Friday, 18 December 2015

Inilah Sekolah Paling Jujur Saat UN

UN masih dianggap sebagai momok yang sangat menakutkan bagi para siswa. Pasalnya UN adalah satu-satunya cara untuk menentukan lulus atau tidaknya para siswa semester akhir.

Karena beban inilah yang tak jarang membuat siswa melakukan berbagai hal agar dapat lulus sekolah, bahkan dengan cara-cara yang curang pun mereka rela melakukannya demi kelulusannya dan bahkan ada pihak sekolah yang membantu para siswa dalam menjawab soal-soal UN agar para siswanya dapat lulus UN. 


Namun demikian, ternyata tak semua sekolah melakukan hal seperti itu, ada pula sekolah yang benar-benar jujur, salah satunya adalah SMAN 1 Baubau, Sulawesi Tenggara.

Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), memperoleh penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo sebagai sekolah berintegritas yang memiliki indeks kejujuran paling tinggi kategori nasional.

Kepala SMA Negeri 1 Baubau Sartati di Baubau, Jumat menuturkan, pihaknya telah menerima undangan pelaksanaan penerimaan penghargaan yang akan dilaksanakan di Istana Negara pada 20-22 Desember 2015 itu.

"Awalnya kurang yakin karena sekolah kami selama ini masih menjadi pemberitaan media massa bahwa merupakan sekolah terpuruk. Namun setelah saya konfirmasi kepada pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ternyata benar undangan itu," ujarnya.

Sartati mengatakan, penghargaan kepada SMA Negeri 1 Baubau yang merupakan satu-satunya sekolah di Sultra itu merupakan wujud pemberian apresiasi kepada sekolah yang berintegritas. 

Menurut dia, kategori penilaian penghargaan tersebut di antaranya indikator mutu pendidikan setiap sekolah, dan pelaksanaan ujian nasional tahun 2015 yang memiliki indeks kejujuran yang paling tinggi dalam kategori nasional.

"Walaupun ada segelintir orang yang menilai SMA Negeri 1 Baubau terpuruk, tapi penghargaan ini tidak turun begitu saja kalau tidak didasari kerja keras para guru dan siswa, termasuk dukungan Pemerintah Kota Baubau, khususnya Dinas Pendidikan," ujar Sartati.

Dia juga menyampaikan, pada 2015 sekolahnya mewakali Sultra pada olimpiade sains mata pelajaran kebumian dan geografi yang dilaksanakan di Jogjakarta, dan kegiatan festival lomba seni siswa nasional (FSL2N) dalam bidang menyanyi solo di Palembang. Prestasi lainnya, siswa-siswi SMA Negeri 1 Baubau juga pernah mewakili Sultra kegiatan olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) bidang karate.

"Selain itu, sekolah kami juga mengikuti lomba kegiatan empat pilar dan meraih juara dua dalam bidang senam kreasi nasional. Ini semua tidak terlepas berkat kerja keras guru-guru yang berpotensi pada saat penjaringan," katanya.

Semoga sekolah ini dapat memotivasi sekolah lain agar dapat berperilaku jujur.

Sumber: okezone


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved