Recent Post

Saturday, 20 December 2014
Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan

Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan



Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan
 
Bagi anda yang memiliki hubungan harmonis dengan pasangan boleh bersorak jika mendengar kabar ini. Mulai dari menangkal flu sampai mencegah depresi, penelitian menunjukkan bahwa jatuh cinta baik untuk kesehatan dan bahkan membuat umur anda lebih panjang. namun disisi lain cinta juga memiliki dampak buruk, baca juga Waspada Terhadap Jatuh Cinta! , dengan catatan bahwa tidak terjadinya keharmonisan diantara kedua pasanagan. Yuk cari tahu apa saja manfaat cinta bagi kesehatan anda.

Mengurangi frekuensi berobat ke dokter
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sudah menikah jarang berobat ke dokter atau dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu lebih pendek dibandingkan mereka yang masih lajang. Salah satu teorinya adalah bahwa, sebagai manusia, kita berevolusi supaya hidup berdampingan bersama kelompok sosial dan hidup sendirian berakibat buruk bagi kesehatan.
Teori yang lebih praktis adalah pasangan kita pasti akan cerewet untuk urusan kesehatan kita sendiri.
Mencegah depresi
Orang-orang yang sudah menikah dan tinggal bersama biasanya jarang mengalami depresi. Hal tersebut tidak terlalu mengejutkan – mendapatkan dukungan dari orang yang dicintai saat membahas sejumlah hal, ternyata bisa membantu meringankan perasaan-perasaan negatif, sedangkan kesepian dan pengucilan sosial bisa mengakibatkan perasaan depresi.
Tekanan darah lebih rendah
Mereka yang pernikahannya bahagia memiliki tekanan darah paling rendah, setelah para jomblo, menurut para peneliti. Para jomblo dengan hubungan sosial yang baik memiliki tekanan darah yang sehat, tapi tidak sebaik mereka yang menjalin hubungan bahagia. Pantas saja, mereka yang menyatakan “pernihanannya tidak bahagia” memiliki tekanan darah paling tinggi dibandingkan semuanya.
Memerangi kecemasan
Jika menyangkut soal kesehatan, mencintai seseorang jauh lebih baik daripada “jatuh cinta.” Menggunakan pemindai MRI, sejumlah peneliti menemukan bahwa bagian otak yang berhubungan dengan cinta (bagian serupa yang merespons kokain), aktif dalam pasangan baru atau lama. Namun, mereka yang menjalani hubungan jangka panjang, aktif dalam bagian yang berhubungan dengan ikatan dan tidak begitu aktif dalam wilayah yang menghasilkan kecemasan.
Penghilang rasa sakit alami
Penelitian mengenai kecemasan juga menemukan bahwa pasangan bahagia yang sudah menjalin hubungan jangka panjang lebih siap dalam menghadapi rasa sakit. Bagian otak yang mengendalikan rasa sakit menunjukkan aktivas lebih besar dalam pasangan dibandingkan jomblo.
Mengatasi rasa nyeri
Dan ternyata memiliki hubungan bahagia juga membantu kita dalam menghadapi rasa sakit. Beberapa ilmuwan menguji 16 wanita menikah terhadap ancaman sengatan listrik. Ketika mereka menggenggam tangan suami mereka, respons dalam otak yang berhubungan dengan stres terlihat berkurang. Menariknya, semakin bahagia pernikahan mereka, semakin besar efeknya.
Cinta menghalau flu
Orang-orang yang sedang jatuh cinta memiliki sistem imun lebih kuat, jadi mereka lebih baik dalam menghalau flu. Mereka yang menyatakan diri mereka bahagia jarang jatuh sakit setelah terserang virus flu, dibandingkan dengan mereka yang kesepian atau depresi, kata beberapa peneliti.
Cinta menyembuhkan
Penelitian lainnya menunjukkan keterkaitan antara hubungan yang penuh kebahagiaan dan kemampuan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Peneliti menguji relawan yang mengalami luka dan menemukan bahwa mereka yang hubungannya bahagia sembuh lebih cepat dua kali lipat dibandingkan mereka yang hubungannya tidak bahagia.
Panjang umur
Pasangan yang menikah 58 persen berumur lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang belum pernah menikah, menurut sebuah penelitian delapan tahun. Mengapa? Pernikahan menghadirkan dukungan, keuntungan finansial dan membantu mencegah kesepian – dan untuk banyak orang, memberikan anak-anak yang juga memberikan cinta dan dukungan.
Cinta dalam kehidupan Anda
Belum menemukan pasangan yang cocok? Jangan khawatir. Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan baik dengan teman-teman dan keluarga, atau memiliki hewan peliharaan, bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda.
Waspada Terhadap Jatuh Cinta!

Waspada Terhadap Jatuh Cinta!




Waspada Terhadap Jatuh Cinta!
 
Menghabiskan waktu sendiri tanpa adanya pasangan tentu tak diinginkan semua orang. Untuk itulah Tuhan menganugerahkan cinta, untuk membuat manusia saling mengerti dan memahami. Baca juga Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan
Namun, memiliki pasangan juga bisa membawa efek buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa contoh, dikutip dari Health.com.

Berat badan naik
Sebuah riset yang dilakukan pada 2012 menunjukkan bahwa rata-rata pasangan yang menikah pada tahun itu, mengalami kenaikan berat badan dan segera turun ketika mengalami perceraian. Namun, hal ini berseberangan dengan pendapat Troiani, yang menjelaskan bahwa, "Pasangan yang bahagia akan saling memberikan motivasi agar lebih sehat, dan tidak sembarangan makan."
Sebaliknya, menurut dia, pasangan yang hubungannya berakhir, rasa sedih dan kecewa akan memunculkan kebiasaan makan lebih agresif serta masalah tidur yang membuat berat badan melonjak.

Pemicu stres
Ketika Anda bertengkar dengan pasangan, tak jarang perasaannya terbawa ke lingkungan sekitar. Perangainya akan lebih pendiam, murung dan risau memikirkan hubungan Anda yang tak karuan. Hal tersebut semakin lama membuat Anda stres dan berat karena cinta.

Tekanan darah naik
Stres yang dipicu pertengkaran dalam rumah tangga kemudian bisa saja memicu dampak lebih parah, salah satunya naiknya tekanan darah yang bisa sebabkan penyakit darah tinggi bahkan stroke.

Masalah tidur
Penelitian lain yang dilakukan pada pasangan yang menikah ialah bahwa pasangan yang tinggal serumah dan tidur di satu ranjang akan mengalami gangguan pada tidur, seperti insomnia. "Aktivitas tidur setiap orang pasti berbeda-beda. Jadi, jika mereka harus berbagi tempat tidur, pasti akan merasa terganggu," ujar salah satu peneliti yang melaksanakan penelitian pada 2005 ini.

Sakit hati
Hal yang paling banyak mendapat dampak buruk ialah perasaan. Hubungan dengan pasangan yang berakhir di tengah jalan, pasti akan menimpulkan sakit hati, bahkan dendam. Sakit hati yang dirasakan bisa memicu perilaku yang membahayakan kesehatan, seperti minum alkohol, melahap makanan tak sehat, dan perilaku buruk lainnya.

Friday, 19 December 2014
Dampak positif facebook bagi Kita

Dampak positif facebook bagi Kita

Dampak positif facebook bagi Kita

tidak diragukan lagi bahwa begitu banyak dampak positif facebook bagi kita, dari hanya sekedar mencari teman, facebook juga dapat dijadikan sebagai alat promosi bagi usaha/bisnis kita, meski banyak dampak psitifnya, alangkah baik anda juga harus mengetahui dampak negatif Dampak Negatif Facebook Bagi Kita.
berikut beberapa dampak positif bagi pengguna facebook;


  1. Mendapatkan teman yang banyak. 
hasil pantauan saya, para pengguna facebook rata-rata memiliki teman sebanyak 500 hingga ribuan pertemanan di facebook, ini membuktikan bahwa melalui facebook kita dapat mempunyai banyak teman
    2. Mempermudah berkomunikasi dengan kerabat di tempat yang jauh.
      tidak salah lagi, bahwa komunikasi bisa terjalin meski jarak dan waktu memisahkan kita, teman-teman jauh yang mungkin lama sudah tidak bertemu melalui facebook komunikasi masih bisa terjalin, sebagian besar komunikasi antar tatap muka hanya dilakukan ketika jam kerja atau sekolah/kuliah saja, bagi kita yang jarang keluar rumah komunikasi ini tetap bisa berjalan meski kita tidak bertatap muka langsung
        3. Mendapatkan info-info tertemtu dengan mudah.
          fasilitas group facebook memberi manfaat bagi kita sebagai sarana informasi, baik informasi di sekolahan, perkuliahan atau tempat kerja

            4. Mendapatkan tali persaudaraan Sebagai tempat diskusi Sebagai sarana untuk promosi.
              selain beranda depan halaman facebook kita, sarana yang dapat dimaksimalkan untuk sarana promosidan  jual beli barang   dapat dilakukan melalui fasilitas group yang kita buat, menurut saya facebook sebagai sarana promosi yang sangat efektif, dan hal ini saya alamai pribadi.

              demikian beberapa manfaat facebook bagi kita.
              Dampak Negatif Facebook Bagi Kita

              Dampak Negatif Facebook Bagi Kita






              Dampak Negatif Facebook Bagi Kita

              Tuhan menciptakan segala sesuatu di bumi ini tidak terlepas dari ke dua sisi, anggapan pepatah ini sangat benar adanya, segala aktifitas kehidupan di dunia ini memang pada dasarnya tidak terlepas dari dua sisi, ada baik tentu ada jahat, ada benar tentu ada salah, ada pintar juga ada bodoh, begitu seterusnya. hal ini juga terjadi bagi para pengguna facebook. facebook sebagai salah satu sarana komunikasi lewat dunia maya mempunyai dampak positif silahkan baca Dampak positif facebook bagi Kita maupun dampak negatif, berikut ulasan dampak negatif facebook bagi kita.


              Sepuluh tahun yang lalu, dunia internet sedang ngetrend dengan istilah chating. Istilah ini biasanya mengacu pada aktivitas mengobrol di dunia maya menggunakan program chating yang ramai pada tahun-tahun itu. Kemudian muncul situs jejaring sosial yang cukup fenomenal waktu itu, Friendster. Friendster ternyata tidak bertahan lama, kemunculan Facebook membuat pamor Friendster menurun. Hal ini diduga karena situs yang mulai beroperasi pada tahun 2004 itu melakukan inovasi dengan menggabungkan konsep jejaring sosial dan chating. Facebook kemudian menjadi semakin populer. Semakin berjalan waktu, Facebook dirasa memiliki kecendurungan adiktif bagi penggunanya. Pengguna seolah-olah tidak sadar akan dampak negatif facebook bagi kehidupan sosial mereka.


              Facebook sendiri mulai ramai di Indonesia sekitar tahun 2008. Seiring perkembangannya, Facebook telah menjelma menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Facebook menghubungkan semua jaringan yang dikenal. Teman lama, kawan kerja sampai teman yang sulit dihubungi dapat kembali berkumpul di situs jejaring sosial ini. Sayangnya di balik nilai plusnya itu, Facebook tetap memiliki sisi negatifnya. Ada beberapa dampak negatif Facebook yang sering terjadi. Pengetahuan orang-orang akan dampak negatif Facebook ini juga sangat minim. lantas apa sajakah dampak-dampaknya itu?


              Masalah Sosial
              Dampak negatif Facebook yang paling umum adalah permasalahan sosial bagi si pecandu. Sifatnya yang adiktif membuat orang kadang lupa dengan kehidupan yang sebenarnya, kehidupan di sekelilingnya. Contohnya saja, dapat ditemui di tempat keramaian, sekolah, angkutan umum, dan sebagainya, ada orang yang tampak lebih asyik dengan gadget-nya. Bisa saja orang tersebut sedang update status dan saling komentar tanpa mempedulikan lingkungan di sekitarnya. Tentu ini akan mengurangi kemampuan interaksi sosial si orang tersebut. apalagi tidak sedikit ditemui bahwa anak-anak sekarang lebih asyik bermain Facebook dibandingkan ia bermain petak umpat di luar. Tentu hal ini cukup mengganggu bagi perkembangan anak dalam perkembangan sosialnya.


              Masalah sosial lain yang ditimbulkan oleh dampak negatif Facebook adalah masalah yang menyangkut orang banyak Di Facebook, siapapun dapat menulis tentang apapun. Bagi perusahaan komersil, Facebook mungkin jadi sarana dalam mempromosikan produk/jasanya. Hanya sayang, bebasnya menulis status itu bisa menimbulkan masalah-masalah yang ujung-ujungnya harus berhadapan dengan hukum. Tentu masih ingat ketika di Facebook muncul Gerakan Koin Peduli. Gerakan tersebut ditujukan untuk membela seseorang yang karena hanya nama baik sebuah instansi berimbas pada penuntutan uang yang jumlahnya sangat besar. Tidak lama kemudian muncul seorang polisi di Sumetera Utara yang menulis status bahwa polisi tidak butuh masyarakat. Karena statusnya ini, banyak masyarakat yang sakit hati dan ramai-ramai mencaci polisi tersebut.


              Masalah Kesehatan
              Kesehatan adalah hal penting, sehat itu mahal, sehatlah sebelum sakit. Kedua kalimat yang umum didengar. Lantas apa hubungannya dengan facebook? Kesehatan bisa menjadi faktor dari dampak negatif Facebook. Duduk berlama-lama memperhatikan beranda Facebook, memberi jempol pada status yang dirasa bagus serta mengunggah foto-foto adalah kegiatan rutin para pemakai Facebook. Memang ada beberapa pengguna Facebook yang pasif tapi tidak sedikit pula yang sampai betah seharian berada pada kondisi “dalam keadaan jaringan”. Kegiatan semacam itu tentu tidak baik dan sangat mengganggu kesehatan. Banyak ahli berpendapat bahwa akhir-akhir ini, masalah kesehatan semacam obesitas, gangguan pencernaan, serta menurunnya kualitas penglihatan disebabkan karena kegiatan bermain komputer yang berlebihan dan tidak diimbangi dengan kegiatan berolahraga.


              Masalah Keluarga
              Banyak sekali permasalahan keluarga timbul karena jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckeberg ini. Dampak negatif Facebook yang mempengaruhi masalah keluarga terhitung kompleks. Saling tidak percaya antar hubungan suami istri, renggangnya hubungan orang tua dan anak, serta ikatan adik dan kakak yang saling tidak peduli, merupakan efek-efek kecil dari kecanduan bermain Facebook. Bahkan dampak negatif Facebook ini bisa menyebabkan perceraian. Tidak adanya saling percaya, bertemu kembali teman masa kecil yang disuka, atau tergoda orang yang baru dikenal bisa menjadi pemantik hubungan yang berakhir di pengadilan. Tentu hal ini sangat tidak baik apalagi di negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai pernikahan seperti di Indonesia.


              Masalah Pekerjaan/Tugas
              Dampak negatif facebook yang paling berbahaya adalah ketika Facebook sudah meracuni penggunannya untuk terus selalu online dan melupakan tugas utama. Bagi para pelajar, situs jejaring sosial yang kisahnya pernah difilmkan ini terasa lebih menyenangkan dibandingkan mengerjakan tugas atau membaca buku. Bagi para pekerja atupun para profesional, Facebook tentu mempengaruhi kinerja perusahaan. Bahkan di beberapa perusahaan, ada yang dengan sengaja memblokir situs facebook agar karyawannya tetap fokus bekerja. Tentu hal tersebut sangat wajar, Facebook cenderung mengganggu produktivitas bekerja dibandingkan hiburan semata. .


              Facebook memang dapat membantu dalam menghubungkan pertemanan. Facebook juga membantu interaksi dari dua tempat yang sangat berjauhan, tapi harus juga waspada dampak negatif facebook bagi diri kita sendiri ataupun orang-orang di sekitar kita. Tentu untuk menghindari dampak itu, adalah dengan cara mengatur waktu yang baik dan mengurangi kegiatan bermain facebook.


              Untuk itu, memilih jejaring sosial yang baik merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan, terutama bagi Anda yang ingin tetap produktif. Pilihlah jejaring sosial yang pintar, tidak hanya pintar mengumbar status tetapi juga mendorong anggotanya untuk lebih smart dan produktif.
              Kandungan Yang Terdapat Pada Sebatang Rokok

              Kandungan Yang Terdapat Pada Sebatang Rokok






              Apa yang Terkandung dalam Asap Rokok 

              Sebagian besar para perokok tidak mengetahui kandungan apa yang terdapat didalam sebatang rokok yang anda hisap. Bagi mereka yang tidak merokok mungkin mereka hanya menilai sebatang rokok yang di bakar hanya mengeluarkan asap kotor, tapi bagi perokok, asap itulah yang mengandung kenikmatan, tahukah anda bahwa asapa rokok mengandung banyak zat, zat apa saja yang terkandung di dalamnya? Berikut ulasannya;

              Asap rokok mengandung ribuan zat kimia, atau 'komponen asap,' juga disebut sebagai 'emisi asap.' Komponen asap yang paling luas dikenal adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida (CO). Selain zat-zat ini, hingga saat ini lebih dari 7,000 zat kimia telah diketahui terkandung dalam asap rokok. Dinas kesehatan masyarakat telah menggolongkan sekitar 70 komponen asap sebagai kemungkinan penyebab penyakit yang terkait dengan merokok, seperti kanker paru, penyakit jantung, dan emfisema.
              Komponen asap diukur menggunakan mesin laboratorium. Pada saat ini metode pengujian yang berstandar dan tervalidasi secara internasional hanya tersedia untuk beberapa komponen asap saja, yaitu tar, nikotin, dan karbon monoksida.
              Kadar Tar, Nikotin, dan Karbon Monoksida
              Kebanyakan perokok sudah mengenal tar, nikotin, dan karbon monoksida karena banyak pemerintah yang mengharuskan produsen untuk mengukur komponen-komponen ini untuk setiap merek rokok dan mencantumkan hasilnya pada kemasan rokok.
              Tar
              Tar bukanlah komponen asap yang spesifik, melainkan mengacu kepada partikel-partikel asap yang terukur dalam metode pengujian mesin. Partikel-partikel ini terbuat dari banyak komponen asap, termasuk beberapa komponen yang diyakini oleh otoritas kesehatan masyarakat sebagai kemungkinan penyebab penyakit terkait-merokok seperti kanker paru.
              Nikotin
              Nikotin adalah zat kimia yang terkandung secara alami dalam tanaman tembakau. Apabila tembakau dibakar, nikotin berpindah ke dalam asap. Nikotin dikenal oleh otoritas kesehatan masyarakat sebagai zat yang menimbulkan kecanduan dalam asap tembakau.
              Karbon Monoksida
              Karbon monoksida adalah gas yang terbentuk dalam asap rokok. Karbon monoksida dikenal sebagai penyebab utama penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung) pada perokok.
              Komponen Asap Lainnya
              Ribuan komponen asap lainnya telah diketahui terkandung dalam asap rokok. Selain nikotin dan karbon monoksida, otoritas kesehatan masyarakat telah menggolongkan sekitar 70 di antaranya sebagai kemungkinan penyebab penyakit terkait-merokok. Sebagian dari komponen ini adalah arsenik, benzena, benzo[a]pirena, logam berat (timbel, kadmium), hidrogen sianida, dan nitrosamina khusus tembakau. 
              BACA ARTIKEL TENTANG ROKOK

              Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved