Waspada Terhadap Jatuh Cinta!




Waspada Terhadap Jatuh Cinta!
 
Menghabiskan waktu sendiri tanpa adanya pasangan tentu tak diinginkan semua orang. Untuk itulah Tuhan menganugerahkan cinta, untuk membuat manusia saling mengerti dan memahami. Baca juga Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan
Namun, memiliki pasangan juga bisa membawa efek buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa contoh, dikutip dari Health.com.

Berat badan naik
Sebuah riset yang dilakukan pada 2012 menunjukkan bahwa rata-rata pasangan yang menikah pada tahun itu, mengalami kenaikan berat badan dan segera turun ketika mengalami perceraian. Namun, hal ini berseberangan dengan pendapat Troiani, yang menjelaskan bahwa, "Pasangan yang bahagia akan saling memberikan motivasi agar lebih sehat, dan tidak sembarangan makan."
Sebaliknya, menurut dia, pasangan yang hubungannya berakhir, rasa sedih dan kecewa akan memunculkan kebiasaan makan lebih agresif serta masalah tidur yang membuat berat badan melonjak.

Pemicu stres
Ketika Anda bertengkar dengan pasangan, tak jarang perasaannya terbawa ke lingkungan sekitar. Perangainya akan lebih pendiam, murung dan risau memikirkan hubungan Anda yang tak karuan. Hal tersebut semakin lama membuat Anda stres dan berat karena cinta.

Tekanan darah naik
Stres yang dipicu pertengkaran dalam rumah tangga kemudian bisa saja memicu dampak lebih parah, salah satunya naiknya tekanan darah yang bisa sebabkan penyakit darah tinggi bahkan stroke.

Masalah tidur
Penelitian lain yang dilakukan pada pasangan yang menikah ialah bahwa pasangan yang tinggal serumah dan tidur di satu ranjang akan mengalami gangguan pada tidur, seperti insomnia. "Aktivitas tidur setiap orang pasti berbeda-beda. Jadi, jika mereka harus berbagi tempat tidur, pasti akan merasa terganggu," ujar salah satu peneliti yang melaksanakan penelitian pada 2005 ini.

Sakit hati
Hal yang paling banyak mendapat dampak buruk ialah perasaan. Hubungan dengan pasangan yang berakhir di tengah jalan, pasti akan menimpulkan sakit hati, bahkan dendam. Sakit hati yang dirasakan bisa memicu perilaku yang membahayakan kesehatan, seperti minum alkohol, melahap makanan tak sehat, dan perilaku buruk lainnya.

Post a Comment

0 Comments