Wednesday, 18 November 2015

Guru Tak Butuh Kebijakan Basa-Basi

Banyaknya kebijakan pemerintah yang diberikan kepada guru pada dasarnya bermaksud untuk memberikan nilai lebih bagi guru. Namun karena banyak kebijakan tersebut membuat guru merasa jenuh. Pada akhirnya Guru tidak lagi terfokus kepada tugas yang diembannya yaitu mengajar melainkan Guru sibuk dengan ini dan itu.
 
Yang Guru inginkan adalah bagaiman kesejahteraan Guru ini terus ditingkatkan, serta profesionalita guru yang terus meningkat. dengan peningkatan ini diharapkan dapat pula meningkatkan kualitas Guru dalam mengajar dan mendidik para siswanya. 

Tidak masalah jika saja kebijakan tersebut berorentasi pada peningkatkan profesionalitas Guru, Kesejahteraan dan Perlindungan Guru. Kebijakan yang dirasa selama seolah hanya kebijakan yang basa basi saja.

Hal ini sebagaiman disampaikan oleh Ketua Umum PB Persatuan Guru Republik Indonesia Sulistiyo mengatakan, saat ini yang dibutuhkan guru adalah kebijakan yang berpihak kepada guru yaitu kebijakan yang mampu meningkatkan profesionalitas, kesejahteraan, dan perlindungan kepada guru.
 
 "Guru tak membutuhkan kebijakan basa-basi yang seolah-olah sayang kepada guru, peduli kepada guru. Padahal kebijakan substansi yang ditetapkan sesungguhnya menyulitkan, meresahkan, bahkan menganiaya guru," katanya.

Guru, ujarnya, senang sesaat ketika menerima bunga, surat sanjungan, ucapan terima kasih, atau apa pun bentuknya dari siswa atau mantan siswanya.

Namun, ia berharap imbauan untuk memberi karangan bunga dan surat untuk guru itu jangan hanya dimanfaatkan untuk pencitraan Kemendikbud sehingga seolah-olah pejabat itu sayang kepada guru.

“Guru sesungguhnya lebih senang dan beharap agar mantan siswanya yang sekarang jadi pejabat dan mengurusi guru itu, kebijakannya baik dan berpihak kepada guru, bukan membuat guru tertekan atau stress,” kata Sulistiyo.
 
Sumber : republika.com


1 komentar:

  1. SEBAIKNYA PERSOALAN PENDIDIKAN BERIKAN UTK AHLINYÀ.MISAL PEND.DASAR BERIKAN KPD GURU2 SD YG DI ANGGAP CAKAP UTK MENINGKATKAN MUTU MRK,GURU2 SMP N SMA JG DEMIKIAN MAKA TAK PERLU SEORANG DOSEN UTK JD MENTRIPUN KUALITAS PEND.PASTI MENINGKAT SECARA PERLAHAN2.SIMPEL JHA PK

    ReplyDelete

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved