Sebuah penelitian berjudul ” Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD 01 Samarinda.
Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Hipotesa Kerja: ” Ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Hipotesa Kerja: ” Ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Rumus:
Prestasi Belajar | Motivasi belajar | Jumlah | ||
Tinggi | Sedang | Rendah | ||
Baik | 18 | 12 | 10 | |
Cukup | 34 | 43 | 33 | |
Kurang | 10 | 10 | 30 | |
Jumlah | 200 =N |
Cara kerjanya penghitungan korelasi Phi, dari data tersebut di atas diperoleh nilai x²=18.7194.
Cara memberikan interpretasi nilai C terlebih dahulu harus diubah menjadi Phi, yaitu: =, dari hasil tersebut
selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel r, dengan df=200-2 (198), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai r tabel 0.138, dan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh nilai 0.181. Berarti nilai phi lebih kecil dari pada nilai r tabel (0.036<0.138), jadi Hipotesa Nol diterima, artinya tidak ada korelasi yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
0 Comments