Recent Post

Saturday, 26 December 2015
Evaluasi K13, Pemerintah Menghapus Kompetensi Inti

Evaluasi K13, Pemerintah Menghapus Kompetensi Inti

Pakar pendidikan yang kerap diajak Kemendikbud untuk mengevaluasi Kurikulum 2013 (K13) Doni Koesoema mengatakan, pemerintah memang menghapus Kompetensi Inti (KI) 1 dan KI 2 dalam mata pelajaran selain pendidikan agama dan PPKn.

Sehingga dalam mata pelajaran di luar agama dan PPKn itu, siswa fokus pada kompetensi keilmuannya. Perkara guru menyisipkan pesan-pesan spiritual dan sosial, itu menjadi hak inisiatif masing-masing guru.
Friday, 25 December 2015
Revisi K13, Kemendikbud Harus Lebih Terbuka

Revisi K13, Kemendikbud Harus Lebih Terbuka

Sekjen Federasi Serikat Guru Republik Indonesia (FSGI) Retno Listyarti menyambut positif revisi Kurikulum 203 (K1)3 tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)-nya.

Sebab dalam praktiknya di lapangan, banyak guru yang kesulitan menerapkan KI dan KD versi K13 warisan Mendikbud Mohammad Nuh.
Kurikulum 2013 (K13) Resmi Berubah

Kurikulum 2013 (K13) Resmi Berubah

Nama Kurikulum 2013 (K13) secara resmi sudah diubah menjadi Kurikulum Nasional.

Informasi perubahan ini tertuang dalam buku Kilas Setahun Kinerja Kemendikbud (November 2014 - November 2015). Kementerian yang dipimpin Anies Baswedan itu juga sudah menetapkan skenario penerapan Kurikulum Nasional secara utuh.

Buku kilas kinerja Kemendikbud itu disusun oleh Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (Paska) Kemendikbud. Buku ini merangkum tiga strategi penataan pendidikan oleh Anies Baswedan dan jajarannya.

Ketiga strategi itu adalah penguatan pelaku, peningkatan mutu dan akses, serta pengembangan efektivitas birokrasi. Urusan revisi kurikulum mendapatkan posisi spesial karena ditempatkan di halaman paling awal.

Dikonfirmasi tentang perubahan nama dari K13 menjadi Kurikulum Nasional itu, Mendikbud Anies Baswedan tidak menampiknya. Namun dia memberikan catatan, selama masa revisi masih berjalan alias belum selesai, pemerintah tetap menggunakan sebutan Kurikulum 2013. "Lha wong masih dikoreksi (K13-nya, red)," katanya kemarin.

Anies menjelaskan ada beberapa pertimbangan bahwa Kemendikbud tetap menggunakan sebutan Kurikulum 2013. Diantaranya adalah supaya tidak memunculkan kesan bahwa pemerintah membuat kurikulum baru. Mantan rektor Universitas Paramadina Jakarta itu mengatakan, Kurikulum Nasional merupakan hasil dari revisi Kurikulum 2013.

Di dalam buku yang rencananya secara resmi dipapakarkan Anies Selasa pekan depan (29/12) itu, dibeber sejumlah alasan K13 perlu direvisi. Diantaranya adalah K13 langsung diterapkan tanpa pernah diuji. Akibatnya mendatangkan banyak masalah. Saking bermasalahnya K13 itu, banyak sekolah menolak menjalankannya.

Anies dengan tegas mengatakan penerapan kurikulum harus meminimalisir masalah. Untuk itu dalam revisi kali ini dibongkar mulai dari pendadaran ide kurikulum, lalu desain kurikulum, dan ujungnya dokumen serta implementasu kurikulum.

"Standar bekerja yang harus dimiliki adalah mendekati nol kesalahan dan mendekati sempurna," katanya. Bagi Anies kesalahan satu poin saja, bisa mempengaruhi kualitas pendidikan.

Terkait dengan strategi implementasi kurikulum itu, Anies mengatakan Kemendikbud sudah memiliki peta jalannya. Dimulai dari periode Januari-Desember 2015, ada 94 persen sekolah kembali menggunakan Kurikulum 2006 (KTSP) dan sisanya 6 persen sekolah tetap menggunakan K13. Lalu pada periode Juli 2016 - Juli 2017 skenarionya 75 persen sekolah pakai KTSP, 6 persen semua kelas pakai K13, dan 19 persen kelas 1, 4, 7, dan 10 menggunakan K13.

