Sunday, 20 December 2015

Mendikbud Beri Penghargaan untuk Kepsek Jujur

Tahun ini untuk pertama kalinya pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tidak hanya prestasi yang menjadi ukuran keberhasilan, tetapi juga nilai integritas yang diterapkan sekolah. Bahkan, pemerintah menilai sebaik apa sekolah mempersiapkan para siswanya dalam menghadapi ujian hingga berhasil lulus hingga melihat proses pelaksanaan UN itu sendiri, apakah dilaksakan dengan jujur atau curang demi mendongkrak nilai siswa.


Pemikiran ini mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memupuk dan menumbuhkan nilai integritas dalam diri siswa dan sekolah, terutama dalam pelaksanaan UN. Tahun ini, 503 kepala sekolah dari berbagai daerah di Indonesia pun mendapat anugerah khusus dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) atas prestasi mereka dalam menjaga integritas sekolah. Tidak tanggung-tanggung, para kepala sekolah tersebut konsisten menegakkan indeks integritas pada pelaksanaan UN selama lima tahun terakhir.

"Apresiasi tinggi kepada Ibu Bapak Kepala Sekolah. Semoga pengakuan yang kami berikan kepada Bapak ibu menjadi semangat untuk semakin dalam menanamkan akar-akar integritas dalam sekolah yang Ibu Bapak pimpin," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Abies Baswedan dalam keterangan tertulis, dalam rangkaian acara pemberian penghargaan bagi kepala sekolah berintegritas, tadi malam.

Sebelumnya ada sekira 80 ribu sekolah dan madrasah yang diseleksi. Anies juga mengajak para kepala sekolah agar tidak malu menunjukkan ketidaksukaannya pada tindakan curang.

Baca Juga Kepsek Jujur se-Indonesia akan Bertemu Presiden RI

"Tunjukkan bahwa pengkhianatan terhadap integritas tidaklah wajar dan tidaklah dapat dimaklumi, terlebih lagi bagi dunia pendidikan," ujarnya.

Integritas sendiri, kata Anies, merupakan dasar dari karakter moral. Sehingga ketika integritas tersebut goyah maka runtuhlah segala karakter moral lainnya.

"Menumbuhkan integritas sebagai prinsip yang kokoh dalam diri siswa sama halnya dengan memastikan masa depan Indonesia yang bersih di tangan calon pemimpin bangsa," tandasnya.

Sumber; okezone


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved