Wednesday, 9 March 2016

Fantastis!, Kebutuhan PNS Mencapai Angka 1,8 Juta

Usulan kebutuhan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diajukan instansi pusat dan darah lewat e-formasi ternyata‎ sangat besar. Sesuai data e-formasi yang telah masuk per Februari 2016, kebutuhan akan pegawai baru mencapai 1,8 juta orang.

"Ini angka yang fantastis. Instansi pusat dan daerah‎ ternyata masih butuh PNS baru 1,8 juta orang. Bisa dibayangkan betapa gemuknya organisasi aparatur sipil negara (ASN)," terang Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja, Rabu (9/3).



Dia mengaku sangat terkejut melihat jumlah kebutuhan pegawai yang diajukan seluruh instansi. Bisa dipastikan anggaran belanja pegawai di APBN/APBD bisa meningkat bila usulan itu dipenuhi semua.

"Bagi saya ini jumlah yang tidak rasional. Ini kemungkinan karena organisasi terutama di instansi daerah melebar sehingga butuh pegawai banyak. Bisa juga akal-akalan pejabat pembina kepegawaian (PPK) untuk menyisipkan pendukung serta kerabatnya dalam kuota, seolah-olah daerah memang kekurangan pegawai," bebernya.

Untuk menguji kebenaran data yang diajukan masing-masing instansi, KemenPAN-RB akan mengeluarkan petunjuk teknis untuk melakukan audit organisasi serta pemetaan ASN

Sumber: jpnn

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved