Recent Post

Tuesday, 30 December 2014
no image

Tujuan dan Fungsi Supervisi Pendidikan

Tujuan dan Fungsi Supervisi Pendidikan

Dalam buku pedoman pelaksanaan supervisi pendidikan (2000: 11) disebutkan bahwa tujuan supervisi pendidikan adalah perbaikan dan perkembangan proses belajar mengajar secara total, ini berarti bahwa tujuan supervisi tidak hanya memperbaiki mutu guru, tetapi juga membina pertumbuhan profesi guru dalam arti luas termasuk di dalamnya pengadaan fasilitas­fasilitas, pelayanan, kepemimpinan dan pembinaan human relation yang baik kepada semua pihak yang terkait.
no image

Definisi Supervisi Menurut Para Pakar



Definisi Supervisi Menurut Para Pakar

Pengertian supervisi identik dengan pengawas memang tidaklah merupakan suatu kesalahan yang sangat besar, karena aktivitas mengawasi merupakan bagian kecil dari proses supervisi itu sendiri. Hanya perlu ditegaskan bahwa proses supervisi bukan hanya mengawasi suatu proses pekerjaan saja, tapi meliputi semua kegiatan yang berkaitan dengan pencapaian suatu tujuan, seperti mengkoordinir, membimbing, memotivasi, memimpin, mengoreksi, dan banyak lagi.
no image

Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Sebagai Supervisor




Tugas dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah Sebagai Supervisor

Tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah sebagai supervisor (Hendiyat Soetopo dan Wasty 1998 : 42) bertugas mengatur seluruh aspek kurikulum yang berlaku di sekolah agar

dapat berjalan dengan lancar dan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan target yang telah ditentukan. Adapun aspek-aspek kurikulum tersebut, meliputi :
Monday, 29 December 2014
10 Fakta Tentang Kentut

10 Fakta Tentang Kentut





10 Fakta Tentang Kentut

Kentut, mendengar kata itu mungkin yang terbenak dalam pikiran anda adalah "jorok", kentut merupakan gas yang terbuang dari sisa makanan yang kita konsumsi, jadi bau tidaknya kentut juga terpengaruhi oleh makan-makanan yang kita konsumsi.

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang kentut yang sebaiknya Anda ketahui, seperti dilansir oleh Women's Health Mag .












1. Kentut yang tak berbau biasanya terjadi karena seseorang menelan udara ke dalam sistem pencernaannya.

2. Makanan sehat seperti brokoli, kembang kol, dan almond yang mengandung banyak sulfat menyebabkan bau kentut yang semakin busuk. Zat dalam sulfur yang bernama mercaptans, biasanya terdapat dalam daging dan produk susu, juga bisa menyebabkan bau kentut tak sedap.

3. Rata-rata orang kentut 10 kali dalam sehari.

4. Dalam waktu 24 jam, satu orang bisa mengeluarkan lebih dari dua liter gas kentut.

5. Kentut berlebihan bisa mengindikasikan masalah pada usus dan lambung, seperti intoleransi gluten dan produk susu.

6. Pria lebih sering kentut dibandingkan wanita. Kemungkinan karena mereka makan lebih cepat dibandingkan wanita.

7. Mengunyah permen karet atau mengisap permen bisa membuat Anda lebih sering kentut, berdasarkan American College of Gastroenterology.

8. Sering melihat kentut yang bisa terbakar ketika disulut api? Itu memang benar-benar bisa terjadi.

9. Semakin besar kotoran yang keluar saat buang air besar, semakin pelan juga suara kentut yang keluar. Orang yang memiliki lubang anus besar juga biasanya memiliki suara kentut yang lebih pelan.

10. Kekuatan otot sphincter pada anus menentukan seberapa baik Anda bisa menahan kentut.

itulah beberapa fakta tentang kentut, namun perlu anda ketahui bahwa kentut itu sehat, jadi meski dapat mengganggu tapi anda juga tidak boleh menahan kentut terlalu sering.
8 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan

8 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan

 



8 Manfaat Bernyanyi Bagi Kesehatan

bernyanyi merupakan hoby yang begitu menyenangkan, kita semua mungkin pernah bernyanyi atau bahkan mungkin anda adalah seorang penyanyi, selain karena hanya sekedar hiburan, bernyanyi ternyata juga memiliki banyak manfaatnya, yuk mari kita intip apa saja manfaat dari bernyanyi!

berikut beberapa manfaat dari bernyanyi;





Meningkatkan energi
Saat Anda bernyanyi, maka tubuh Anda akan melepaskan hormon endorfin yang bisa membuat Anda lebih bersemangat dan berenergi.

Menyehatkan paru-paru
Bernyanyi mampu menyehatkan dan menguatkan paru-paru Anda sebab terjadi kontraksi otot.

Menguatkan otot
Bernyanyi akan merangsang sirkulasi dalam tubuh serta meremajakan otot perut Anda terutama diafragma.

Menjaga suara tetap ceria
Bernyanyi merupakan cara yang baik untuk latihan pita suara dan menjaga suara Anda agar tetap nyaring dan jernih.
Saat bernyanyi, maka postur tubuh Anda akan tertata. Punggung dan bahu menjadi lurus yang berdampak pada perbaikan postur tubuh.

Meningkatkan suasana hati
Bernyanyi mampu menghilangkan stres sebab ketika Anda bernyanyi maka oksigen akan masuk ke dalam darah Anda dan kemudian memberikan sinyal pada otak untuk melepaskan hormon endorfin. Sehingga mood atau suasana hati Anda akan meningkat.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Karena saat bernyanyi, sirkulasi darah dalam tubuh Anda meningkat maka akan terjadi oksidasi sel karena proses ini. Hasilnya imunoglobulin A dan sel T dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi ringan akan meningkat.

Menyembuhkan insomnia
Anda sering merasa sebal karena insomnia tak kunjung sembuh? Cobalah untuk bernyanyi. Stres yang hilang karena bernyanyi akan membuat Anda segera memejamkan mata.

Menyehatkan otot wajah
Selain menguatkan otot perut, bernyanyi juga membantu Anda untuk menguatkan otot wajah yang pada gilirannya akan membuat wajah Anda terlihat awet muda.

Entah hanya sekedar bergumam atau bernyanyi dengan suara lantang, ternyata bernyanyi memberikan manfaat besar untuk kesehatan tubuh. so,, jangan malu-malu untuk bernyanyi ya?
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved