Recent Post

Wednesday, 20 January 2016
Versi Dapodik 2016 Telah Dirilis

Versi Dapodik 2016 Telah Dirilis

Versi Dapodik Terbaru Semester 2 Tahun Ajaran 2015 2016 Telah Rilis

Yth dinas pendidikan prov/kabkota dan seluruh kepala sekolah setanah air.

Kami informasikan bahwa dalam rangka pemutakhiran data dapodik untuk semester 2 tahun ajaran 2015/2016 segera dimulai dengan menggunakan aplikasi versi terbaru, yaitu dapodik versi 4.1.0 untuk jenjang dasar (SD, SMP, SLB) yang dapat diakses di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapodik versi 8.3.0 untuk jenjang menengah (SMA dan SMK).

Mendikbud: Teknologi Jadi Solusi Ketimpangan Pendidikan

Mendikbud: Teknologi Jadi Solusi Ketimpangan Pendidikan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, mengatakan teknologi menjadi solusi untuk menyelesaikan permasalahan ketimpangan pendidikan di Tanah Air.

"Kemajuan teknologi menjadi solusi membereskan ketimpangan termasuk pendidikan," ujar Anies di Jakarta, Rabu.
Sekjen FSGI: Jangan Salahkan Guru Jor-joran Latih Siswa

Sekjen FSGI: Jangan Salahkan Guru Jor-joran Latih Siswa

Layanan Aplikasi Tryout Ujian Nasional (ATUN) secara resmi dihentikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Pemicunya aplikasi yang tersedia secara online ini justru dipakai latihan yang berlebihan oleh para guru kepada anak-anak SMA/SMP tingkat akhir.
Bukti Kegagalan Silabus dan Kurikulum

Bukti Kegagalan Silabus dan Kurikulum

Walikota Pontianak Sutarmidji mengkaitkan menyebarnya ormas Gafatar dengan dunia pendidikan. 

Menurutnya, munculnya aliran menyimpang ini menjadi pelajaran bagi seluruh guru agama. Ia berharap, proses belajar-mengajar  jangan hanya berpatokan pada silabus atau kurikulum.
Tuesday, 19 January 2016
Kemendikbud Hentikan Aplikasi Try Out UN

Kemendikbud Hentikan Aplikasi Try Out UN

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menghentikan aplikasi Try Out Ujian Nasional (Atun). Menurut Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kemendikbud, Nizam, penghentian ini dilakukan untuk sementara.

Menurut Nizam, penghentian ini dilakukan agar anak-anak bisa lebih berkonsentrasi belajar pada mata pelajaran saja. “Itu kita hentikan sementara agar anak-anak tidak seperti bimbingan belajar yang di-drill (belajar untuk soal tertentu). Jadi kita harapkan mereka bisa membiasakan diri belajar yang tidak di-drill,” ungkap Nizam kepada wartawan, Selasa (19/1).



Aplikasi Atun merupakan sarana yang disediakan Kemendikbud untuk try out UN SMA. Pada aplikasi ini terdapat latihan soal dan penjelasannya. Aplikasi ini sebelumnya di-desain untuk perangkat handphone dan dapat diakses langsung dengan alamat website http://atun.m-edukasi.kemdikbud.go.id.

Nizam menerangkan, UN SMA/sederajat akan dilaksanakan pada 4 April. Sementara perserta didik SMP/sederajat akan diselenggarakan pada 7 Mei 2016.

Sumber: republika

Monday, 18 January 2016
Hasil Rakornas Forum Honorer Kategori Dua Indonesia (FHK2I)

Hasil Rakornas Forum Honorer Kategori Dua Indonesia (FHK2I)

Rapat koordinasi nasional (Rakornas) Forum Honorer Kategori Dua Indonesia (FHK2I) yang berlangsung di Palembang sejak 15 sampai 16 Januari menghasilkan beberapa keputusan.

Salah satu keputusannya adalah menuntut pemerintah segera menerbitkan payung hukum pengangkatan honorer K2 menjadi CPNS, bulan ini juga. Jika tidak, honorer K2 akan melakukan aksi demo lagi.
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved