Back To Top

Pengembangan Kemampuan Guru Profesional

Selamat Datang Di Dunia Kampus
Pengembangan Kemampuan Guru Profesional

Segala macam bentuk kemampuan yang ada pada guru professional, harus dikembangkan terus menerus secara maksimal. Seorang guru jangan langsung puas dengan kemampuan yang ada pada dirinya sekarang, tetapi cari dan kembangkan potensi untuk kemampuan lainnya.





 










Disisi lain, kewirausahaan guru professional dalam Permendiknas No. 13 Tahun 2007 terdiri atas lima kompetensi, yaitu:

1.    Menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrasah
2.    Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan
3.    Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok.
4.    Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madrasah.
5.    Memiliki naluri kewirausahaan dalam menjelaskan kegiatan produk/jasa sekolah/madrasah sebagai sumber belajar peserta didik.

Sebab pengembangan kemampuan ini bukan saja buat kepentingan guru secara pribadi, akan tetapi pengembangan kemampuan tersebut akan memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan baik buat sekolah yang bersangkutan, maupun bagi dunia pendidikan secara nasional.

Dalam Undang-undang No. 14 tahun 2005 dinyatakan bahwa salah satu tugas guru adalah meningkatkan dan mengembangkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara berkelanjutan, sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Seorang Guru harus selalu mengikuti perkembangan zaman, guru juga harus melek teknologi. karena teknologi dapat dijakdikan sarana dalam proses pembelajaran, selain itu juga mempermudah dalam proses belajar mengajar.

Demikian artikel singkat ini, semoga bermanfaat


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google