Thursday, 14 January 2016

Dalil Al-Qur'an, Larangan Membunuh Orang Lain

Akhir-akhir ini dunia lagi dihebohkan dengan adanya aksi-aksi teroris, baik dari luar negeri maupun dalam negeri. aksi teror yang masih sangat hangat adalah aksi teror yang terjadi pada Kamis 14-01-2016 Kemarin di salah satu pusat perbelanjaan (Sarinah) Jakarta. aksi kejahatan ini sontak membuat kehobohan dimasyarakat, yang tadinya merasa aman-aman saja tiba-tiba ada ledakan Bom beberapa kali.

Jika kita menengok kebelakang, aksi-aksi teror ini terus saja dilakukan oleh sekelompok orang yang mengatas namakan dirinya sebagai orang beragama islam, tentu ini tidak dapat diterima, sebab dalam ajaran islam, islam selalu mengajarkan kebaikan dan kedamaian. Membunuh orang yang tidak berdosa tidak dibenarkan dalam ajaran agama manapun, termasuk agama islam, agama Islam adalah Agama Rahmatan Lil aalaminn, (Rahmat Bagi Seluruh Alam).

Allah Berfirman:

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasul Kami dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas, kemudian banyak diantara mereka sesudah itu. sungguh-sungguh melampaui batas dalam berbuat kerusakan dimuka bumi”. (QS. al-Maa’idah : 32)

Dalam ayat ini jelas dan secara gambling bahwa Allah melarang siapapun untuk membunuh orang lain, bahkan Allah memberi perumpamaan “barang siapa membunuh seorang manusia maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya”, kita dapat membayangkan berapa banyak dan besar dosa yang harus di tanggung dari kejahatan orang-orang yang telah membunuh banyak orang, jika satu orang saja di bunuh diumpamakan membunuh seluruh manusia, bagaimana jika  membunuh banyak orang? Wallahu a’lam.
Dalam ayat lain Allah berfirman:

“Dan barangsiapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya dan Allah murka kepadanya, dan mengutukinya serta menyediakan azab yang besar baginya.” (QS. an-Nisa’ : 93)

Ayat ini secara jelas membuktikan bahwa ajaran agama Islam sangat tidak mendukung adanya aksi pembunuhan, bahkan Allah memberi ancaman yang sangat keras bagi orang yang telah dengan sengaja melakukan pembunuhan terhadap orang lain dalam bentuk apapun, ancamannya jelas bahwa Allah akan menjebloskannya ke Api Neraka Jahannam, dimana Neraka jahannam adalah siksaan nomor satu paling kejam dan Apinya paling Panas di alam Neraka sana.

Demikian, semoga dari kutipan kedua ayat diatas dapat menyadarkan kita bahwa aksi terror dan pembunuhan yang mengatas namakan agama islam sebenarnya bukanlah ajaran Islam yang sesungguhnya, mereka menafsirkan dengan penafsiran yang salah kaprah. Tentu masih banyak ayat-ayat lain dan Hadist yang mengajarkan perdamaian dan kebaikan, karena tujuan agama islam adalah untuk menyempurnakan akhlak dan menjadi agama rahmat bagi seluruh alam melalui Nabi Muhammad.

Semga kita senantiasa dalam lindungan-Nya, dan kita dijauhkan dari perilaku yang tidak terpuji. Semoga Hati kita ditutup untuk menerima ajakan jahat dan semoga hati kita selalu dibuka untuk selalu menerima segala kebaikan baik dunia maupun akhirat.

tag: Ajaran Islam Tentang Membunh
       Hukum Membunh dalam Islam
       Teroris Islam Atau Bukan
       Teroris bukan Islam
      

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved