Wednesday, 25 November 2015

Mendikbud Janji Beri Ruang Guru Berkarya

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, pemerintah akan memberikan ruang bagi guru untuk terus berkarya dan mengembangkan diri. 

Anies menyebutkan, adanya ruang bertujuan agar para guru bisa memunculkan lebih banyak karya seperti yang dilakukan pada simposium dengan menghadirkan terobosan menarik. Terobosan nantinya dijadikan teknik yang bisa dipakai di sekolah-sekolah dan rekan guru lainnya.

Mantan rektor Universitas Paramadina tersebut menambahkan, simposium guru bisa menjadi wadah untuk berbagi cerita sukses proses pembelajaran secara nasional. Di sini para guru peserta simposium akan menjadi pionir bagi daerahnya masing-masing.

“Semoga simposium dapat mewujudkan kebutuhan ruang bagi guru untuk berkarya. Kreativitas mereka lebih optimal karena memiliki hulu sebagai sumber data, sumber informasi, sumber terobosan. Jadi bukan sekadar forum sosialisasi, kata Anies pada Upacara Hari Guru Nasional ke-21 ,di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikud) Rabu ( 25/11).




Anies menyebutkan, karya-karya gurulah yang akan terus mengembangkan senyum anak-anak kita. Karya-karya Guru yang membuat lonceng masuk sekolah layaknya pertanda dimulainya sebuah petualangan menyenangkan di sekolah. Pemerintah juga menyadari bahwa masih ada berbagai pekerjaan rumah terkait guru yang harus dituntaskan dan segera perbaiki.

Ke depannya, Pendiri Indonesia Mengajar ini juga mengajak para guru untuk sama-sama menunjukkan jika guru Indonesia adalah guru pembelajar. Guru yang selalu hadir sebagai pendidik dan pemimpin bagi anak didiknya. Guru yang hadir untuk mengirimkan pesan harapan. Guru yang makin menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan.

Anies menegaskan, guru yang terus belajar dan mengembangkan diri semata-mata bukanlah untuk pemerintah, bukanlah untuk kepala sekolah, dan bukanlah untuk kantor dinas, tetapi memang sejatinya setiap pendidik adalah pembelajar.

“Mari sama-sama kita kirimkan pesan kepada seluruh komponen bangsa ini, bahwa guru mulia karena karya. Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya,”kata dia.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved