Tuesday, 15 December 2015

HEBAT: Pelajar Indonesia Mengukir Prestasi Tingkat Dunia

Setelah sukses menyabet emas di olimpiade Sains dan catur dunia, pelajar SMP Indonesia mengukir prestasi lagi. Dengan gemilang siswa-siswi SMP terbaik Indonesia menyabet lima medali emas, enam medali perak dan sembilan medali perunggu di kompetisi International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 yang digelar dari tanggal 10 sampai 14 Desember 2015 di Sungai Petani, Kedah, Malaysia.

Kompetisi dua tahunan ini mencetak prestasi yang luar biasa bagi siswa SMP di kancah Internasional.
Direktur Pembinaan SMP Ditjen Pendidikan Dasar Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Supriano‎ mengungkapkan, tahun ini perjuangan tim Indonesia SMP di bidang matematika membuktikan prestasi gemilang di Malaysia.

“Saya gembira karena 15 siswa kita sukses menoreh prestasi internasional dengan membawa lima emas bagi Indonesia. Selain itu enam perak, dan sembilan perunggu," kata Supriano di Jakarta, Senin (14/12).

Kompetisi Internasional diikuti 160 peserta yang terbagi menjadi 40 tim dari 11 negara sebagai berikut Bulgaria, Indonesia, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Phillipina, Rusia, Srilanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Para peserta mendapatkan dua tes yang meliputi individual test and team contest. Semua peserta harus berpartisipasi dalam kedua tes tersebut.

Individual test terdiri atas  12 pertanyaan dengan jawaban singkat dan tiga pertanyaan dengan jawaban terurai dengan solusi. Untuk team contest berjumlah 10 pertanyaan. Team contest ini dikerjakan oleh empat siswa per tim. Delapan pertanyaan dikerjakan per siswa tanpa saling diskusi selama 35 menit. Dua pertanyaan diperbolehkan dikerjakan bersama selama 15 menit.

Para peserta yang memperoleh lima medali emas pada ITMO 2015 yakni untuk kategori individual test adalah Irfan Urane Azis (SMPN 2 Depok, Jawa Barat), Hardyansel Kesuma (SMPK St. John, Banten), Valentino Dante T (SMPK Petra 3, Jawa Timur), Claudeon Reinard S. (SMP PL Domenico Savio, Jawa Tengah). 

Untuk kategori group award mendapatkan medali emas yakni Tim INA C (Irfan Urane Azis, Hardyansel Kesuma, Lucia Tirta Gunawan, Radian).

Sumber: jpnn


0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved