Pengertian Peran Guru Menurut Ahli

Pengertian Peran Guru

Ngalim Purwanto (1980:169) menegaskan peran guru adalah terciptanya serangkaian tingkah yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuannya. Guru sekolah yang tugas
pekerjaannya kecuali mengajar, memberikan macam- macam ilmu pengetahuan dan ketrampilan kepada anak- anak juga mendidik. Pekerjaan sebagai guru adalah pekerjaan yang luhur dan mulia baik ditinjau dari sudut masyarakat dan Negara ataupun ditinjau dari sudut keagamaan. Guru sebagai
pendidik adalah seseorang yang berjasa besar terhadap masyarakat dan  Negara sehingga tidak salah pepatah mengatakan bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.


Menurut Cleife (dalam Syah, 2000:252) guru adalah ……… an authorithy in the disciplines relevant to aducation, yakni pemegang hak otoritas atas cabang- cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan walaupun begitu tugas guru tidak hanya menuangkan ilmu pengetahuan ke dalam otak para siswa tetapi melatih ketrampilan (ranah  karsa) dan menanamkan sikap serta nilai (ranah rasa) kepada mereka.

Prey Katz menggambarkan peran guru sebagai komunikator, sahabat yang dapat memberikan nasehat- nasehat, motivator, sebgai pemberi inspirasi  dan dorongan, pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku serta nilai- nilai, orang yang menguasai bahan yang diajarkan.
Havighurst menjelaskan bahwa peranan guru di sekolah sebagai pegawai atau (employee) dalam hubungan kedinasan, sebagai bawahan terhadap atasannya, sebagai kolega dalam hubungannya dengan teman sejawat, sebagai mediator dalam hubungannya dengan anak didik, sebagai
pengatur disiplin, evaluator, dan pengganti orangtua. Sehubungan dengan hal itu, tujuan dan hasil yang harus dicapai guru terutama ialah membangkitkan kegiatan belajar siswa. Dengan demikian
kegiatan siswa diharapakn berhasil mengubah tingkah lakunya sendiri kearah  yang lebih maju dan positif.

Dari beberapa definisi diatas dapat diambil kesimpulan bahwa guru bukan hanya sekedar pemberi ilmu pengetahuan kepada murid- muridnya didepan kelas tetapi merupakan seorang tenaga professional yang dapat menjadikan murid mampu merencanakan menganalisa dan mengumpulkan
masalah yang dihadapi. Guru juga harus mampu melihat serta memperhatikan apakah para siswa benar- benar berminat terhadap apa yang telah diberikan/ digunakannya dalam menyampaikan pelajaran.
Seorang guru juga harus bisa melihat pakah minat itu benar- benar ada pada siswa saat mengikuti pelajaran yang disampaikannya untuk berhasilnya semua itu tentu sangat terkait dengan metode pembelajaran yang diterapkan oleh seorang guru dalam menyampaikan pelajaran.

Post a Comment

0 Comments