Koefisien Kontingensi ” C”

Sebuah penelitian berjudul ” Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD 01 Samarinda.
Rumusan Masalah: Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Hipotesa Kerja: ” Ada hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.
Rumus:
clip_image002[14], clip_image004[8]=clip_image006[8] , clip_image008[8]




Prestasi Belajar
Motivasi belajar
Jumlah
Tinggi
Sedang
Rendah
Baik
18

12

10

40    clip_image010[20]
Cukup
34

43

33

110  clip_image010[21]
Kurang

10

10

30

50    clip_image010[22]
Jumlah
62clip_image013[20]
clip_image015[8]
65clip_image013[21]
73clip_image013[22]
200 =N

Cara kerjanya penghitungan korelasi Phi, dari data tersebut di atas diperoleh nilai x²=18.7194.
Maka nilai clip_image002[15]= clip_image018[8]=Koefisien Kontingensi ” C”=0.293


Cara memberikan interpretasi nilai C terlebih dahulu harus diubah  menjadi Phi, yaitu: clip_image022[8]=Koefisien Kontingensi ” C”, dari hasil tersebut


selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel r, dengan df=200-2 (198), pada taraf signifikansi 5 % diperoleh nilai r tabel 0.138, dan pada taraf signifikansi 1 % diperoleh nilai 0.181. Berarti nilai phi lebih kecil dari pada nilai r tabel (0.036<0.138), jadi Hipotesa Nol  diterima, artinya tidak ada korelasi yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa SD 01 Samarinda.

Post a Comment

0 Comments