Recent Post

Saturday, 5 March 2016
Guru Jual Ginjal Demi Sekolah

Guru Jual Ginjal Demi Sekolah

Seorang guru bernama Adi Supriadi di Samudrajaya, Kecamatan Tarumajaya, Bekasi berniat menjual ginjalnya dengan harga Rp 2 miliar. Namun, langkah tak lazim itu bukan dilakukannya karena terbelit masalah ekonomi.

Pak Guru Adi, begitulah ia disapa muridnya, melakukan hal tersebut untuk membantu nasib anak didik di sekolah terbuka yang dia dirikan sendiri, SMP Adi Supriadi Samudrajaya. Adi ingin memastikan semua muridnya bisa meneruskan pendidikan setelah lulus dari sekolah yang dia rintis sejak 2009 lalu.
Friday, 4 March 2016
Kemendikbud Akan Lakukan Penyelarasan Jurusan SMK

Kemendikbud Akan Lakukan Penyelarasan Jurusan SMK

 Direktur Jenderal Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Mustaghfirin Amin mengatakan pihaknya melakukan penyelarasan terhadap sejumlah jurusan di SMK.

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan berbagai penyelarasan. Sejumlah jurusan yang tidak lagi laku, akan ditutup," ujar Mustaghfirin di Jakarta, Jumat.
Pemda Boleh Ajukan Kuota CPNS Dengan Syarat,,

Pemda Boleh Ajukan Kuota CPNS Dengan Syarat,,

Pemerintah memperketat regulasi terkait penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Salah satunya pemda yang anggaran belanja pegawainya dominan atau lebih dari 50 persen tidak akan mendapatkan kuota CPNS baru.

Regulasi ini sejatinya bukan perdana diterapkan pemerintah. Pada rekrutmen CPNS 2014 lalu, pemerintah juga menjalankan kebijakan serupa.
INFO RESMI: Tahun Ini Ada Penerimaan CPNS

INFO RESMI: Tahun Ini Ada Penerimaan CPNS

Kabar baik bagi para peminat kursi CPNS. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) memastikan tetap akan ada penerimaan pegawai berjuluk abdi negara itu.

Asisten Deputi Bidang Kebijakan Pengadaan SDM KemenpanRB Arizal mengatakan, kebijakan moratorium selama lima tahun yang sebelumnya dilontarkan Presiden Joko Widodo, tak berlaku untuk formasi tertentu.
Ada Sinyal Penerimaan CPNS Tahun Ini

Ada Sinyal Penerimaan CPNS Tahun Ini

Pemerintah memberi sinyal akan ada penerimaan CPNS tahun ini, meski untuk formasi terbatas. Antara lain tenaga pendidikan, kesehatan, dan dari lulusan sekolah kedinasan.

Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo menyambut baik jika benar tahun ini ada pembukaan lowongan CPNS baru. 
Thursday, 3 March 2016
Ini Target Pemerintah Untuk Serifikasi SMK

Ini Target Pemerintah Untuk Serifikasi SMK

Pemerintah menargetkan 1.650 SMK rujukan mendapat sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi diberikan untuk meningkatkan kesiapan menghadapi persaingan kerja di era masyarakat ekonomi Asean (MEA).

"Sertifikasi ini sangat penting supaya lulusan SMK bisa bersaing dengan tenaga kerja asing. Apalagi sekarang kita telah memasuki era MEA yang sangat kompetitif," ujar Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Mustaghfirin Amin, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (3/3).
Pemerintah Tegaskan Sertifikasi SMK GRATIS,,

Pemerintah Tegaskan Sertifikasi SMK GRATIS,,

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membebaskan biaya sertifikasi profesi bagi SMK. Keputusan ini diambil sebagai bentuk kehadiran pemerintah pada peningkatan kualitas SMK. Dana sertifikasi diambil dari Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk siswa.

"Setifikasi ini gratis supaya tidak ada beban dari sekolah kepada siswa," ujar Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Mustaghfirin Amin, di Gedung Kemdikud, Jakarta, Kamis(3/3).

Mulai Juli, Sekolah Pakai K-13

Mulai Juli, Sekolah Pakai K-13

Pemerintah telah melakukan revisi kurikulum 2013 (K-13) mulai Januari 2015 hingga akhir Oktober 2015.

Revisi kurikulum 2013 dan konsekuensi perubahannya dilakukan berdasarkan masukan dari publik, para ahli dan pegiat pendidikan sehingga ada perbaikan pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) baik format maupun isinya.
Tuesday, 1 March 2016
Hanya 1,3 Juta Siswa yang Boleh SNMPTN

Hanya 1,3 Juta Siswa yang Boleh SNMPTN

SETELAH menuntaskan distribusi kuota pelamar, panitia SNMPTN 2016 memutuskan, hanya 1.362.849 siswa kelas XII yang boleh mendaftar SNMPTN. Tentu saja jumlah itu sangat sedikit jika dibandingkan dengan total data siswa SMA tingkat akhir yang masuk ke database panitia sejak pendaftaran dibuka Senin (29/2). Yakni sebanyak 2.069.709 siswa.

Nah, apabila semua siswa yang masuk kuota itu mendaftar, maka rekor pendaftaran SNMPTN selama ini terpecahkan.
Monday, 29 February 2016
Pemerintah Akan Batasi Penggunaan Hp di Sekolah

Pemerintah Akan Batasi Penggunaan Hp di Sekolah

Pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak akan membatasi penggunaan telepon genggam selama belajar, baik di sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas atau sederajat.

"Peraturan bersama ini disusun dengan pertimbangan bahwa penggunaan telepon genggam selama proses pembelajaran sangat mengganggu proses belajar dan mengajar, serta berdampak negatif bagi anak bila menggunakan telepon genggam secara berlebihan," kata Menteri PP dan PA Yohana Yembise dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (29/2).
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved