Back To Top

Faktor-Faktor Penyebab Kesuksesan Dalam Usaha

Selamat Datang Di Dunia Kampus

Pada dasarnya banyak faktor yang dapat mendukung dan menjadikannya sebagai penyebab kesuksesan dalam usaha. adapun faktor-faktor tersebut adalah:

a.    Mental yang kuat

Bisnis adalah rangkaian perjanjian/transaksi dengan banyak orang yang belum dikenal oleh seorang pebisnis, sehingga rasa malu selalu menghinggapinya. Masalah malu adalah masalah mental yang solusinya adalah pada mental pebisnis itu sendiri yaitu: harus kuat, tabah, tegar, tahan banting dan terus maju.



b.      Kemampuan Menjual

Penjualan berhubungan dengan uang masuk. Apabila bisnis ingin stabil maka uang harus senantiasa masuk. Selama mampu menjual tinggi, maka uang akan masuk dengan jumlah yang banyak. Selain itu penjual harus mampu memanfaatkan media yang ada, baik media social, brosur atau bahkan sepanduk.



c.       Ketersediaan Modal

Modal dalam dunia usaha harus terus mengalir masuk. Agar perusahaan dapat berkembang dan stabil ketika pendapatan menurun, seorang pengusaha harus selalu memastikan modalnya mengalir masuk, baik lewat penjualan, pemasaran langsung, penjualan privat, para investor, maupun pinjaman bank.

d.      Tapat pada jani

Kepercayaan adalah modal utam dalam bisnis. Agar bisnis berkesinambungan harus dapat dipercaya atau jujur kepada pelanggan atau siapa pun. Kepercayaan tidak akan dating dengan sendirinya, tetapi harus diupayakan. Sekali berbohong maka dapat mempengaruhi kepercayaan orang lain dan semua orang akan takut berbisnis dengan anda.

e.       Tidak mengeluh

Menurut Bob Sadino menyatakan bahwa syarat bisnis adalah jangan cengeng, artinya pebisnis tidak suka mengeluh. Dalam praktiknya, bisnis apa pun akan banyak masalah dan kesulitan akan dating silih berganti. Karenanya, membutuhkan ketegaran jiwa dan kematangan berpikir. Perbaikan pada diri sendiri merupakan sikap untuk maju[1].


Baca Juga :  Fakto-faktor penyebab kegagalan



[1] Yusuf Suhardi, Kewirausaan, (Bogor : Ghalia Indonesia, 2011), Hlm. 7


Jika bermanfaat Silakan share di FB, Tweet maupun GPlus. Berikan saran, pendapat, kritik ataupun pertanyaan di blog ini lewat komentar Facebook atau Google