Thursday, 10 March 2016

Mendikbud: UN Berbasis Komputer Hanya Untuk Sekolah Yang Sudah Siap

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menyatakan, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hanya diberlakukan untuk sekolah yang benar-benar sudah siap menyelenggarakannya.

"Kalau sekolah belum siap, belum boleh," ujarnya di Bangka Tengah, Bangka Belitung, Kamis (10/3).

Ia menjelaskan, UNBK hanya diberlakukan untuk lembaga pendidikan setingkat SMK dan sudah disampaikan ke seluruh daerah di Indonesia. Ia mengatakan, jika dikatakan seluruh daerah sudah siap bukan berarti seluruh sekolah memberlakukan UNBK. Hal itu berarti setiap provinsi diwakilkan sekolah tertentu untuk menggelar UNBK.



"Minimal satu sekolah di setiap provinsi ada yang sudah siap menyelenggarakan UNBK," ujarnya.

Terkait pengadaan komputer, Mendikbud meminta agar tidak disalahartikan. Komputer tersebut bukan untuk ujian, tetapi kebutuhan belajar mengajar. Ia mengatakan, komputer tersebut menjadi aset yang bisa digunakan secara kontinu untuk proses belajar dan mengajar siswa di SMK.

"Jangan salah asumsi. Itu bukan balanja komputer untuk ujian, tetapi belanja komputer untuk belajar. Manfaat pembelajaran berbasis komputer ini tentu lebih banyak, terutama teknik ujian dan pembelajaran lebih banyak pilihan dan tidak kalah penting ini teknik pembelajaran abad 21," ujarnya.

Sumber: republika

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved