Tetap Bertahap, Kurikulum 2013 Selesai Pada 2020

Kurikulum merupakan perangkat dari sistem pendidikan yang tidak dapat dipisahkan. Selain karena kualitas guru, kualitas kurikulum juga memiliki peranan yang besar terhadap kemajuan pendidikan.
Di Indonesia sendiri, pemerintah masih mengupayakan terciptanya kurikulum yang berkualitas. sudah beberapa kali pemerintah melakukan pergantian  kurikulum dan pada hakikatnya adalah ingin memajukan pendidikan di Indonesia. 


Salah satu Kurikulum yang masih akan di pertahankan oleh Pemerintah adalah Kurikulum 2013. 

Penerapan Kurikulum 2013 tetap dilaksanakan bertahap. Sesuai rencana, penerapan menyeluruh pengganti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 tersebut akan rampung pada 2020.

Hal itu ditegaskan Mendikbud Anies Baswedan usai rapat kerja dengan Komisi X DPR RI, tadi malam. Pernyataan tersebut sekaligus bantahan atas beredarnya kabar di berbagai media sosial yaitu mulai tahun depan semua sekolah akan kembali memakai KTSP.

"Pemberitaan itu adalah manipulasi informasi, yang dapat menimbulkan kebingungan," ujar Anies, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemdikbud, Selasa (15/12/2015).

Anies menegaskan, pemerintah tidak berencana memakai kembali Kurikulum 2006. Penerapan dua kurikulum sendiri dimaksudkan sebagai transisi sebelum semua sekolah memakai Kurikulum 2013. Ketentuan ini juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.

"Batas waktu penggunaan kurikulum tahun 2006 adalah paling lama sampai dengan tahun pelajaran 2019/2020," imbuhnya.

Sebagai informasi, sebelumnya beredar berita di berbagai situs dan media sosial tentang akan diberlakukannya kembali Kurikulum 2006 pada 2016. Diketahui, berita tersebut berasal dari tautan berita lama yang diunggah kembali.

"Kami mempertimbangkan langkah hukum atas lansiran media daring yang berisi penerapan kurikulum tahun 2006 tersebut itu menjangkau yang salah, karena berita tidak benar," tandas Anies.

Sumber: okezone

Post a Comment

0 Comments