Thursday, 19 November 2015

BOP Harusnya 1 Juta Per Siswa

Hingga saat ini Bantuan Operasional PAUD yang diberikan oleh pemerintah adalah 1 juta perbulan, bantuan ini bukanlah hitungan per siswa, melainkan perlembaga. Jadi jika di total dalam satu tahun adalah 12 juta Rupiah.

Pada dasarnya, bantuan ideal dalam satu lembaga adalah 1 juta hitungan per siswa. Jadi jika ada 20 siswa maka bantuan yang diberikan sebesar 20 juta perbulan. jadi jika dikalikan dalam satu tahun maka ada sekitar 240 juta Rupiah.



Hal ini disampaikan oleh Peneliti Puslitjak Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) Tedjawati mengungkapkan, bantuan operasional PAUD harusnya Rp 1 juta per siswa per bulan. Itu berarti dalam sebulan jika 20 siswa, Bantuan Operasianal Penyelenggaraan (BOP)-nya menjadi Rp 20 juta.




"Dalam penelitian yang kami lakukan, BOP PAUD yang layak itu 1 juta rupiah per anak. Ini agar anak-anak usia dini bisa mendapatkan pendidikan yang layak,".

Dari penelitian yang dilakukannya bersama tim Puslitjak Balitbang, diperoleh data setiap pendidik di PAUD harus digenjot pendidikan dan pelatihannya. Lantaran rerata pendidikan guru PAUD didominasi SMA.

"Jadi komponen 1 juta rupiah itu dibagi untuk investasi dan operasional. Investasi itu seperti memberikan pendidikan dan pelatihan kepada guru PAUD," terangnya.

Sampai saat ini pemerintah hanya memberikan BOP untuk PAUD dalam sebulan Rp 1 juta. Menurut Ella Yulaelawati, ‎Direktur Pembinaan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat, Kemendikbud, BOP Rp 12 juta per tahun yang diberikan kepada lembaga pengelola PAUD memang kurang. Ini karena anggaran pemerintah juga terbatas.

"Tapi kita syukuri saja, meski hanya 12 juta rupiah per tahun, paling tidak ada kepedulian pemerintah. Mudah-mudahan saja BOP ini akan terus bertambah," tandasnya.

Baca Juga : Kemendikbud Rencanakan Beri Biaya Operasional Lembaga Kursus

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved