Recent Post

Tuesday, 30 December 2014
no image

Tujuan dan Fungsi Supervisi Pendidikan

Tujuan dan Fungsi Supervisi Pendidikan

Dalam buku pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan (2000: 11) disebutkan bahwa tujuan supervisi pendidikan adalah perbaikan dan perkembangan proses belajar mengajar secara total, ini berarti bahwa tujuan supervisi tidak hanya memperbaiki mutu guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru dalam arti luas termasuk di dalamnya pengadaan fasilitas­fasilitas, pelayanan, kepemimpinan dan pembinaan human relation yang baik kepada semua pihak yang terkait.
no image

Definisi Supervisi Menurut Para Pakar



Definisi Supervisi Menurut Para Pakar

Pengertian supervisi identik dengan pengawas memang tidaklah merupakan suatu kesalahan yang sangat besar, karena aktivitas mengawasi merupakan bagian kecil dari proses supervisi itu sendiri. Hanya perlu ditegaskan bahwa proses supervisi bukan hanya mengawasi suatu proses pekerjaan saja, tapi meliputi semua kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian suatu tujuan, seperti mengkoordinir, membimbing, memotivasi, memimpin, mengoreksi, dan banyak lagi.
no image

Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Sebagai Supervisor




Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Sebagai Supervisor

Tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah sebagai supervisor (Hendiyat Soetopo dan Wasty 1998 : 42) bertugas mengatur seluruh aspek kurikulum yang berlaku di sekolah agar

dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan target yang telah ditentukan. Adapun aspek-aspek kurikulum tersebut, meliputi :
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved