Recent Post

Thursday, 14 January 2016
Unduh Kisi-kisi Ujian Nasional 2016

Unduh Kisi-kisi Ujian Nasional 2016

Kisi-kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah serta Pendidikan Kesetaraan  

Berikut Kisi-kisi Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah serta Pendidikan Kesetaraan:



1. Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor 0035/P/BSNP/IX/2015 tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (unduh di sini)

2. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Tahun Pelajaran 2015/2016.  (Unduh di sini)

3. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Teologi Kristen/Sekolah Menengah Agama Katolik Tahun Pelajaran 2015/2016 (Unduh di sini)

4. Kisi-Kisi Ujian Nasional Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan Tahun Pelajaran 2015/2016. (Unduh di sini)

 5. Kisi-Kisi Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan Tahun Pelajaran 2015/2016. (Unduh di sini)

Sumber: kemdikbud
Tiga Kali UN Pada 2016, UN Utama Dilaksanakan Mulai 4 April 2016

Tiga Kali UN Pada 2016, UN Utama Dilaksanakan Mulai 4 April 2016

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyelenggarakan tiga jenis ujian nasional (UN) pada tahun 2016 ini. Tiga jenis ujian nasional tersebut adalah UN Perbaikan (UNP) 2015, UN Utama 2016, dan UN Perbaikan 2016.

UN Perbaikan (UNP) 2015 merupakan ujian nasional perbaikan bagi peserta UN tahun 2015 yang belum memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran, dan berkeinginan memperbaikinya. UNP 2015 ini akan dimulai pada 22 Februari 2016 dan pelaksanaannya dilakukan dengan berbasis komputer di SMA/SMK di domisili peserta.

UN Utama 2016 merupakan ujian nasional bagi peserta didik yang duduk di kelas IX dan XII pada tahun pelajaran 2015/2016. UN Utama 2016 akan dilaksanakan mulai 4 April 2016. Pelaksanaannya dilakukan dengan dua metode, yaitu berbasis kertas dan berbasis komputer, dengan berlokasi di sekolah siswa masing-masing.

Terakhir, UN Perbaikan 2016 merupakan ujian nasional perbaikan bagi peserta UN Utama tahun 2016 yang belum memenuhi standar kompetensi lulusan (SKL) pada satu atau lebih mata pelajaran, dan berkeinginan memperbaikinya. UN Perbaikan 2016 akan diselenggarakan pada September 2016, namun jadwalnya masih bersifat sementara atau tentatif.


Berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 57 dan 58 serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 jo PP 32/2013, tujuan ujian nasional adalah untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL) pada mata pelajaran tertentu secara nasional.

Sedangkan berdasarkan PP Nomor 13 Tahun 2015 perubahan kedua atas PP Nomor 19 Tahun 2005, pada Pasal 68 disebutkan, hasil ujian nasional digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk tiga hal, yaitu pemetaan mutu program dan/atau satuan pendidikan, dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, dan pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upayanya untuk meningkatkan mutu pendidikan. 

Sumber: Kemdikbud

Tarakan: Keuangan Pemkot Seret, TPP PNS Dipotong

Tarakan: Keuangan Pemkot Seret, TPP PNS Dipotong

Keuangan Pemerintah Kota Tarakan benar-benar payah. Dalam komposisi APBD Kota Tarakan tahun anggaran 2016, nilai anggaran untuk belanja, baik langsung maupun tidak langsung menunjukkan lebih besar daripada pendapatan pemerintah selama setahun.

Untuk diketahui, belanja pemerintah tahun ini mencapai Rp 1.207.724.583.155. Sedangkan pendapatan pemerintah tahun ini direncanakan hanya Rp 1.012.238.127.358.
Dalil Al-Qur'an, Larangan Membunuh Orang Lain

Dalil Al-Qur'an, Larangan Membunuh Orang Lain

Akhir-akhir ini dunia lagi dihebohkan dengan adanya aksi-aksi teroris, baik dari luar negeri maupun dalam negeri. aksi teror yang masih sangat hangat adalah aksi teror yang terjadi pada Kamis 14-01-2016 Kemarin di salah satu pusat perbelanjaan (Sarinah) Jakarta. aksi kejahatan ini sontak membuat kehobohan dimasyarakat, yang tadinya merasa aman-aman saja tiba-tiba ada ledakan Bom beberapa kali.
Menteri Anies Ingin Terbitkan Panduan untuk Menjelaskan Terorisme ke Siswa

Menteri Anies Ingin Terbitkan Panduan untuk Menjelaskan Terorisme ke Siswa

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) segera menerbitkan panduan bagi para guru dan orangtua dalam membicarakan kejahatan terorisme dengan siswa dan anak-anak, terkait dengan peristiwa teror yang terjadi di Jakarta, Kamis (14/1).‎
Wapres JK: Generasi Muda Jangan Berharap Jadi PNS

Wapres JK: Generasi Muda Jangan Berharap Jadi PNS

Wakil Presiden Jusuf Kalla menghimbau kepada generasi muda Indonesia untuk tidak menjadikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai satu-satunya harapan meraih masa depan.


"Saya sering katakan bagi generasi muda, jangan mengharap banyak untuk jadi PNS. 5 tahun kita tutup kecuali guru tenaga kesehatan," ujar Wapres JK saat memberikan orasi ilmahnya di acara Dies Natalis ke-18 Universitas Paramadina, Rabu (13/01/2016).
Wednesday, 13 January 2016
Hasil Wawancara Dengan MenPAN-RB Yuddy Chrisnand Mengenai Rekrutmen CPNS

Hasil Wawancara Dengan MenPAN-RB Yuddy Chrisnand Mengenai Rekrutmen CPNS

Jumlah PNS dianggap pemerintah sebagai jalan keluar mengurangi beban APBN. Meski terdengar sulit, namun dalam beberapa kali kesempatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan, pemerintah berencana mengurangi jumlah PNS sebanyak satu juta orang secara alami hingga 2019. Bagaimana sebenarnya konsep pemerintah dalam penataan pegawai ini, berikut pernyataan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kepada wartawan termasuk Mesya Muhamad dari JPNN, belum lama ini.

Sudah Ditransfer Pemerintah Pusat, Dana Sertifikasi Guru Belum Juga Turun

Sudah Ditransfer Pemerintah Pusat, Dana Sertifikasi Guru Belum Juga Turun

DPRD Kota Bandar Lampung memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandar Lampung, terkait tersendatnya pembayaran dana tunjangan sertifikasi ribuan guru di kota ini sebesar Rp 53 miliar, Rabu (13/1). Padahal, dana sebesar tersebut sudah ditransfer pemerintah pusat.

"Kami ingin tahu permasalahannya sampai terlambat pembayaran dana sertifikasi guru tersebut, yang sudah ditranfer pusat," kata Ketua Komisi IV DPRD Bandar Lampung, Syarif Hidayat. Menurut dia, dana tunjangan sertifikasi tersebut sudah menjadi hak guru, dan tidak boleh diganggu gugat lagi. Namun kenyataannya masih terlambat.
Ia mengatakan seharusnya dana dari pusat tersebut, langsung diberikan kepada guru yang bersangkutan, bukan malah ditahan dan digunakan untuk kepentingan yang lain. Alasan pemkot defisit anggaran, karena tidak terkejar target PAD, seharusnya melakukan efisiensi di berbagai sektor. "Bukan menggunakan dana sertifikasi guru," ujarnya.

Setelah ramai dituntut para guru, akhirnya Pemkot Bandar Lampung, mulai mencairkan dana tunjangan sertifikasi 3.000 guru triwulan III tahun 2015, pada pekan kedua Januari 2016, Selasa (12/1). Sedangkan triwulan IV 2015 masih belum jelas pencairannya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Bandar Lampung, Suhendar Zuber, menyatakan tunjangan sertifikasi guru akan dilunasi pada Januari ini. Ia berharap guru bersabar, karena pencairan masih dalam proses.

Sumber: republika
Tuesday, 12 January 2016
Ukuran Sukse Bagi Seorang Guru

Ukuran Sukse Bagi Seorang Guru

Lewat tengah malam, dari atas bukit, Salahuddin Al Ayyubi memperhatikan tenda pasukannya. Sebagian samar-samar diterangi lentera dan ada yang telah terselimuti gelap. Pada pagi hari saat pasukan berbaris siap ke medang perang, Salahuddin berteriak lantang, “Siapa yang tak shalat Tahajud, tak usah ikut perang!”
Kepala BKN Tantang Honorer K2 Daftar Tes CPNS Jalur Umum

Kepala BKN Tantang Honorer K2 Daftar Tes CPNS Jalur Umum

Honorer kategori dua (K2) diminta jangan hanya terus menuntut untuk diangkat menjadi CPNS tanpa melalui proses tes.

Di era kompetisi seperti sekarang, menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana tidak zamannya lagi menjadi PNS tanpa tes.
Ingat.. Ingat! P3K Bukan untuk Penampungan Honorer

Ingat.. Ingat! P3K Bukan untuk Penampungan Honorer

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menegaskan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) bukan tempat penampungan honorer.

"Siapa bilang P3K untuk menampung tenaga honorer yang gagal CPNS. Itu hanya isu yang menyesatkan," ujar Bima, Selasa (12/1).

Monday, 11 January 2016
Payung Hukum Honorer K2 jadi CPNS Harus Terbit Bulan Ini

Payung Hukum Honorer K2 jadi CPNS Harus Terbit Bulan Ini

‎Pemerintah didesak segera menerbitkan payung hukum pengangkatan honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS. Tanpa payung hukum, pengangkatan honorer K2 jadi CPNS hanya jadi mimpi.

"Salah satu fokus pembahasan kami dalam Rakornas 15-16 Januari di Palembang nanti adalah tuntutan penerbitan payung hukum. Kami minta segera diterbitkan bulan ini," tegas Ketua Tim Investigasi Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Riyanto Agung Subekti alias Itong kepada JPNN, Senin (11/1).
Tahun Ini, Kemdikbud Targetkan 72.082 Guru Raih Sertifikasi

Tahun Ini, Kemdikbud Targetkan 72.082 Guru Raih Sertifikasi

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK Kemdikbud), Sumarna Surapranata, mengatakan, 72.082 guru yang belum mendapatkan sertifikasi guru pada 2015 akan segera dituntaskan pada 2016 ini.

"Para guru tersebut akan kita usahakan mendapat sertifikasi tahun ini. Sebetulnya, pemerintah menargetkan sertifikasi guru dapat selesai pada 2015," kata Pranata saat di temui di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (1/11).
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved