Contoh Laporan PPL STAIS


Berikut ini adalah contoh laporan PPL, semoga Bermanfaat. data dalam artikel ini terbagi menjadi tiga halaman. masing-masing sya pisah karena file yang sya upload terlalu banyak, sehingga saya pisah ke bagian lain. oke kita lansung saja, dari halaman pertama.

HALAMAN I. LAPORAN PPL



PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK NEGERI 1 SANGATTA UTARA


LAPORAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Jurusan Tarbiyah



GAMBAR COVER


Disusun oleh

Dedi Arman           NIM. 08.01.0088
Sunarti                   NIM. 08.01.0039
Aina Listiani          NIM. 07.01.0046
                              Erni Rusmawardani         NIM. 08.01.0016
                       Nurhana binti Abustan          NIM. 08.01.0042




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) SANGATTA
2011







HALAMAN PENGESAHAN
Assalamualaikum Wr. Wb.
Bersama ini kami sampaikan, bahwa setelah meneliti dan memeriksa laporan hasil Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur pada tanggal 17 Oktober s/d 30 Nopember 2011 di SMK Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur yang disusun oleh:
No
N a m a
N I M
Jabatan
1
Dedi Arman
08.01.0088
Ketua
2
Sunarti
08.01.0039
Sekretaris
3
Erni Rusmawardani
08.01.0016
Anggota
4
Nurhana Binti Abustan
  08.01.0042
Anggota
5
Aina Listiani
07.01.0046
Anggota

Maka, dapat Kami terima dan disetujui. Karena itu, mohon dengan hormat kepada Ketua Jurusan Tarbiyah STAI Sangatta Kutai Timur berkenan menerima hasil laporan Praktik Pengalaman Lapangan.
Wassalamualaikum wr. Wb.
Sangatta, 11 Desember 2011
1.       Guru Pamong I                               Zakari Ulinuha, S.Sos.I………………......
Guru Pamong II                                             Ibus, S.Sos.I                           …………………...
Guru Pamong III                                           Siti Kusmiatun, S.Pd               …………………..
2.          Kepala Sekolah                                              Drs. H. Nurullah, M.Pd ………..........   .......
3.          Dosen Pembimbing Lapangan       Zanuar Anwari, Lc, M.S.I ……………….

 Mengetahui
Kajur,


Khusnul Wardan, M.Pd

KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji kami panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur dapat melaksanakan serta menyelesaikan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Akademik 2011/2012 ini dengan baik.
Pelaksanaan serta penyusunan Laporan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini terlaksana dengan baik dan lancar adalah berkat kerjasama rekan-rekan Tim PPL serta tidak lepas dari bantuan dan dukungan yang besar dari keluarga besar SMKN 1 Sangatta Utara dan segenap dosen Jurusan Tarbiyah STAI Sangatta Kutai Timur. Oleh karena itu, perkenankanlah kami menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.        Prof. Dr. Hj. Siti Muri’ah selaku Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur.
2.        Drs. Mustajib Daroini, M.M.Pd., Surono Achmad, M.S.I., Mustatho’, M.Pd.I., Eko Nursalim, M.S.I., Taufikin, M.S.I., Zanuar Anwari, Lc.,M.S.I Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah memberikan bimbingan dalam pelaksanaan PPL.
3.        Bapak Drs. H.Nurullah, M.Pd dan Bapak Abu Bakar S. Pd, Selaku Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Sangatta Utara.
4.        Seluruh Bapak dan Ibu Guru Pamong yang telah memberikan bimbingan dan membantu kami selama pelaksanaan PPL.
5.        Segenap staf  Tata Usaha dan karyawan di jajaran SMKN 1 Sangatta Utara.
6.        Seluruh pengurus OSIS serta siswa dan siswi SMKN 1 Sangatta Utara.
7.        Segenap pihak yang terkait yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu yang telah membantu berjalannya proses pelaksanaan PPL.
Dan akhir kata atas nama rekan-rekan tim PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah STAI Sangatta Kutai Timur mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan serta bantuan semua pihak yang diberikan dengan tulus ikhlas kepada kami semua, serta kami mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila selama pelaksanaan PPL dan penyusunan laporan baik dalam perbuatan dan perkataan kami, dirasa kurang berkenan dan masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan dikarenakan keterbatasan pengetahuan yang kami miliki .


Sangatta, 01 Desember 2011
      Tim Penyusun
  


                                                                           DAFTAR ISI                       

HALAMAN JUDUL..................................................................................................................................         i
HALAMAN PENGESAHAN ...................................................................................................................        ii
KATA PENGANTAR.................................................................................................................................       iii
DAFTAR ISI .............................................................................................................................................        v
BAB I           PENDAHULUAN                                                                                                                   
A.         Latar Belakang...............................................................................................................     1
B.         Tujuan dan Manfaat.......................................................................................................    2
C.         Personalia PPL...............................................................................................................    3
D.         Sistematika Penyusunan Laporan..................................................................................    5

BAB II   DESKRIPSI SEKOLAH
A.         Sejarah Pendirian ..........................................................................................................      6
B.         Visi dan Misi ................................................................................................................      8
C.         Struktur Organisasi.......................................................................................................      9
D.         Keadaan Guru, Siswa dan Karyawan........................................................................        10
E.          Kurikulum.....................................................................................................................     18
F.          Sarana dan Prasarana.....................................................................................................     19

BAB III       PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN  LAPANGAN
A.          Pra Pelaksanaan PPL.....................................................................................................     22
1.          Pembekalan (Coaching).......................................................................................     22
2.          Pembentukan Panitia Peserta PPL........................................................................ 23
B.          Saat Pelaksanaan PPL
1.          Persiapan Penyusunan Silabus dan RPP.............................................................. 23
2.          Praktek Mengajar di kelas ................................................................................... 23
3.          Proses Bimbingan dengan Guru Pamong............................................................ 24
C.          Pasca Pelaksanaan PPL
1.          Refleksi Hasil Pembelajaran................................................................................. 25
2.          Evaluasi ............................................................................................................... 26
a.          Faktor Pendukung ..................................................................................... 26
b.          Faktor Penghambat..................................................................................... 26
c.          Solusi ......................................................................................................... 27

BAB IV        PENUTUP
A.         Kesimpulan................................................................................................................ .   28
B.         Saran-saran ............................................................................................................... .   28

LAMPIRAN
Lampiran 1  Silabus Mata Pelajaran
Lampiran 2  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Lampiran 3  Jadwal Kegiatan Mengajar Per Kelompok
Lampiran 4  Jurnal Praktek Mengajar
Lampiran 5  Absensi
Lampiran 6  Dokumentasi Kegiatan
Lampiran 7  Biodata Peserta PPL

BAB I
PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang
Pendidikan selalu diarahkan untuk pengembangan nilai-nilai kehidupan manusia. Di dalam pengembangan nilai tersirat pengertian manfaat yang ingin dicapai oleh manusia di dalam hidupnya. Jadi, apa yang ingin dikembangkan merupakan apa yang dapat dimanfaatkan dari arah pengembangan itu sendiri.
Dalam hal pengaruh pendidikan terhadap masyarakat pada dasarnya tergantung kepada luas tidaknya produk serta kualitas pendidikan itu sendiri. Semakin besar out put pendidikan tersebut dengan disertai kualiatas yang mantap, dalam artian mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas, maka tentu saja pengaruhnya sangat positif bagi masyarakat. dengan demikian bila pendidikan dimaksud mampu melahirkan produk-produknya yang berkualitas tentu saja hal ini merupakan investasi bagi penyediaan SDM. Investasi ini sangat penting untuk pengembangan dan kemajuan masyarakat dalam hal ini dapat mencetak generasi yang berkualitas[1]
PPL mempunyai sasaran agar mahasiswa praktikan memiliki seperangkat pengetahuan, sikap dan keterampilan yang dapat menunjang tercapainya penguasaan kompetensi pedagogik, kepribadian,profesional, dan dan kompotensi sosial. Mahasiswa praktikan harus melaksanakan seluruh komponen tugas dan kegiatan PPL sesuai dengan peraturan yang berlaku dan mahasiswa PPL bukan pengganti guru mengajar di sekolah latihan atau pamong di tempat latihan lainnya. Dalam hal in praktikan dibimbing dan dilatih untuk melakukan proses pembelajaran dari menyiapkan rencana pembelajaran maupun menganalisis hasil pembelajaran yang diampu oleh masing-masing guru praktikan. Pembimbingan mahasiswa PPL harus secara intensif dan sistematis oleh guru pamong dan dosen pembimbing yang memenuhi syarat untuk tugas-tugas bimbingan.
Pada satu sisi, profesionalisme guru keberadaannnya dalam pembangunan sangat dibutuhkan, di mana pengejawantahannya membutuhkan proses yang berkesinambungan dengan latihan-latihan dan pengamatan-pengamatan secara langsung. Hal ini tidak semata-mata untuk dimiliki dan diketahui, tetapi sekaligus sebagai dasar pijakan awal untuk pembelajaran pendidikan dan pengajaran berikutnya sebagai guru yang professional.

B.         Tujuan dan Manfaat
1.        Tujuan Praktek Pengalaman Lapangan
Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, maka tujuan yang hendak di capai dalam PPL ini adalah sebagai berikut :
a.        Membimbing mahasiswa kearah terbentuknya pribadi yang memiliki ketrampilan mengajar dan terampil pula dalam melaksanakan tugas-tugas administrasi yang berhubungan dengan tugasnya sehari-hari sebagai pendidik.
b.        Mengarahkan mahasiswa sebagai calon pendidik agar mampu mengembangkan ilmu agama Islam sesuai dengan profesi yang dimilikinya, sehingga dapat memperoleh bermacam-macam pengalaman sensoris, intelektual, spiritual, maupun emosional.
c.        Membimbing mahasiswa sebagai calon pendidik kearah terbentuknya pribadi yang memiliki nilai, sikap pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan yang diperlukan dalam pembentukan profesi pendidik agama Islam.
d.        Membentuk kepribadian mahasiswa sebagai calon pendidik agama Islam yang berkualitas prima, setia kepada profesinya, menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip Ilmu kependidikan dan keislaman  yang selaras dengan arah tujuan nasional.

2.          Manfaat PPL
Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PPL, ini adalah sebagai berikut
a.      PPL dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi calon guru yang dapat digunakan sebagai bekal untuk praktek secara langsung di tempat mengajar yang lebih riil.
b.     PPL memberikan masukan yang berharga bagi calon guru mengenai kelebihan dan kekurangan calon guru yang bersangkutan. Sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki kekurangannya.

C.    Personalia PPL
Personalia kegiatan PPL Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutai Timur adalah penanggung jawab, pengarah, Ketua Pelaksana, Sekretaris, Dosen Pembimbing Lapangan, Kepala Sekolah Praktik, Guru Pamong dan tenaga Administrasi. Adapun tugas dan kewajibannya adalah sebagai berikut:
1.     Penanggung Jawab (Ketua)
a.      Bertugas melaksanakan fungsi manajemen tertinggi yang meliputi: perencanaan, pengawasan, dan penyempurnaan bagi tercapai nya  tujuan PPL Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam Sangatta (STAIS) Kutai Timur.
b.     Bertanggung jawab kepada ketua STAIS  Kutai Timur.
2.      Ketua Pelaksana (Kajur)
a.      Bertindak sebagai ketua harian dalam pelaksanaan PPL.
b.     Merencanakan, membuat keputusan-keputusan, mengarahkan dan menyempurnakan kegiatan PPL.
c.      Menyusun proposal, mengurus perijinan, konsultasi ke sekolah-sekolah praktik atau instansi yang terkait.
d.     Mengadakan rapat-rapat persiapan dan pelaksanaan PPL.
e.      Bertanggung jawab kepada pembantu ketua I (puket I).

3.      Sekretaris
a.      Bertindak sebagai sekretaris harian dalam pelaksanaan PPL.
b.     Bersama koordinator, merencanakan dan mengarahkan pelaksanaan PPL .
c.      Membantu koordinator dalam menyusun proposal, mengurus perijinan, konsultasi ke sekolah-sekolah atau instansi terkait.
d.     Menyiapkan rapat rapat persiapan dan pelaksanaan PPL.
e.      Bertanggung  jawab kepada koordinator.
4.     Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
a.      Menghadiri rapat-rapat koordinasi dikampus maupun di sekolah-sekolah praktik.
b.     Mengikuti acara pemberangkatan, penyerahan dan penarikan peserta PPL di sekola-sekolah praktik.
c.      Membimbing peserta PPL dalam persiapan dan kegiatan  di kampus.
d.      Memberikan penilaian dan menyerahkan kepada penanggung jawab nilai (Sekjur).
5.      Kepala Sekolah Praktik
a.      Mengelola dan mengawasi pelaksanaan PPL disekolah.
b.     Mengadakan rapat-rapat koordinasi disekolah praktik.
c. Memberikan penilaian terhadap peserta PPL dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan lainnya.
d.     Memberiakan informasi tentang permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan PPL.
6.     Guru Pamong
a.      Menghadiri rapat-rapat koordinasi.
b.     Memberikan tugas mengajar  kepada mahasiswa dan men gatur jadwalnya.
c.      Memberikan penilaian terhadap mahasiswa, dalam kegiatan praktik mengajar kemudian menyerahkannya kepada koordinator.
d.     Membimbing mahasiswa dalam semua kegiatan PPL.

7.     Tenaga Administrasi
a.      Membuat surat-surat pengantar atau surat lainnya.
b.     Mengetik, menggandakan bahan-bahan PPL.
c.      Mengerjakan hal-hal lain yang diperlukan.
8.     Peserta PPL
a.       mempersiapkan RPP
b.      Membuat silabus
c.       Melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)

D.        Sistematika Penyusunan Laporan
Sistematika laporan PPL ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Masing-masing bagian dapat dirinci sebagai berikut:
Di bagian awal berisi halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar dan daftar isi
Bab satu pendahuluan berisi latar belakang, tujuan dan manfaat, personalia PPL, sistematika penyusunan laporan,
Bab dua deskripsi sekolah berisi sejarah pendirian , visi dan misi, struktur organisasi, keadaan guru, siswa dan karyawan, kurikulum, sarana dan prasarana
Bab tiga pelaksanaan praktik pengalaman lapangan berisi pra pelaksanaan PPL, pembekalan (coaching); pembentukan panitia peserta PPL, saat pelaksanaan PPL, persiapan penyusunan silabus dan RPP, praktek mengajar di kelas, proses bimbingan dengan guru pamong, pasca pelaksanaan PPL, refleksi hasil pembelajaran, evaluasi , faktor pendukung, faktor penghambat, solusi.
Bab empat         penutup, berisi kesimpulan, saran-saran, serta
di bagian akhir dilengkapi dengan lampiran-lampiran.
ke Halaman Selanjutnya. Laporan PPL Halaman II 
                                         Laporan PPL Halaman III

[1] Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, ( Jakarta: Rajawali Pers, 2009 ) hal. 104

Post a Comment

0 Comments