Standar Kompetensi Lulusan (SKL) K-13 dan K-2006 95 Persen Sama

Mungkin di antara siswa-siswi kelas XII yang akan mengikuti ujian nasional (UN) masih ada yang merasa bingung dengan standar kompetensi lulusan (SKL). Terutama, bagi mereka yang menggunakan Kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, dalam keterangan tertulis, mengatakan bahwa SKL pada Kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006 hampir sama, sehingga materi yang diujikan pun hampir sama.


"Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 itu 95 persen (materi) yang diujikan sama, standar kompetensi lulusan (SKL) sama, dan kisi-kisi juga sudah disusun, mencakup hal yang sama,” ungkapnya.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam, menyatakan bila adanya penerapan kurikulum yang berbeda-beda membuat masyarakat melihat seolah-olah standar kompetensi lulusan serta materi ujian asioal akan berbeda. Padahal, kedua kurikulum tersebut memiliki kandungan materi yang sama.

"UN itu kan mengukur sebagian dari kompetensi anak dalam hal capaian pengetahuan beberapa mata pelajaran tertentu. Sehingga dari mata pelajaran itu kita lihat dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2006. Kurikulum 2006 misalnya menghendaki anak SMP mengetahui bangun segitiga, tentang sudut, atau pangkat. Lalu kita lihat Kurikulum 2013, di sana ada juga materi matematika untuk mengetahui tentang itu. Ini kan sama. Kalau kita ngukur itu kan ukurannya sama, jadi yang diujikan juga sama,” ujarnya.

Nizam menjelaskan bila tujuan dari pencapaian pengetahuan serta SKL atau kompetensi dasar baik dalam Kurikulum 2013 dengan Kurikulum 2006 itu sama. Karena itulah diputuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dibuatkan kisi-kisi yang sama.

"Jadi (materi) ujiannya juga sama. Kalau ujiannya sama kan memudahkan pengguna soal dan pembuat soal. Bagi pengguna soal (siswa), kalau materi ujiannya beda kan nanti bisa ribut di masyarakat. Misalnya yang nilainya 9 sama enggak dengan yang nilainya 7, karena kan soalnya berbeda?” imbuhnya.

Nizam menambahkan, para siswa maupun guru tidak perlu khawatir dengan materi UN, baik untuk Kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006.

"Materi ujian nasional tahun pelajaran 2015–2016 untuk Kurikulum 2013 hampir sama dengan Kurikulum 2006 sehingga siswa dan guru tidak perlu khawatir dengan adanya perbedaan standar kompetensi lulusan (SKL)," tambahnya.

Sumber: okezone

Post a Comment

0 Comments