Recent Post

Friday, 27 November 2015
Menumpuk di Perkotaan, Dedikasi Guru Dipertanyakan

Menumpuk di Perkotaan, Dedikasi Guru Dipertanyakan

Sebaran guru di Provinsi Sulawesi Tenggara sampai saat ini masih belum merata dan terkesan masih menumpuk di wilayah perkotaan.

"Belum meratanya sebaran guru tersebut membuat sejumlah sekolah di pedesaan kekurangan guru, sedangkan sekolah di wilayah perkotaan justru kelebihan guru," kata Kadis Pendidikan dan kebudayaan Sultra, H Damsid di Kendari.
Menjamurnya Kursus Bahasa Inggris Cuci Otak Generasi Muda

Menjamurnya Kursus Bahasa Inggris Cuci Otak Generasi Muda

Bahasa inggris adalah bahasa dunia, dan itulah yang terjadi saat ini. Belajar bahasa inggris memang penting. Dalam interaksi internasional bahasa yang umum dipakai adalah bahasa inggris, namun walau demikian bukan berarti kecintaan baha negeri sendiri harus pudar.
Thursday, 26 November 2015
 Honeywell  Membuka Pendaftaran Program Simulasi Astronot untuk Guru-guru Indonesia. Tertarik?

Honeywell Membuka Pendaftaran Program Simulasi Astronot untuk Guru-guru Indonesia. Tertarik?

Program beasiswa tahunan Honeywell memberikan teknik pengajaran yang efektif yang dirancang untuk menarik minat siswa di bidang sains dan matematika

JAKARTA,.Para guru matematika dan sains dari seluruh dunia, termasuk Indonesia, diundang untuk mendaftar program Honeywell Educators @ Space Academy (HESA) 2016, sebuah program pelatihan simulasi astronot dan pengembangan tenaga profesional dari Honeywell (NYSE: HON) yang dilangsungkan di  U.S. Space & Rocket Center di Huntsville, Alabama.
Metode Pendidikan Anak Usia Dini Harus Diperbarui

Metode Pendidikan Anak Usia Dini Harus Diperbarui

Proses pendidikan dimulai sejak dini, kualitas pendidikan di masa yang akan datang ditentukan oleh pendidikan di masa kanak-kanak. jika pendidikan di masa kanak-kanak berkualitas, ini akan dapat berpengaruh di masa yang akan datang.
Pendidikan pada anak usia dini sangatlah penting Sebab, di usia tersebut merupakan masa keemasan anak yang sangat krusial dan membutuhkan pelajaran maksimal. Sayangnya, pendidikan anak usia dini di Indonesia kebanyakan masih tradisional. Untuk itu, diperlukan metode yang terkini demi memaksimalkan potensi di masa keemasan seorang anak.
FHK21: Kami Tidak Mendapatkan Hak Apa-apa

FHK21: Kami Tidak Mendapatkan Hak Apa-apa

Bagaimana pemerintah memperlakukan guru honorer?
Sampai saat ini, belum ada perubahan dari pemerintah untuk memperlakukan guru honorer. Mestinya, pemerintah memberikan kelayakan untuk guru honorer. Apalagi, dalam memperlakukan guru honorer nonkategori, pemerintah terbilang lebih parah karena tidak ada payung hukum yang bisa mengangkat mereka menjadi CPNS.
FHK21: Pengabdian Kami Diabaikan

FHK21: Pengabdian Kami Diabaikan

Seperti apa perjuangan guru honorer kategori dua untuk diangkat menjadi PNS?
Saya sendiri kan guru ya, jadi saya tahu persis perjuangan yang di lapangan itu seperti apa. Kita sudah benar-benar mengabdi paling sebentar itu 11 tahun. Namun, sampai saat ini perjuangan kami atau pengabdian kami diabaikan oleh pemerintah. Tak hanya itu, sampai hari ini tenaga honorer yang mengabdi di instansi negeri belum ada yang disertifikasi dengan alasan akan diangkat sebagai CPNS. Berbeda dengan mereka yang berada di Kemenag dan di swasta. Bahkan, di PAUD atau TK itu sudah menerima sertifikasi. Kok kita yang sudah puluhan tahun mengabdi belum mendapatkannya, bedanya kita itu apa?
Wednesday, 25 November 2015
Pelatihan Kreativitas Guru Masih Minim

Pelatihan Kreativitas Guru Masih Minim

Seorang haruslah memiliki kreativitas dalam proses belajar mengajarnya. guru yang kreativ akan memunculkan ide-ide yang sangat berguna bagi proses belajar mengajarnya. selain itu, guru yang kreatis mampu menciptakan cara mengajar yang menarik dan menyenangkan yang kemudian cara tersebut membuat murid-murid menjadi lebih semangat dalam belajar. kraetivitas guru pada dasarnya dapat melalui diri sendiri dan pelatihan-pelatihan.
Pemerintah Diminta Fokus Benahi Infrastruktur Sekolah

Pemerintah Diminta Fokus Benahi Infrastruktur Sekolah

Proses pendidikan adalah satu kesatuan dari segala aspek, salah satu aspek dalam dunia pendidikan adalah sekolah. sekolah-sekolah di Indonesia masih banyak yang infastruktur dan fasilitasnya sangat miris, terutama sekolah-sekolah yang ada di daerah-daerah terpencil. sangat miris bila pemerintah hanya memfokuskan perhatiannya kepada kompetensi guru namun fasilitas sekolahan terabaikan.
Kualitas Guru Masih Menjadi PR Pemerintah

Kualitas Guru Masih Menjadi PR Pemerintah

Pemulihan persoalan pendidikan, khususnya Kurikulum 2013 dan Ujian Nasional oleh kementerian terkait dinilai masih bersifat simptomatik, belum secara fundamental mengatasi akar masalahannya, bahkan menimbulkan masalah baru. Ketua Umum PGRI Sulistyo mengatakan hingga saat ini belum terlihat arus utama program pendidikan yang hendak dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional dalam lima tahun mendatang.
Mendikbud Janji Beri Ruang Guru Berkarya

Mendikbud Janji Beri Ruang Guru Berkarya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, pemerintah akan memberikan ruang bagi guru untuk terus berkarya dan mengembangkan diri. 

Anies menyebutkan, adanya ruang bertujuan agar para guru bisa memunculkan lebih banyak karya seperti yang dilakukan pada simposium dengan menghadirkan terobosan menarik. Terobosan nantinya dijadikan teknik yang bisa dipakai di sekolah-sekolah dan rekan guru lainnya.
Tuesday, 24 November 2015
Jateng Kekurangan 100.000 Guru

Jateng Kekurangan 100.000 Guru

Sekretaris Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah (Jateng) Muhdi mengatakan, Jateng masih kekeurangan 100.000 guru sekola dasar (SD).

Di Kota Semarang saja, menurut dia, masih kekurangan 600-800 guru SD. Belum lagi di daerah lain di provinsi ini, yang tentu jumlahnya lebih besar lagi.
Secuil Kisah Di Hari Guru Nasional

Secuil Kisah Di Hari Guru Nasional

Setiap tahun, 25 November adalah hari istimewa bagi para guru. Di Hari Guru Nasional inilah pengabdian mereka diakui, prestasi mereka dirayakan dan keberadaan mereka lebih diperhatikan.

Ironisnya, sebagai sosok yang digugu dan ditiru, kehidupan para guru masih banyak yang jauh dari layak. Tidak heran, peningkatan kesejahteraan adalah isu klasik yang terus berulang sepanjang masa. Bahkan tahun ini, puluhan ribu guru honorer turun ke jalan menuntut perhatian pemerintah atas status dan kesejahteraan mereka.
Kekhawatiran Guru Pasca UKG

Kekhawatiran Guru Pasca UKG

Hari Guru Nasional diperingati setiap 25 November yang pada tahun ini bertepatan dengan sebagian guru melaksanakan uji kompetensi guru (UKG). UKG dilaksanakan pada 9-27 November dengan anggaran Rp 261 miliar. UKG diikuti sekitar 2.949.110 guru, baik guru yang mempunyai sertifikat pendidik maupun guru yang belum bersertifikat pendidik, baik PNS maupun guru honorer.
Monday, 23 November 2015
Sarjana Lulus Cumlaude Bisa Jadi PNS Istimewa

Sarjana Lulus Cumlaude Bisa Jadi PNS Istimewa


 Kabar gembira bagi anda yang lulusan sarjana, kini ada formasi CPNS khusus buat lulusan sarjana yang nilai tinggi (cumlaude). tapi tentu ada persyaratan yang harus dilalui terlebih dahulu.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kini membuka kesempatan khusus untuk sarjana yang lulus dengan sempurna (cumlaude) untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Juru bicara Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan proses perekrutan Pegawai Negeri Sipil untuk sarjana cumlaude akan dijalankan dalam koridor peraturan perundang-undangan yang berlaku.  "Implementasi kebijakan ini berdasarkan peraturan perundang-undangan dan mempertimbangkan kebutuhan objektif hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja," kata Herman,.




Menurut Herman, kebijakan  Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan ruang kepada putra dan putri Indonesia lulusan terbaik perguruan tinggi. Proses rekruitmen, kata dia, akan dilakukan secara akuntabel dengan  memperhatikan aspek legalitas.

Herman mengatakan dasar hukum dari rekruitmen ini adalah Peraturan Menteri PANRB Nomor 26 Tahun 2014 tentang Formasi Khusus ASN Kementerian/Lembaga TA 2014. Peraturan ini menegaskan bahwa formasi khusus ini diperuntukkan untuk putra/putri lulusan terbaik.

Kriteria sarjana yang bisa direkrut adalah lulusan dari Perguruan Tinggi yang Terakreditasi A dan Program Studi Terakreditasi A, Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Predikat Lulusan Cumlaude/dengan Pujian.

"Pelaksanaan pengadaan dari jalur formasi untuk putra/putri lulusan terbaik pada dasarnya sama dengan dari jalur umum," kata Herman. Dia menegaskan bahwa satu-satunya perbedaan ada di persyaratan administratif serta kepesertaan seleksi yang mengutamakan lulusan terbaik perguruan tinggi.

Baca Juga : MenPAN-RB, Tingkatkan Kualitas PNS dan ASN

Peraturan Menteri PANRB No. 26/2014 juga mengatur formasi PNS  untuk sarjana mengajar di tempat terdepan, terluar dan tertinggal (SM3T), formasi untuk atlit berprestasi dan pelatih berprestasi; formasi untuk putra/putri Papua; serta formasi disabilitas.

Sumber : tempo
MenPAN-RB, Tingkatkan Kualitas PNS dan ASN

MenPAN-RB, Tingkatkan Kualitas PNS dan ASN

Kebijakan pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sarjana cumlaude akan dilakukan sesuai prosedur perundang-undangan yang berlaku. Menurut Juru Bicara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Herman Suryatman, rencana tersebut akan diberlakukan sesuai UU Aparatur Sipil Negara (ASN).
UN 2016 Digelar Dua Tahap

UN 2016 Digelar Dua Tahap

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada 2016 akan berlangsung dalam dua tahapan. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan nilai kelulusan para pelajar.

"UN tahap dua dilaksanakan agar siswa yang tidak puas dengan hasil ujian pada tahap pertama dapat kembali mengikuti ujian untuk perbaikan nilai," kata Kepala Disdik Kota Padang, Habibul Fuadi, di Padang.
Mendikbud Anies : Guru Abad 20 Harus Mampu Didik Anak Abad 21

Mendikbud Anies : Guru Abad 20 Harus Mampu Didik Anak Abad 21

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Memdikbud) Anies Baswedan mengatakan, guru saat ini berhadapan dengan situasi yang unik. Sebab harus mendidik anak-anak abad 21. Sedangkan guru merupakan generasi abad ke-20 sehingga perlu strategi untuk mengubah kebiasan lama guru agar dapat mendidik anak abad 21.
Sunday, 22 November 2015
Guru Harus Kreatif Dan Mampu Berprestasi

Guru Harus Kreatif Dan Mampu Berprestasi

Salah satu indikator guru yang berkompeten adalah guru yang mampu menciptakan proses belajar mengajar yang menarik, guru yang mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dan mudah untuk di pahami oleh para muridnya.

Selain itu, Guru harus mampu berkreasi, jika guru berkreasi maka bisa mendorong munculnya inovasi-inovasi yang mampu diterapkan kepada peserta didiknya.

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Yang Sesungguhnya

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Yang Sesungguhnya

Di zaman yang semakin modern dengan berbagai kemajuan teknologi, pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk bisa memajukan suatu Negara.

Masa depan generasi muda terletak pada sosok-sosok guru yang dengan rela mengajar di wilayah-wilayah pelosok yang sulit terjangkau berbagai fasilitas.
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved