Recent Post

Saturday, 14 November 2015
Anak Usia Dini Akan Mendapatkan Kurikulum Bela Negara

Anak Usia Dini Akan Mendapatkan Kurikulum Bela Negara



Akhir-akhir ini hal yang sering mencuat dalam dunia pendidikan di indonesia adalah adalah Kurikulum Bela Negara yang akan diterapkan kedalam dunia pendidikan di indonesia.  Kurikulum ini tidak hanya menyasar kepada sekolah-sekolah SD, SMP maupun SMA. namun kurikulum ini nantinya juga akan diterapkan kejenjang pendidikan yang lebih rendah yaitu Anak Usia Dini.

Friday, 13 November 2015
Materi UKG Tidak Nyambung Dengan Mapel Guru

Materi UKG Tidak Nyambung Dengan Mapel Guru



Pelaksanaan UKG menyisakan pengalaman yang kurang baik disebagian peserta UGK. Bagaimana tidak, materi yang diujikan selama pelaksanaan UKG ada yang tidak sesuai dengan kompetensi Guru. Seharusnya UGK ini dilaksanakan dengan persiapan yang benar-benar matang. UKG ini kan menguji kompetensi seorang guru, bagaimana bisa diketahui kompetensinya jika materi yang di ujikan tidak sesuai dengan kompetensi jurusannya.

Ketua Serikat Guru Indonesia (SGI) Jakarta, Heru Purnomo menemukan berbagai persoalan dalam proses Uji Kompetensi Guru (UKG) di berbagai daerah. Salah satunya adalah ketidakcocokan antara materi uji dengan bidang mata pelajaran yang diampu guru.
101 Guru Akan Dikirim ke Malaysia dan Filipina

101 Guru Akan Dikirim ke Malaysia dan Filipina



Saat ini pemerintah akan mengirimkan Guru keluar negeri guna untuk mencukupi tenaga pendidik bagi rakyat Indonesia yang ada di luar negeri. Adapun Negara yang di tuju adalah Malaysia dan Filipina. Program ini merupakan kepekaan dan kepedulian pemerintah dalam bidang pendidikan khususnya warga Negara Indonesia yang berada di luar negeri.

Selain Tugas khusus yang mulia ini, nantinya akan ada tugas tambahan dimana Para Guru yang bertugas di luar negeri ini harus mampu membina para Guru dan calon Guru yang ada di kedua tempat tersebut.
Thursday, 12 November 2015
Bersiaplah!. Setelah UKG Akan Ada PKG

Bersiaplah!. Setelah UKG Akan Ada PKG



Menjadi Guru memanglah tidak mudah, banyak hal yang harus dilakukan seorang Guru. Beban dan tanggung jawab Guru memang berat. Namun demikian beban yang di tanggung Guru hendaklah jangan dijadikan beban hidup,  jadikanlah sebagai nilai ibadah dihadapan Tuhan. Menjadi seorang Guru haruslah bangga, karena Guru adalah penentu kemajuan suatu bangsa. Bangsa ini tidak akan maju jika tidak ada Guru. Tugas dan misi utama Guru adalah memberi keilmuan kepada Murid-muridnya, Guru dengan segenap kemampuannya harus mampu mewariskan keilmuannya kepada para murid. 

Wednesday, 11 November 2015
Berpetualangan Inspiratif Sambil Menyapa Negeriku. #MENYAPANEGERIKU.

Berpetualangan Inspiratif Sambil Menyapa Negeriku. #MENYAPANEGERIKU.



Suka Berpetualangan? atau punya ketertarikan di dunia pendidikan Indonesia? Acara ini tepat untukmu!

Kemristekdikti mengajak kamu untuk mengunjungi berbagai daerah di Tanah Air melalui kegiatan “Menyapa Negeriku”. Selama maksimal enam hari (disesuaikan dengan jadwal penerbangan dan lokasi), peserta kegiatan akan melihat langsung potret pendidikan Indonesia melalui petualangan seru dan mengasyikkan. Tidak hanya itu, peserta juga akan diajak berpartisipasi untuk berbagi inspirasi di wilayah yang dikunjungi, bisa dengan berbagi cerita maupun menularkan berbagai keahlian kepada masyarakat dan pelajar setempat.
Tuesday, 10 November 2015
Baru 5% Guru Yang Ikut UKG Online

Baru 5% Guru Yang Ikut UKG Online

Salah satu indikator guru yang prifesioanl adalah kompetensi dari guru itu sendiri.  kompetensi merupakan kemampuan guru dalam mata pelajaran yang di embannya. untuk menguji Kompetensi Guru itu sendiri pemerintah melalui Kemdikbud menyanangkan agar Para Guru untuk ikut dalam Ujian Kompetensi Guru. dalam pelaksanaannya, Kemdikbud menerapakn dua model Ujian. yaitu Online Maupun Paper test.

Uji Kompetesi Guru (UKG) yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) pada tanggal 9-27 November untuk menguji kemampun guru saat ini baru mencapai lima persen dari total 2.587.253 perserta UKG. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Surapranata mengatakan, UKG yang sedang berlangsung saat ini adalah dalam bentuk online. Sedangkan untuk yang paper test akan dilakukan setelah pelaksanan ujian online.
Ranking Pendidikan Indonesia di Dunia

Ranking Pendidikan Indonesia di Dunia



Peringkat Pendidikan Indonesia di Dunia

Anggaran pendidikan 20% yang di canangkan pemerintah belum dapat mempengaruhi kualitas yang signifikan terhadap pendidikan di Indonesia. Anggaran yang segitu besar seharusnya mampu membangkitkan kualitas pendidikan di Indonesia yang kemudian dipandang dunia bahwa Indonesia memiliki pendidikan yang baik dan berkualitas. tentu banyak faktor yang mempengaruhi mengapa indonesia dalam dunia pendidikan di pandang dunia masih peringkat rendah
Monday, 9 November 2015
Strategi dan Cara Guru Meningkatkan Hasil UN Siswa

Strategi dan Cara Guru Meningkatkan Hasil UN Siswa

  Disadari atau tidak, hingga saat ini UN masih menjadi momok yang menakutkan bagi para siswa sekolah, baik sekolah dasar, menengah maupun atas. meski kebijakan pemerintah saat ini memberlakukan bahwa UN bukan satu-satunya penentu kelulusan namun trauma masa lalu masih melekat pada diri siswa. pada dasarnya tugas agar siswa ini mampu lulus dalam UN adalah tugas seorang Guru. Guru mempunyai tanggung jawab yang besar demi untuk meluluskan para murid-muridnya, disamping siswa pun harus giat dalam belajarnya dirumah.
Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Ini Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS



Menjadi PNS merupakan idaman bagi setiap atau kebanyakan rakyat indonesia, terlebih bagi mereka yang berstatus Guru atau staff di instansi pemerintahan. hal ini dibuktikan dengan membludaknya para pendaftar CPNS di negeri ini. dari sekian banyaknya pendaftar padahal hanya nol koma sekian persen saja saja yang diterima.

Menjadi seorang PNS tidaklah mudah, saingan yang cukup banyak dan posisi pekerjaan yang ditawarkan juga sedikit menjadi sebuah dilema bagi para pencari kerja untuk mendapatkannya, bahkan kabarnya ada juga yang rela membayar ratusan juta untuk menyandang status PNS. Meski begitu, ada beberapa alasan kuat kenapa banyak orang di Indonesia masih tetap ingin menjadi seorang PNS. Berikut ulasannya :
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved