Monday, 23 November 2015

UN 2016 Digelar Dua Tahap

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada 2016 akan berlangsung dalam dua tahapan. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan nilai kelulusan para pelajar.

"UN tahap dua dilaksanakan agar siswa yang tidak puas dengan hasil ujian pada tahap pertama dapat kembali mengikuti ujian untuk perbaikan nilai," kata Kepala Disdik Kota Padang, Habibul Fuadi, di Padang.

Dia mengatakan, pelaksanaan UN tahap dua akan diselenggarakan satu atau dua bulan setelah UN tahap pertama selesai dilaksanakan. Menurutnya, dua tahapan UN ini memberikan kemudahan bagi pelajar untuk mendapatkan hasil dan nilai yang maksimal dalam kelulusan.




"Pelaksanaan UN yang dilakukan dalam dua tahap tersebut masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat dan informasi terkait hal ini juga masih dalam sosialisasi secara umum," imbuhnya.
Selain pelaksanaan UN yang direncanakan dua tahap ini, Disdik Kota Padang juga menargetkan 85 persen lulusan SMA pada 2016 dapat masuk ke perguruan tinggi favorit baik itu negeri atau swasta. Target tersebut meningkat dari target tahun ini yang hanya 50 persen.

"Dan secara keseluruhan siswa ditujukan untuk memasuki perguruan tinggi favorit dengan akreditasi minimal B," kata dia.

Sementara untuk lulusan SMK di Kota Padang pada 2016 ditargetkan terserap di dunia kerja sekitar 70 persen. Target tersebut sama dengan pencapaian tahun ini karena berdasarkan data masa tunggu selama enam bulan didapatkan hasil 70 persen dari tiap angkatan siswa SMK tersebut terserap di dunia kerja.

"Sebagian besar dari lulusan SMK yang diterima bekerja berasal dari jurusan-jurusan favorit seperti tata boga, perhotelan, mesin dan yang terkait dengan industri," tuturnya.

Salah seorang siswa SMA di Kota Padang Siska (17) mengatakan, adanya kebijakan UN dua kali diharapkan dapat memberi kesempatan untuk memperoleh nilai yang terbaik. "Selain itu kelulusan yang tidak lagi ditentukan berdasarkan nilai UN juga membuat siswa dapat lebih fokus mengerjakan soal ujian karena tidak perlu takut terkait kelulusan jika kurang maksimal dalam UN," ujar dia.

Sementara itu, pemerintah melalui Kemdikbud telah mencanangkan untuk UN 2016 akan digelar Tiga Tahapan,  BACA DI UN 2016 Digelar Tiga Tahap

Sumber : okezone

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved