Tuesday, 17 November 2015

Faktor-faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kepribadian AnaK

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang dapat dikelompokkan dalam dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri orang itu sendiri. faktor internal ini   biasanya merupakan faktor genetis atau bawaan. faktor genetis maksudnya adalah faktor yang berupa bawaan sejak lahir dan merupakan pengaruh keturunan dari salah satu sifat yang dimiliki salah satu dari kedua orang tuanya atau bisa jadi gabungan atau kombinasi dari sifat kedua orang tuannya.
 
 
Oleh karena itu, sering kita mendengar istilah "buah jatuh tidak jauh dari pohonnya". Misalnya, sifat mudah marah yang dimiliki seorang ayah bukan tidak mungkin akan menurun pula pada anaknya.
 
 
 
 
 
 

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar orang tersebut. eksternal ini biasanya merupakan pengaruh yang berasal dari lingkungan seseorang mulai dari lingkungan terkcilnya, yakni keluarga, teman, sampai dengan pengaruh dari berbagai media audiovisual seperti TV dan VCD, atau media cetak seperti koran, majalah, dan lain sebagainya.

Lingkungan Keluarga, tempat seorang anak tumbuh dan berkembang akan sangat berpengaruh terhadap kepribadian seorang anak. terutama dari cara para orang tua mendidik dan membesarkan anaknya.

Orang tua sering kali tanpa dibarengi pemahaman mendalam tentang kepribadian. akibatnya mayoritas orang tua hanya bisa mencari kambing hitam bahwa si anaklah yang tidak beres-ketika terjadi hal-hal negatif mengenai perilaku keseharian anaknya. 
 
Seorang anak memiliki perilaku yang demikian sesungguhnya karena meniru cara berpikir dan perbuatan yang sengaja atau tidak sengaja dilakukan oleh orang tua mereka.

Jadi ingatlah bahwa orang tua memiliki peranan yang sangat besar terhadap tumbuh kembangnya anak-anak.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved