Friday, 27 November 2015

Menjamurnya Kursus Bahasa Inggris Cuci Otak Generasi Muda

Bahasa inggris adalah bahasa dunia, dan itulah yang terjadi saat ini. Belajar bahasa inggris memang penting. Dalam interaksi internasional bahasa yang umum dipakai adalah bahasa inggris, namun walau demikian bukan berarti kecintaan baha negeri sendiri harus pudar.


Bagaimanapun baha Indonesia adalah bahasa  Negara sendiri, oleh sebab itu kecintaan bahasa Indonesia janganlah sampai pudar. Maraknya lembaga-lembaga kursus bahasa asing (inggris) menjadi momok yang mengkhawatirkan terhadapa kecintaan bahasa indonesia.

Kepala Pusat Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemdikbud) Prof Mahsun mengatakan menjamurnya kursus bahasa Inggris di Tanah Air merupakan salah satu penyebab rendahnya generasi muda mencintai bahasa Indonesia.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB 2004 ini menilai, agresivitas penyebaran kursus bahasa Inggris saat ini banyak yang mencuci otak generasi muda.



Pendapat itu didasarkan pada pengalamannya saat mengikuti sebuah diskusi panel di awal 2015. Seorang direktur kursus memberi presentasi dengan tema "Jika Bagus Berbahasa Inggris, Maka Masa Depan Menjadi Lebih Baik", kenangnya.

“Menurut hemat saya tema tersebut sangat provokatif dan mencuci otak anak bangsa untuk tidak mencintai bahasa Indonesia,” kata Mahsun.

Guru Besar bidang Linguistik Universitas Mataram ini menambahkan, anak muda Indonesia kurang sadar dan tidak paham bahwa bahasa merupakan identitas dan jati diri bangsa, sehingga ada kecederungan mengunakan bahasa asing dan menggangap bahasa Indonesia kurang modern.

Ke depannya, Penulis buku "Genolinguistik" ini menegaskan, para pemimpin bangsa ini harus menunjukkan keteladanan yang baik kepada generasi muda dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai konteks.

Selain itu pendidikan Indonesia harus di perbaharui, dalam artian pendidik tidak hanya menjejali siswa dengan kaidah-kaidah kebahasaan tetapi juga harus memberikan materi–materi kebahasaan yang berhubungan dengan peran bahasa untuk membangun nasionalisme bangsa Indonesia.

Semoga bahasa kebanggan bangsa ini tidak pudar oleh waktu, dan semoga eksistensi bahasa Indonesia terus maju dan tersebar keseluruh penjuru dunia.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved