Tuesday, 17 November 2015

Pengertian Etika, Moral, Norma, Nilai, Akhlak dan Estetika Dalam Budi Pekerti

Istilah etika, norma, dan nilai sering tidak bisa dibedakan secara jelas, dan sering mengacu pada hukum yang berlaku secara umum di masyarakat. bagian ini akan membahas pengertian masing-masing istilah tersebut.

Etika adalah sebah cabang filsafat yang membicarakan tentang nilai dan norma yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya. etika adalah sebuah refleksi kritis dan rasional mengenai nilai dan norma yang menentukan dan terwujud dalam sikap serta pola prilaku hidup manusia, baik sebagai pribadi maupun sebagai anggota kelompok.

etika mempunyai tiga arti. pertama: etika dalam arti nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi pegangan bagi seseorang atau suatu kelompok orang dalam mengatur tingkah lakunya.kedua: etika dalam arti kumpulan asas atau nilai moral. dalam artian ini etika dimaksudkan sebagai kode etik. ketiga: etika dalam arti ilmu tentang yang baik atau buruk. etika menjadi ilmu apabila kemungkinan-kemungkinan etis (asas dan nilai yang dianggap baik dan buruk).


Istilah moral lebih sering digunakan untuk menunjukkan kode, tingkah laku, adat, atau kebiasaan dari individu atau kelompok, seperti apabila orang membicarakan tentang moral orang lain.
dalam hal ini Moral adalah hal yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan yang baik sebagai kewajiban atau norma. moral dapat diartikan sebagai sarana untuk mengukur benar-tidaknya atau baik-tidaknya tindakan manusia.

Etika dan moral mempunyai fungsi sama, yaitu memberi orientasi bagaimana seseorang harus melangkah dalam hidup ini. perbedaannya, moralitas langsung mengatakan kepada seseorang, "inilah cara anda harus melangkah", sedangkan etika mempersoalkan " apakah saya harus melangkah dengan cara itu"? dan "mengapa saya melangkah dengan cara itu"?. etika sebagai ilmu tentang tingkah laku manusia, tidak saja mempertanyakan alasan terjadinya dan baik tidaknyatindakan itu, melainkan juga apa akibatnya secara lahir dan batin.

Norma berarti ukuran, garis pengaruh, atau aturan, kaidah bagi pertimbangan dan penilaia. nilai yang menjadi milik bersama dalam suatu masyarakat dan telah tertanam secara emosional yang mendalam sehingga menjadi norma yang tersepakati bersama.

Nilai berarti berguna, mampu akan, berdaya, berlaku, dan kuat. nilai adalah kualitas suatu hal yang menjadikan hal itu dapat disukai, diinginkan, berguna, dihargai, dan dapat menjadi obyek kepentingan.


Akhlak adalah istilah yang berasal dari kata bahasa arab yang diartikan sama dengan budi pekerti. pada dasarnya, akhlak mengajarkan bagaimana seseorang seharusnya berhubungan dengan sesama manusia. Inti ajaran akhlak adalah berlandaskan pada niat atau itikad untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu sesuai dan mencari rida Allah. Nilai-nilai yang dijunjung tinggi antara lain, kasih sayang, kebenaran, kebaikan, kejujuran, keindahan, amanah, tidak menyakiti orang lain dan sejenisnya.

Budi Pekerti. pada dasarnya istilah ini tidak berbeda dengan akhlak. budi pekerti berasal dari bahasa sanskerta yang memiliki kedekatan dengan istilah tata krama. inti ajarannya pun sama.

Estetika adalah hal yang mengutamakan tentang keindahan. keindahan itu dapat diwujudkan dalam niat, keindahan dalam proses dan keindahan dalam hasil. daya keindahan ini merupakan hal yang juga menjadi bagian nilai, yang perlu dimiliki oleh para siswa.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved