Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan



Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan
 
Bagi anda yang memiliki hubungan harmonis dengan pasangan boleh bersorak jika mendengar kabar ini. Mulai dari menangkal flu sampai mencegah depresi, penelitian menunjukkan bahwa jatuh cinta baik untuk kesehatan dan bahkan membuat umur anda lebih panjang. namun disisi lain cinta juga memiliki dampak buruk, baca juga Waspada Terhadap Jatuh Cinta! , dengan catatan bahwa tidak terjadinya keharmonisan diantara kedua pasanagan. Yuk cari tahu apa saja manfaat cinta bagi kesehatan anda.

Mengurangi frekuensi berobat ke dokter
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang sudah menikah jarang berobat ke dokter atau dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu lebih pendek dibandingkan mereka yang masih lajang. Salah satu teorinya adalah bahwa, sebagai manusia, kita berevolusi supaya hidup berdampingan bersama kelompok sosial dan hidup sendirian berakibat buruk bagi kesehatan.
Teori yang lebih praktis adalah pasangan kita pasti akan cerewet untuk urusan kesehatan kita sendiri.
Mencegah depresi
Orang-orang yang sudah menikah dan tinggal bersama biasanya jarang mengalami depresi. Hal tersebut tidak terlalu mengejutkan – mendapatkan dukungan dari orang yang dicintai saat membahas sejumlah hal, ternyata bisa membantu meringankan perasaan-perasaan negatif, sedangkan kesepian dan pengucilan sosial bisa mengakibatkan perasaan depresi.
Tekanan darah lebih rendah
Mereka yang pernikahannya bahagia memiliki tekanan darah paling rendah, setelah para jomblo, menurut para peneliti. Para jomblo dengan hubungan sosial yang baik memiliki tekanan darah yang sehat, tapi tidak sebaik mereka yang menjalin hubungan bahagia. Pantas saja, mereka yang menyatakan “pernihanannya tidak bahagia” memiliki tekanan darah paling tinggi dibandingkan semuanya.
Memerangi kecemasan
Jika menyangkut soal kesehatan, mencintai seseorang jauh lebih baik daripada “jatuh cinta.” Menggunakan pemindai MRI, sejumlah peneliti menemukan bahwa bagian otak yang berhubungan dengan cinta (bagian serupa yang merespons kokain), aktif dalam pasangan baru atau lama. Namun, mereka yang menjalani hubungan jangka panjang, aktif dalam bagian yang berhubungan dengan ikatan dan tidak begitu aktif dalam wilayah yang menghasilkan kecemasan.
Penghilang rasa sakit alami
Penelitian mengenai kecemasan juga menemukan bahwa pasangan bahagia yang sudah menjalin hubungan jangka panjang lebih siap dalam menghadapi rasa sakit. Bagian otak yang mengendalikan rasa sakit menunjukkan aktivas lebih besar dalam pasangan dibandingkan jomblo.
Mengatasi rasa nyeri
Dan ternyata memiliki hubungan bahagia juga membantu kita dalam menghadapi rasa sakit. Beberapa ilmuwan menguji 16 wanita menikah terhadap ancaman sengatan listrik. Ketika mereka menggenggam tangan suami mereka, respons dalam otak yang berhubungan dengan stres terlihat berkurang. Menariknya, semakin bahagia pernikahan mereka, semakin besar efeknya.
Cinta menghalau flu
Orang-orang yang sedang jatuh cinta memiliki sistem imun lebih kuat, jadi mereka lebih baik dalam menghalau flu. Mereka yang menyatakan diri mereka bahagia jarang jatuh sakit setelah terserang virus flu, dibandingkan dengan mereka yang kesepian atau depresi, kata beberapa peneliti.
Cinta menyembuhkan
Penelitian lainnya menunjukkan keterkaitan antara hubungan yang penuh kebahagiaan dan kemampuan tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Peneliti menguji relawan yang mengalami luka dan menemukan bahwa mereka yang hubungannya bahagia sembuh lebih cepat dua kali lipat dibandingkan mereka yang hubungannya tidak bahagia.
Panjang umur
Pasangan yang menikah 58 persen berumur lebih panjang dibandingkan dengan mereka yang belum pernah menikah, menurut sebuah penelitian delapan tahun. Mengapa? Pernikahan menghadirkan dukungan, keuntungan finansial dan membantu mencegah kesepian – dan untuk banyak orang, memberikan anak-anak yang juga memberikan cinta dan dukungan.
Cinta dalam kehidupan Anda
Belum menemukan pasangan yang cocok? Jangan khawatir. Penelitian menunjukkan bahwa berhubungan baik dengan teman-teman dan keluarga, atau memiliki hewan peliharaan, bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Post a Comment

0 Comments