Kemudian pada Juli 2017 - Juli 2018 jumlah sekolah yang menggunakan KTSP susut jadi 40 persen. Sisanya sebanyak 60 persen beralih ke K13. Proses migrasi dari KTSP ke K13 atau Kurikulum Nasional ini diharapkan tuntas pada tahun pelajaran 2017/2018. Masuk pada tahun pelajaran 2018/2019 sudah tidak ada sekolah yang memakai KTSP.

Pada kesempatan ini Anies juga mengkonfirmasi kabar salah tentang penerapan kurikulum. Beberapa waktu terakhir, muncul kabar menyesatkan bahwa pada tahun pelajaran 2016/2017, seluruh sekolah di Indonesia kembali menerapkan KTSP. "Saya prihatin atas informasi salah ini. Karena membuat gempar masyarakat," kata Anies.

Informasi salah itu sempat meluas di media sosial Facebook dan Twitter. Selain itu juga ramai jadi perbincangan orang di-blog. Anies mengatakan si penyebar informasi salah itu sudah mengakui kesalahannya dan meminta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Sedangkan terkait dengan wujud revisi K13 sendiri, sampai kemarin Anies masih irit komentar. Termasuk juga tentang jam belajar versi K13 dan jumlah mata pelajaran yang terlalu banyak, dia belum bersedia memaparkannya.

"Teknis revisi kurikulumnya bisa dikonfirmasi langsung ke Puskurbuk (Pusat Kurikulum dan Perbukuan, red)," kata dia.

Kepala Puskurbuk Tjipto Sumardi my ngakui memang banyak aspek yang direvisi atau dibenahi dari K13. Namun dia menegaskan bahwa pembenahan saat ini belum sampai pada kesimpulan mengepras jam belajar atau mengurangi jumlah mata pelajarannya. "Sekarang kita masih tahap revisi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan silabus," kata dia.

Tjipto berpedoman bahwa deadline revisi K13 ini harus tuntas sebelum tahun ajaran 2016/2017 dimulai Juli tahun depan. Selain merevisi jeroan K13, Tjipto juga mengatakan mereka terus mempersiapkan bukunya. Dia mengatakan buku-buku baru hasil revisi K13 kemungkinan sudah beres pada akhir Januari tahun depan.

"Puskurbuk tidak menjalankan pelatihan guru, karena sudah dipegang direktorat lainnya," kata dia

Sumber: jpnn

Soal Ujian SD dan Madrasah Sebagian Besar Akan Dibuat Oleh Pemda

Soal Ujian SD dan Madrasah Sebagian Besar Akan Dibuat Oleh Pemda

Berdasar prosedur operasonal standar (POS) ujian SD sederajat 2016 yag sudah diterbitkan pemerintah, terlihat tidak ada perbedaan mencolok dengan ujian serupa tahun ini. Dimana sebanyak 25 persen butir soal ujian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan sisanya 75 persen dibuat oleh masing-masing daerah.
Thursday, 24 December 2015
Mendikbud Akan Mengubah Konsep Pada UN 2016

Mendikbud Akan Mengubah Konsep Pada UN 2016

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menegaskan, sekolah-sekolah harus dapat mengembalikan harkat dan martabat bangsa melalui generasi muda untuk menjadi bangsa yang berintegritas.

“Negeri ini adalah negeri di mana orang-orang yang membawa integritas, bisa berjalan dan bisa menularkan prinsip-prinsipnya pada lingkungannya," tutur Menteri Anies.
Ditawari Gaji Rp 148 M, Guru Muda Ini Menolaknya

Ditawari Gaji Rp 148 M, Guru Muda Ini Menolaknya

Seorang guru di Tiongkok sempat menjadi buah bibir. Bagaimana tidak, Lam Yat-yan, ditawari uang US$ 11 juta untuk berhenti dari pekerjaannya.

Imbalan setara Rp 148,61 miliar itu ditawarkan kepada Lam dari sebuah sekolah Modern Education untuk melawan pesaingnya Beacon Group.
Sertifikasi Guru Kemenag Ditargetkan Selesai 2019

Sertifikasi Guru Kemenag Ditargetkan Selesai 2019

Sebanyak 50 persen guru di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) belum tersertifikasi sejak tahun 2006. Hal itu didasarkan pada hasil sertifikasi yang dimiliki Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kemenag.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan persoalan ini disebabkan beberapa persoalan terkait administrasi. Salah satunya adalah banyak guru yang belum memiliki ijazah Strata 1 (S1).
Wednesday, 23 December 2015
Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar

Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar

Faktor penyebab dan cara mengatasi kejenuhan dalam belajar
Kejenuhan belajar dapat melanda siswa apabila ia telah kehilangan motivasi dan kehilangan konsolidasi salah satu tingkat keterampilan tertentu sebelum siswa tertentu sampai pada tingkat keterampilan selanjutnya. Selain itu, kejenuhan juga dapat terjadi karena proses belajar siswa telah sampai pada batas kemampuan jasmaniahnya karena bosan dan keletihan, namun penyebab kejenuhan yang paling umum adalah keletihan yang melanda siswa.
Rendahnya Keinginan Guru Untuk Berkembang

Rendahnya Keinginan Guru Untuk Berkembang

Guru seharusnya terus mengembangkan potensi diri sebagai pendidik, baik lewat pelatihan maupun kompetisi. Nyatanya, meski di kota besar, masih banyak guru di Ibu Kota tidak melakukan hal tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menilai, partisipasi guru yang berada di wilayah kepemimpinannya masih rendah dalam berbagai kompetisi pengembangan diri.
2016, BKN Terapkan Aplikasi e-Kinerja PNS

2016, BKN Terapkan Aplikasi e-Kinerja PNS

Badan Kepegawaian Negara  (BKN) akan menerapkan aplikasi e-Kinerja pada 2016. Penerapan ini menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, bertujuan menyinergikan penilaian kinerja.

"Tahun ‎depan, BKN akan menjelma menjadi laboratorium penilaian kinerja," kata Bima Haria di Jakarta, Rabu (23/12).
Ibadah Haji dan Umrah Serta Rukunnya

Ibadah Haji dan Umrah Serta Rukunnya

Pengertian Haji
Kata Haji berasal dari bahasa arab dan mempunyai arti secara bahasa dan istilah. Dari segi bahasa haji berarti menyengaja, dari segi syar’i haji berarti menyengaja mengunjungi Ka’bah untuk mengerjakan ibadah yang meliputi thawaf, sa’i, wuquf dan ibadah-ibadah lainnya untuk memenuhi perintah Allah SWT dan mengharap keridlaan-Nya dalam masa yang tertentu.
Menikah Menurut Islam (Munakahat)

Menikah Menurut Islam (Munakahat)

DEFINISI NIKAH
Nikah dalam Alqur’an dan dalam bahasa arab memiliki beberapa arti, yaitu:
1.      Pertemanan,sebagaiman tertera dalam firman Allah swt, dan kami kawinkan (nikahkan) mereka dengan bidadari, maksud kalimat tersebut adalah “ Kami jadika bagi mereka teman berupa wanita sholehah “.
2.      Saling menopang, sebagaimana firman Allah swt, “ Kumpulkankah orang-orang yang berbuat zhalim dan pembesar-pembasar mereka” maksudnya adalah teman-teman mereka dari tukang pukul.
3.      Kawin sebagaimana firman Allah Swt, “ Maka tatkala zaid telah mengakhiri kepiluan terhadap istrinya (menceraikannya), kami kawinkan kamu dengan dia [ Qs. Al-Ahzaab (33) : 37] maksudnya adalah “ kami nikahkan kamu dengan dia.”
Sertifikasi, Transfer Dana dan Tunjangan Guru Diurus Pusat Saja

Sertifikasi, Transfer Dana dan Tunjangan Guru Diurus Pusat Saja

Wali Kota Pontianak Sutarmidji menegaskan bahwa sebenarnya tidak ada masalah apakah kebijakan pengelolaan guru itu desentralisasi atau sentralisasi. Namun orang nomor satu di Kota Pontianak itu punya pemikiran sebaiknya pengelolaan guru itu dibagi saja.

Dia mencontohkan, untuk masalah sertifikasi, transfer dana maupun tunjangan guru itu sebaiknya terpusat.
Tuesday, 22 December 2015
Prinsip-prinsip Pendidikan Harus Diutamakan

Prinsip-prinsip Pendidikan Harus Diutamakan

Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto menilai masalah pendidikan tidak hanya berhubungam dengan anggaran semata. Memaksimalkan prinsip pendidikan menjadi hal utama.

Susanto memaparkan, dalam penyelenggaraan pendidikan telah bergeser dari khittah, yaitu orientasi sosial menjadi komersial. Praktek Pendidikan dalam banyak kasus bergeser menjadi persekolahan.
Inilah Alasan Mengapa Hasil UKG Maluku Sangat Rendah

Inilah Alasan Mengapa Hasil UKG Maluku Sangat Rendah

Hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang dilakukan sejak tahun 2012-2014 masih menempat­kan guru-guru di Maluku berada pada peringkat ke-32 dari 34 provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku M Saleh Thio mengakui rendahnya hasil UKG di Maluku tersebut.
Mencegah Korupsi, Mendikbud Ajak Ratusan KepSek Ke KPK

Mencegah Korupsi, Mendikbud Ajak Ratusan KepSek Ke KPK

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengajak ratusan kepala sekolah ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (22/12). Anies menyatakan, para kepala sekolah ini merupakan pimpinan dari sekolah yang meraih nilai kejujuran tertinggi saat Ujian Nasional lalu.
Monday, 21 December 2015
Dana BOS Tahun 2016 Akan Dinaikkan

Dana BOS Tahun 2016 Akan Dinaikkan

Ada perbedaan signifikan terkait dengan dana bantuan operasional sekolah (BOS) SMA/SMK pada 2016 mendatang. Perbedaannya dari segi besaran dan penyaluran. Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman menjelaskan, alur penyaluran dana BOS SMA/SMK pada 2016 lebih ringkas.

Di menjelaskan, sebelumnya, pencairan dilakukan pemerintah pusat ke sekolah. Nah, pada tahun depan, prosesnya dilaksanakan pemerintah provinsi. ''Dari pemprov langsung dicairkan ke sekolah,'' ungkapnya.
Kemenag Nunggak Bayar Honor Guru Madrasah

Kemenag Nunggak Bayar Honor Guru Madrasah

Guru honorer madrasah di Jawa Barat (Jabar) mengeluhkan masalah honor yang menunggak sampai empat bulan kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jabar di Bandung.
Baca Juga: Guru Honorer Madrasah Tuntut Pencairan Tunjangan Profesi

"Beberapa kabupaten ada yang sampai tertunggak tiga sampai empat bulan honornya," kata koordinator guru madrasah honorer Yanyan Herdiyan saat menggelar aksi di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jabar di Bandung, Senin (21/12/2015).
Pelaksanaan UN, Mendikbud: Banyak Sontek-menyontek yang Sistematis dan Masif

Pelaksanaan UN, Mendikbud: Banyak Sontek-menyontek yang Sistematis dan Masif

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan tingkat kecurangan dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) masih sangat tinggi, meskipun pemerintah tidak lagi menggunakan hasil UN dalam penentuan kelulusan.

Anies mengatakan berdasarkan hasil analisis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tingkat kecurangan terjadi di lebih dari 40 persen sekolah pada jenjang SMA dan sekolah sederajat maupun SMP dan sekolah sederajat.
Guru Honorer Madrasah Tuntut Pencairan Tunjangan Profesi

Guru Honorer Madrasah Tuntut Pencairan Tunjangan Profesi

Puluhan guru honorer madrasah se-Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Jalan Sudirman, Kota Bandung, Senin (21/12).

Aksi ini ditujukan dalam rangka menuntut tunjangan profesi guru (TPG) bagi honored madrasah yang tidak kunjung dicairkan.
Sunday, 20 December 2015
Survei Membuktikan, Rakyat Butuh Ketegasan Penyelesaian Honorer K2

Survei Membuktikan, Rakyat Butuh Ketegasan Penyelesaian Honorer K2

Sebuah hasil survei dari Asosiasi Research Opini Publik Indonesia (AROPI) menunjukkan masyarakat butuh penegasan dan konsistensi pemerintah dalam penyelesaian honorer kategori dua (K2).

"Untuk kasus honorer K2, mayoritas publik sudah tahu bahwa sudah ada peraturannya dan disosialisasikan dengan baik di seluruh Indonesia," kata Sekjen AROPI Umar S Bakrie, Minggu (20/12).
Daerah Ini Kekurangan 2000 PNS

Daerah Ini Kekurangan 2000 PNS

Berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Manado menyimpulkan, kota itu membutuhkan dua ribu PNS pada 2016 mendatang.
Baca Juga Anggaran Pengangkatan Tenaga Honorer K2 Tidak Masuk APBN 2016

"Makanya 2016 sudah sepantasnya quota penerimaan (PNS) tetap dibuka," kata Kepala BKD Manado, Steven Wakkary, Mingggu (20/12).
Waw!!! Kurikulum Diubah Lagi

Waw!!! Kurikulum Diubah Lagi

Mendikbud Anies Baswedan berencana meluncurkan kurikulum bernama Kurikulum Nasional.  Mendikbud sebelumnya, Mohammad Nuh membuat Kurikulum 2013 (K-13).

Informasi yang berkembang di internal Kemendikbud kian santer. Namanya hanya Kurikulum Nasional begitu saja. Tidak ada embel-embel tahunnya. Dengan adanya Kurikulum Nasional ini, maka K-13 bakal dikupas menjadi tiga bagian atau jenis. Yaitu Kurikulum Nasional, kurikulum berbasis pengembangan atau potensi daerah, dan kurikulum paling kecil mencakup kekhasan atau kondisi masing-masing sekolah.
Kepsek Jujur se-Indonesia akan Bertemu Presiden RI

Kepsek Jujur se-Indonesia akan Bertemu Presiden RI

Sebanyak 503 kepala sekolah dari seluruh Indonesia berkumpul di Jakarta. Mereka datang dari daerah masing-masing untuk bertemu dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

"Para kepala sekolah ini akan diajak ke Istana Negara dan bertemu Presiden Joko Widodo sebagai penghargaan atas keberhasilan mereka menjaga integritas sekolah selama pelaksanaan Ujian Nasional (UN)," ujar Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Sumarna Surapranata di Hotel Golden Boutique.

Cara Guru Menangani Siswa Yang Sulit Diatur

Cara Guru Menangani Siswa Yang Sulit Diatur

Beberapa cara penangan siswa yang sulit diatur

Penggunaan tehnik belajar aktif cendrung meminimalkan persoalan pengelolaan kelas yang menyulitkan guru yang terlalu mengandalakan metode ceramah dan diskusi kelompok besar atau diskusi kelas. Jika persoalan semisal perilaku memonopoli, menyimpang, dan menarik diri masih terjadi, berikut adalah cara penanganan yang bisa anda gunakan. Ada yang cocok diterapkan pada beberapa siswa, ada yang cocok diterapkan pada seluruh siswa. 
Mendikbud Beri Penghargaan untuk Kepsek Jujur

Mendikbud Beri Penghargaan untuk Kepsek Jujur

Tahun ini untuk pertama kalinya pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tidak hanya prestasi yang menjadi ukuran keberhasilan, tetapi juga nilai integritas yang diterapkan sekolah. Bahkan, pemerintah menilai sebaik apa sekolah mempersiapkan para siswanya dalam menghadapi ujian hingga berhasil lulus hingga melihat proses pelaksanaan UN itu sendiri, apakah dilaksakan dengan jujur atau curang demi mendongkrak nilai siswa.
Tips Memilih Sekolah Dasar (SD) Untuk Anak

Tips Memilih Sekolah Dasar (SD) Untuk Anak

Dalam memilih sekolah untuk anak, ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan orang tua. Menurut psikolog pendidikan, Evita, mereka biasanya ingin instan sehingga terlalu memaksa anak. Misalnya, memilih sekolah harus yang ada PR-nya. Orang tua kerap tergiur fasilitas saja dan mencecar anak mengikuti semua kegiatan di sekolah karena sudah membayar mahal.
Biaya Sertifikasi Sebesar 14 Juta Ditanggung Masing-Masing Guru

Biaya Sertifikasi Sebesar 14 Juta Ditanggung Masing-Masing Guru

Besarnya biaya sertifikasi kini tidak lagi di biayai pemerintah. biaya tersebut kini ditanggung oleh masing-masing guru.
Mulai 1 Januari 2016 nanti, biaya sertifikasi profesi ditanggung masing-masing guru. Kalangan perguruan tinggi menaksir biaya sertifikasi mencapai Rp 14 juta.
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved