Friday, 6 March 2015

PERANAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK PADA GURU PAI DI SMP NEGERI I SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR.

A.    Latar Belakang Masalah
Kegiatan pengajaran dan pendidikan di sekolah akan berhasil, jika semua unsur yang terkait di dalamnya dapat bekerja sama atau menjadi tim kerja (team working) yang solid untuk mencapai tujuan sekolah. Hal ini kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas profesional kinerja kepala sekolah dan Guru PAI. Oleh karena itu usaha Kepala Sekolah dalam   meningkatkan kemampuan profesional Guru dalam proses pembelajaran di SMP Negeri I Sangatta Utara sangat dominan,
dan perlu secara terus menerus mendapatkan perhatian dan bantuan profesional dari penanggung jawab pendidikan. Peningkatan kemampuan profesional ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh kepala Sekolah dan Guru dengan kemauan dan usaha mereka sendiri.

Usaha untuk menjamin kualitas layanan belajar tetap terjaga, maka supervisi menjadi hal yang penting dalam memberikan bantuan kepada Guru. Istilah supervisi pendidikan sudah cukup lama dikenal dalam dunia pendidikan di Indonesia. Pengertian supervisi pendidikan pada umumnya mengacu pada usaha perbaikan situasi belajar dan mengajar.
 Supervise pendidikan menurut Neagley adalah setiap layanan kepada Guru-guru bertujuan menghasilkan perbaikan instruksional, layanan belajar, dan pengembangan kurikulum[1].
Dari uraian supervisi dia atas, maka penulis dapat mengamati kepala sekolah SMP Negeri I Sangatta Utara dalam merumuskan visi dan misi sekolah. Dan melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan sekolahnya, serta terbiasa melakukan pengawasan tentang pengelolaan kurikulum, kepegawaian, sarana dan prasarana, keuangan, dan hubungan sekolah dengan masyarakat dengan cara yang demokratis. Karena Kualitas dan produktifitas pemimpin harus mampu memperlihatkan perbuatan profesional yang bermutu.
Chaplin (1989) mengemukakan kemampuan (competence) adalah kelayakan untuk melaksanakan tugas, keadaan mental memberikan kualifikasi seseorang untuk berwewenang dan bertanggung jawab atas tindakannya atau perbuatannya[2].

Keberhasilan sekolah pengelolaannya ditentukan oleh kemampuan kepala sekolahnya, yaitu melakukan pengorganisasian secara sistematis, dan komitmennya terhadap perbaiakan pengelolaan sekolah dalam wewenangnya dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin.
Kepemimpinan bukanlah serangakaian kompetensi yang dibuat oleh seseorang, melainkan pendekatan atau cara kerja dengan manusia dalam suatu organisasi untuk menyelesaikan tugas bersama dan tanggung jawab bersama. Kemampuan memahami kondisi yang demikian ini bagi kepala sekolah amat penting artinya, yaitu kemampuan melihat secara tajam apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki pelaksanaan pendidikan di Sekolah.
Supervisi tidak terjadi begitu saja, oleh karena itu dalam setiap kegiatan supervisi terkandung maksud-maksud tertentu yang ingin dicapai dan hal itu terakumulasi dalam tujuan supervisi. Tujuan dapat berfungsi sebagai arah atau penuntun dalam melaksanakan supervisi, tujuan supervisi berkaitan erat dengan tujuan pendidikan di sekolah sebab supervisi pada dasarnya dilaksanakan dalam rangka membantu pihak sekolah (Guru-guru) agara dapat melaksanakan tugasnya secara lebih baik sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan bisa tercapai secara optimal.
Menurut Feter F. Oliva tujuan supervise adalah (1) membantu guru dalam mengembangkan proses kegiatan belajar mengajar, (2) membantu Guru dalam menerjemahkan dan mengembangkan kurikulum dalam proses belajar mengajar, dan (membantu sekolah (Guru) dalam mengembangkan staf[3].

 Berdasarkan pandangan di atas dapat dipahami bahwa secara umum tujuan supervisi yaitu membantu Guru dalam mencapai tujuan pendidikan, membimbing pengalaman mengajar Guru, memenuhi kebutuhan-kebutuhan belajar siswa, membina moral kerja, menyesuaikan diri dengan masyarakat dan membina sekolah yang di pimpinnya. Supervisi yang dilakukan di SMP Negeri I Sangatta Utara yaitu supervisi akademik, dalam penjabaran supervisi klinis untuk menangani perbaikan-perbaikan pembelajaran.
DOWNLOAD File lengkapnya di SINI

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved