Wednesday, 17 December 2014

Hal Pokok Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Penelitian



Hal  Pokok Yang Harus Dilakukan Sebelum Melakukan Penelitian

sudah menjadi kewajiban Setiap mahasiswa yang akan mendekati kelulusan untuk mengerjakan tugas akhir kuliah, baik itu skripsi ataupun tesis.  Banyak dikalangan mahasiswa yang akan mengerjakan tugas skripsi atau merancang sebuah judul skripsi atau tesis masih kebingungan tentang hal apa yang akan menjadi kajian penelitian, tentu ini cukup menguras otak bagaimana membuat judul penelitian yang kira-kira pas dengan kemampuan kita.
Berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum melakukan penenlitian.


  1. Tentukan tempat penelitian.

Tempat penelitian menjadi hal yang paling utama dalam merancang sebuah rencana penelitian. Seorang peneliti tidak bisa berspekulasi  mengenai dimana tempat penelitian, tempat penelitian harus jelas, semisal anda melakukan penelitian di sekolah maka sekolah tersebut harus jelas nama sekolah, alamat serta kota tempat tersebut. Setelah anda sudah menemukan tempat penelitian tahap selanjutnya adalah,

  1. Carilah masalah yang ada di tempat anda akan lakukan Penelitian

Seorang peneliti harus jeli dalam melakukan sebuah pengamatan mengenai tempat yang akan di teliti, peneliti harus paham benar tentang kondisi tempat tersebut, sebab jika kita tidak mengetahui kondisi tempat tersebut tentu ini akan sangat menyulitkan kita dalam mencari masalah apa yang akan menjadi kajian penelitian.
Masalah disini maksudnya adalah kejadian unik atau fenomena apa yang ada di tempat yang akan anda teliti. Misal, murid-murid di sekolah A berprilaku sopan santun, nah fenomena atau kejadian seperti ini menarik untuk dilakukan sebuah penelitian, berprilaku sopan santun ini apakah akibat dari didikan gurunya, orang tuanya, lingkungannya atau mungkin faktor lain. Jadi anda bisa melakukan penelitian dari beberapa aspek, aspek lingkungan, aspek guru, dan aspek keluarga .  setelah anda temukan masalahnya tahap selanjutnya adalah 

  1. membuat judul penelitian

Setelah anda menemukan masalah di tempat yang akan anda teliti, tahapan selanjuntnya adalah menentukan judul penelitian. Penentuan judul penelitian ini tidak terlalu sulit jika masalah yang akan anda teliti benar-benar telah anda temukan, sebab kunci dari pembuatan judul ini terletak pada masalah atau fenomena yang terjadi di tempat penelitian anda, namun penentuan judul akan terasa sangat sulit jika masalah yang ada belum di temukan atau membuat judul namun tempat dan masalah tersebut belum ditentukan.
Mengacu pada poin nomor dua diatas, salah satu misal fenomena atau kejadian yang ada di sekolah adalah murid-murid di sekolah A berprilaku  sopan santun maka dari penelitian tersebut anda dapat mengambil judul tentang pengaruh orang tua, pengaruh guru, atau pengaruh lingkungannya, dan ini bisa menjadi  bebrapa alternatf dalam penentuan judul, contoh judul  Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prilaku Sopan Santun Siswa”, maka dari contoh judul ini saya mencoba meneliti dari aspek keluarga atau orang tua murid.

Demikian tulisan singkat ini, semoga bermanfaat. Tulisan ini tidak lain adalah hasil dari perkuliahan saya, jika ada salah mohon koreksinya.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved