Recent Post

Friday, 11 March 2016
Depok Kekurangan Ribuan PNS

Depok Kekurangan Ribuan PNS

Munculnya wacana program Kementerian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk memberhentikan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tamatan SD, SMP, dan SMA belum ditanggapi oleh Pemerintah Kota Depok.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Depok Harry Prihanto mengatakan bahwa pihaknya sudah mendengar adanya wacana tersebut sebatas dari media massa. Harry mengungkapkan bahwa Kementerian PAN dan RB belum mengirimkan surat atau apapun terkait pemberhentian PNS tamatan SD, SMP, dan SMA.
Thursday, 10 March 2016
Mendikbud: UN Berbasis Komputer Hanya Untuk Sekolah Yang Sudah Siap

Mendikbud: UN Berbasis Komputer Hanya Untuk Sekolah Yang Sudah Siap

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyatakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya diberlakukan untuk sekolah yang benar-benar sudah siap menyelenggarakannya.

"Kalau sekolah belum siap, belum boleh," ujarnya di Bangka Tengah, Bangka Belitung, Kamis (10/3).
Wednesday, 9 March 2016
Fantastis!, Kebutuhan PNS Mencapai Angka 1,8 Juta

Fantastis!, Kebutuhan PNS Mencapai Angka 1,8 Juta

Usulan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diajukan instansi pusat dan darah lewat e-formasi ternyata‎ sangat besar. Sesuai data e-formasi yang telah masuk per Februari 2016, kebutuhan akan pegawai baru mencapai 1,8 juta orang.

"Ini angka yang fantastis. Instansi pusat dan daerah‎ ternyata masih butuh PNS baru 1,8 juta orang. Bisa dibayangkan betapa gemuknya organisasi aparatur sipil negara (ASN)," terang Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja, Rabu (9/3).
Ditangkap Karena Ancam Menteri Yuddy, Guru K2 Ini Minta Maaf

Ditangkap Karena Ancam Menteri Yuddy, Guru K2 Ini Minta Maaf

Masih ingat dengan nama Mashudi? Dia adalah guru honor dari Brebes, Jawa Tengah, yang ditangkap penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya, karena mengancam Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi.

Ya, kini ia mendekam di tahanan Polda Metro. Ia dikenai pasal ITE 2008, kemudian dari perkembangan kasus tersebut penyidik menjeratnya dengan pasal 335 KUHP.
Inilah Daftar Daerah Yang Dilarang Rekrut CPNS

Inilah Daftar Daerah Yang Dilarang Rekrut CPNS

Sebanyak 244 kabupaten/kota yang tersebar di 27 provinsi bakalan gigit jari. Sebab, pemerintah tidak akan memberikan kuota formasi CPNS baru karena belanja pegawai daerah itu di atas 50 persen di APBD.

"Ada 27 provinsi yang memiliki kabupaten/kota dengan belanja pegawai di atas 50 persen. Sebanyak 13 provinsi belanja pegawainya di atas 20 persen," ungkap Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, Rabu (9/3).
Monday, 7 March 2016
Warning! Pendaftaran SNMPTN Segera Berakhir

Warning! Pendaftaran SNMPTN Segera Berakhir

‎Ini warning bagi para siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi lewat jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Panitia sudah memberikan batasan waktu pendaftaran hingga 12 Maret. Lewat itu, siswa tidak bisa lagi mendaftar meski berada di peringkat atas.

"Pendaftaran hanya sampai 12 Maret pukul 23.50 WIB. Lewat itu (pukul 24.00), say good bye saja," kata‎ K‎oordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas ‎SNMPTN 2016 Bambang Hermanto kepada JPNN, Senin (7/3).
Inilah Dua Kriteria PNS Yang Bakal Dirasionalisasi

Inilah Dua Kriteria PNS Yang Bakal Dirasionalisasi

Pemerintah berencana melakukan rasionalisasi jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara bertahap. Dari jumlah yang ada saat ini, yakni 4.517 juta orang, akan dipangkas hingga menjadi 1,3 juta.

Menurut Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Bambang Dayanto Sumarsono memastikan yang terkena rasionalisasi akan dipensiundinikan. Mereka akan diberi pesangon untuk modal usaha.
Wah,,, Tahun Ini Ada Ratusan Ribu PNS Yang Bakal Dirumahkan

Wah,,, Tahun Ini Ada Ratusan Ribu PNS Yang Bakal Dirumahkan

Pemerintah akan memberlakukan rasionalisasi PNS mulai tahun ini. Dalam roadmap, program ini akan dilakukan bertahap mulai 2016 hingga 2019.

Menurut Asisten Deputi (Asdep) Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program, dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagu‎naan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Bambang Dayanto Sumarsono, ada 1.369.539 PNS yang tersebar di pusat (445.821) dan daerah (923.718) menjadi sasaran rasionalisasi. Semuanya berada di posisi jabatan fungsional umum yang tidak mendukung organisasi.
Inilah Tahapan Kebijakan Rasionalisasi PNS

Inilah Tahapan Kebijakan Rasionalisasi PNS

Pemerintah tidak akan sembarangan menjalankan rencana program rasionalisasi jumlah PNS. Tahapan akan dilakukan secara cermat, dengan kajian mendalam agar kebijakan rasionalisasi mencapai tujuan yakni profesionalisme birokrasi.

Berikut tahapan-tahapan kebijakan rasionalisasi PNS, yang dirangkum dari keterangan Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja saat diwawancarai JPNN.
Inilah Resiko Bagi Siswa Yang Telat Ikut SNMPTN

Inilah Resiko Bagi Siswa Yang Telat Ikut SNMPTN

Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Humas ‎Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 Bambang Hermanto mewanti-wanti siswa yang dinyatakan memenuhi peringkat segera mendaftar. Ini untuk menghindari resiko gagalnya siswa mendaftar SNMPTN.

"Pengalaman tahun lalu, banyak siswa gagal daftar SNMPTN karena mendaftarnya di hari-hari terakhir," ujar Bambang kepada JPNN, Senin (7/3).

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved