Wednesday, 18 November 2015

Nilai-Nilai Yang Harus Dimiliki Seorang Guru

Ada empat nilai yang berkembang dalam masyarakat. Yang harus diperhatikan oleh Guru yaitu nilai moral, nilai sosial, nilai undang-undang dan nilai agama. Nilai moral adalah segala nilai yang berhubungan dengan konsep baik dan buruk. Nilai moral sering juga muncul dalam nilai sosial. 

Guru hendaknya memperhatikan derajat pentingnya nilai dibandingkan dengan nilai lainnya. Menghargai orang lain adalah nilai yang tingkatannya lebih tinggi ketimbang nilai lainnya, sedangkan cara berpakaian dan cara memelihara rumah merupakan nilai yang tidak begitu tinggi derajatnya.

 Ada beberapa sifat kepribadian yang harus dimiliki oleh seorang guru, misalnya dapat menerima orang lain, berfikiran terbuka, berpandangan luas, menghargai orang lain, objektif dan menyadari keadaan diri sendiri.

Nilai moral merupakan nilai yang harus dimiliki seorang guru. Banyak kasus terjadi karena rendahnya nilai moral yang dimiliki oleh seorang guru, mengakibatkan guru tersebut tidak terkontrol perilakunya, Selain itu, guru berani mengambil tindakan-tindakan diluar kontrol emosionalnya.

Bayangkan saja, banyak kasus seorang guru berani melakukan tindakan asusila terhadap muridnya, selain itu guru berani malukakan kekerasan seksual dan melampiaskan hasratnya kepada muridnya. Ini merupakan tindakan amoral yang jauh dari nilai-nilai moral.

Seorang guru tidak boleh meninggalkan nilai sosial, nilai moral dan nilai spiritual. Guru mempunyai hak untuk menentukan nilai mana yang akan dipakai atau ditinggalkan, tetapi guru harus mengenal dirinya sendiri, mengenal nilai yang harus dimilikinya dan mengikuti nilai itu dengan jujur.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa guru menjadi sumber nilai moral. Guru dan umumnya seluruh manusia sendiri membuat tingkah lakunya menjadi baik atau buruk dipandang dari sudut moral.

Jadi, terapkanlah nilai-nilai moral dan spritual (religius) dalam diri seorang Guru dalam-dalam. agar tindakan-tindakan diluar batas dapat dikendalikan dalam dirinya sendiri.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved