ketakutan jika tidak lulus maka nanti saya akan begini dan begitulah, akhirnya timbullah untuk berbuat curang.
Benarkah Pesantren Sarang Teroris

Benarkah Pesantren Sarang Teroris

Akhir –akhir ini lagi maraknya aksi teror yang dilakukan kelompok terorisme di beberapa Negara di dunia. Sebut saja salah satunya adalah aksi yang baru-baru ini terjadi di Paris. Akibat aksi ini membuat keresahan di kalangan masyarakat dunia. Bukan saja masyarakat non-Muslim tapi juga masyarakat Muslim. 

Selain itu, akibat aksi ini masyarakat muslim dunia harus menanggung beban mental, bagaimana tidak, dengan aksi teror yang mengatas namakan agama khusunya agama islam ini mengakibatkan kaum muslim di dunia seolah-olah patut dan harus di curigai.
Guru Yang Dikirim Ke Malaysia Banyak Yang Mengundurkan Diri

Guru Yang Dikirim Ke Malaysia Banyak Yang Mengundurkan Diri

Pemerintah dalam hal ini melalui Kemendikbud telah mengirimkan sebanyak 299 guru ke sabah Malaysia. Pengiriman ini telah dilakukan sejak tahun 2011 yang lalu. Selain itu pemerintah akan kembali mengirimkan sebanyak 101 guru untuk dikirim ke bebrapa daerah di luar negeri khusunya malysia dan filiphina.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Sumarna Surapranata mengatakan  bahwa guru-guru yang dikirim ini merupakan hasil seleksi ketat dan tenaga muda yang potensial. "Indeks prestasi mereka minimal 3,0, dan mereka selama ini aktif berorganisasi. Banyak di antara mereka yang menguasai berbagai keahlian," ujarnya. 


Meski diberi gaji dan insentif tinggi, banyak guru yang telah dikirimkan ke Sabah, Malaysia, mengundurkan diri. Mayoritas beralasan tidak siap mental mengajar anak TKI di Sabah.



 









"Sejak tahun 2011, Kemendikbud telah mengirimkan 299 guru selama lima tahap ke Sabah. Jumlah itu berkurang karena ada 77 guru mengundurkan diri," ungkap‎ Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Anas M Adam.

77 guru yang mengundurkan diri itu, lanjutnya, karena tidak siap mental untuk mengajar, bukan lantaran ilmu pengetahuan yang dimiliki. "Mereka kurang kesiapan mental untuk mengajar anak TKI," ucapnya.

Menyikapi hal itu Kemendikbud memberikan bimbingan teknis kepada guru-guru yang akan mengajar anak TKI untuk mengantisipasi terjadinya pengunduran diri guru setelah mengajar di lokasi penempatan.

Selain bimtek, Anas menjelaskan, pada proses seleksi tahun ini guru diberikan tes yang bertahap dan berjenjang. Tahap tes itu mencakup tes administratif, tertulis, wawancara, dan micro teaching.

Pada tes tertulis terdapat lima Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) sebagai penyeleksi, yaitu Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Medan.

"Walaupun di lima LPTK, tapi guru-guru dari penjuru Indonesia dapat mendaftar," terangnya. Guru yang telah lolos tes administratif mengikuti tes potensi akademik (TPA), wawancara, dan micro teaching yang dilakukan tim seleksi pusat

Sumber : jpnn.com
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved