Saturday, 12 December 2015

Orang Tua dan Tanggung Jawabnya

    Orang tua adalah orang yang di tuakan terdiri dari ayah dan ibu. . disamping itu, orang tua merupakan komponen dari suatu keluarga yang telah melalakukan suatu pernikahan yang sah. Orang tua adalah komponen keluarga yang terdiri dari ayah dan ibu dan merupakan hasil dari sebuah ikatan perkawinan yang sah yang dapat membentuk sebuah keluarga.  Disisi lain orang tua memiliki  tanggung jawab yang besar terhadap perkembangan anak, bagaimana kehidupan anak kelak tergantung dari apa yang diperbuat orang tuanya, berikut adalah tanggung jawab orang tua terhadap anak: 




 









a.    Orang tua adalah pemimpin anak

       Anak adalah amanah yang dititipkan oleh Allah kepada orang tuanya untuk dibesarkan, dirawat dan dididik dengan sebaik-baiknya, dengan kata lain orang tua adalah seorang pemimpin untuk memimpin anak-naknya dalam kehidupan di dunia ini. Seorang pemimpin yang bertugas mengarahkan anak-anaknya ke suatu perbuatan yang baik.

b.    Kasih sayang

Anak adalah tempat orang tua mencurahkan kasih sayang. 

c.    Memberi nama yang baik

Pada umumnya orang memberi nama yang baik terhadapa anaknya, misalnya yang berisi doa, pengharapan, mengandung makna yang baik, atau nama seseoarang yang memiliki riwayat hidup yang baik, missal nama nabi, sahabat, pejuang atau tokoh yang banyak dikenang masyarakat.

d.    Memberikan dasar-dasar pendidikan akhlak

Penanaman akhlak pada seorang anak idealnya dimulai sejak masa kanak-kanak, agar lebih melekat kuat pada diri anak. Pembiasaan akhlak yang baik dalam keluarga sejak dini akan menjadi filter pengaruh nilai-nilai diluar rumah.  Penanaman akhlak hendaknya dimulai dari orang tua itu sendiri, misal, orang tua selalu memberikan teldan terhadap anak dengan bertutur kata dan berprilaku yang baik, sopan santun, tidak berprilaku kasar, menghormati tamu, berpakaian rapi, bagaiman cara duduk, cara bersikap kepada orang lain dan tentu masih banyak yang lain. Hal-hal demikian adalah merupakan dasar bagi pembentukan akhlak anak, perbuatan orang tua tanpa disadari didikuti oleh anak. 

e.    Memberikan pengajaran tulis baca

Yang dimaksud dengan pengajaran tulis baca adalah mengajari tulis baca kepada anaknya dalam arti sesungguhnya, disamping berarti menyekolahkan anak untuk lebih mengembangkan potensi anak. Kemampuan tulis baca merupakan dasar pengembangan intelektualitas anak.

f.    Memberi rezeki yang halal

Orang tua hendaknya member rezeki yang halal terhadapa anaknya. Jika seseorang senang mengkonsumsi makanan yang haram atau makanan yag dibeli dengan uang yang haram, maka perilakunya akan cendrung kea rah negatif.

g.    Menikahkan anak bila telah ketemu jodoh

Menikahkan anak merupakan kewajiban orang tua. Terhadap segala sesuatu yang menyangkut pernikahan anak, hendaknya orang tua tidak melepas tangan, melainkan dapat berperan lebih aktif sehingga dapat memberikan pertimbangan-pertimbangan yang sekiranya bermanfaat bagi anak.

Demikian di atas adalah beberapa tanggung jawab orang tua terhadap anak yang harus dilakukan, orang tua yang menginginkan anaknya tumbuh besar dengan diiringi oleh perilaku yang baik tentu harus dimulai dari dalam diri orang tua itu sendiri, karena apa yang dilakukan orang tua itu akan dapat  memberi pengaruh terhadap kehidupan anak kelak, orang tua tidak dapat lepas tangan begitu saja dalam membina anak, anak adalah tumpuan hidup dimasa depan, jika anak tumbuh dengan perilaku yang durhaka maka akibat yang akan dialami bukan hanya kepada anak, tetapi kepada orang tua itu sendiri.




0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved