Recent Post

Friday, 9 January 2015
Rahasia Dibalik Air Mata (Tinjauan Secara Medis)

Rahasia Dibalik Air Mata (Tinjauan Secara Medis)


Rahasia Dibalik Air Mata (Tinjauan Secara Medis)

Menangis dan mengeluarkan air mata adalah hal yang wajar dan sudah dilakukan semua orang sejak mereka masih bayi. Ada banyak alasan di balik sebuah tangisan, mulai dari tangis bahagia, senang, sedih, marah, dan terkadang justru tanpa alasan apapun. Meski begitu, seringkali manusia tak mengenali alasan di balik tangisan atau air mata yang mereka keluarkan. Banyak orang, barangkali Anda juga, tak tahu bahwa setiap air mata yang dikeluarkan bisa jadi berbeda.



Air mata diproduksi oleh kelenjar air mata (lacrimal gland) yang terletak di antara kelopak mata dan bola mata. Ketika seseorang menangis, mereka akan sering berkedip untuk membuat air menyebar ke seluruh mata dan tidak menggenangi salah satu bagian saja.

Tak jarang juga orang menjadi ingusan, hidung mereka ikut mengeluarkan air saat menangis. Ini akibat dari air mata yang ikut masuk ke saluran hidung. Fakta menarik lain mengenai air mata adalah bahwa wanita memang diprogram untuk menangis lebih banyak.

Wanita bisa menangis 5,3 kali per bulan sementara pria hanya 1,4 kali. Wanita bisa menangis selama enam menit, sementara pria hanya sekitar dua sampai empat menit, seperti dilansir oleh Health Me Up .

Faktanya, bahkan tak semua air mata sebenarnya sama. Ada beberapa jenis air mata yang diproduksi karena alasan yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis air mata yang dikeluarkan manusia.

1. Air mata basal
Air mata jenis ini dikeluarkan untuk melindungi kornea agar mata tetap lembap. Air mata ini mengandung protein dan zat lain yang menjaga kesehatan mata dan melawan berbagai infeksi pada mata. Setiap hari manusia memproduksi sekitar lima sampai 10 ons air mata basal untuk meremajakan dan menjaga kelembapan mata.

2. Air mata refleks
Air mata refleks melindungi mata dari zat yang bisa mengiritasi dari luar. Air mata ini akan keluar ketika ada debu, angin, dan asap. Air mata ini dibuat di saraf sensorik pada kornea yang akan bereaksi ketika ada iritasi masuk ke mata. saraf ini juga akan memicu produksi hormon yang bisa meredakan iritasi.

3. Air mata emosi
Air mata emosi muncul karena respon dari emosi dan rasa sakit. Seperti rasa senang, sedih, marah, stres, dan lainnya. Air mata emosi dipicu oleh cerebrum, bagian otak yang mengatur emosi. Sistem endocrine kemudian diaktifkan untuk melepaskan hormon pada bagian ocular yang menyebabkan terbentuknya air mata. Air mata emosi mengandung protein bernama prolactin yang juga mengontrol produksi air susu pada wanita.

Peneliti berpendapat bahwa manusia menangis untuk menunjukkan adanya masalah dan mendapatkan simpati dari sesamanya. Sementara bayi menangis untuk menarik perhatian orang dewasa. Namun air mata ternyata tak sebatas itu saja.

Air mata juga membantu meningkatkan mood ketika seseorang mengalami stres. Air mata juga memicu produksi hormon bahagia, dan membantu tubuh mengeluarkan zat yang bisa mengeluarkan iritan dari tubuh.
Khasiat dan Manfaat Daun Alang-alang

Khasiat dan Manfaat Daun Alang-alang

Khasiat dan Manfaat Daun Alang-alang

alang-alang yang dalam bahasa ilmiahnya imperata cyilindrica beauv. var mayor C.E.Hubb merupakan salah satu tanaman liar yang sering kita jumpai, meski alang-alang merupakan salah satu tanaman hama yang mengganggu namun disisi lain juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.
khasiat yang paling utama adalah:

1. Obat Meluruhkan air seni
2. Obat  Pereda Rasa Nyeri
3. Obat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

adapun bagian yang digunakan sebagai pengobatan adalah akarnya atau rimpang
cara pengobatannya:
20-30 gram akarnya atau rampng kering direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1,5 gelas.
setelah dingin, tahapan selanjutnya adalah di saring, kemudian minumlah air rebusan akar alang-alang tersebut sebanyak 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.
demikian kasiat alang-alang bagi kesehatan tubuh kita, selamat mencoba dan semoga lekas sembuh. amin.


Tuesday, 6 January 2015
Penyebab di Tindih Hantu Saat Tidur (Tinjauan Secara Medis)

Penyebab di Tindih Hantu Saat Tidur (Tinjauan Secara Medis)







Penyebab di Tindih Hantu Saat Tidur (Tinjauan Secara Medis)

Ini dia penyebab ditindih hantu saat tidur yang dapat menyebabkan seseorang merasa sesak nafas dan seperti ditindih seseorang sehingga kita sulit bergerak, sulit bernafas, bahkan juga sulit untuk bangun. Namun, sobat harus mengetahui apa saja yang biasa dikenal sebagai penyebab ditindih hantu saat tidur. Ditindih hantu biasa dikaitkan dengan dunia misteri atau hantu. Bahkan, terjadinya tindihan saat tidur juga dapat dipicu karena seseorang membuat kesalahan semasa ia beraktivitas yang memicu kemarahan penghuni alam gaib dan menyebabkan Anda mengalami tindihan di malam hari. Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan penjelasan dari penyebab ditindih hantu saat tidur, ditinjau dari berbagai segi.


Diganggu Hantu Ketika tidur
Salah satu penyebab tindihan saat tidur yang paling dikenal oleh masyarakat luas ialah karena ada hantu yang menindih, sehingga seseorang mengalami sesak nafas sekaligus mimpi yang mengerikan. Penyebab yang ini memang banyak dipercaya oleh masyarakat mengingat masyarakat Indonesia yang sangat mempercayai bahwa hantu yang mengganggu disaat seseorang sedang tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami tindihan diiringi dengan mimpi yang sangat mengerikan pula. Terkadang, hal tersebut juga diiringi dengan beberapa penampakan yang dialami oleh seseorang di alam bawah sadarnya.

Tak jarang pula, kejadian ini dihubungkan dengan adanya kesalahan yang diperbuat seseorang dan membuat makhluk alam gaib terganggu dan menghantui tidur. Misalkan saja, dikala seseorang menebang pohon besar yang dipercaya angker, kemudian pada malam harinya, ia mengalami tindihan. Hal tersebut disebabkan karena penghuni pohon angker tersebut merasa terganggu karena rumahnya dirusak, kemudian ia meminta pertanggung jawaban si penebang pohon.

Untuk mengatasinya, biasanya Anda disarankan untuk mempertanggung jawabkan perbuatan Anda yang dirasa salah dengan meminta maaf pada penghuni alam gaib yang merasa terganggu, atau bisa juga dengan memberikan sesajen yang dibutuhkan untuk membuat makhluk alam gaib di suatu tempat kembali tenang. Ada lagi hal yang sangat disarankan untuk mereka yang ditindih oleh hantu selama tidur, yaitu dengan berusaha untuk bangun dari tidur saat merasa ditindih oleh hantu.

Di beberapa daerah di Indonesia, bahkan ada kepercayaan yang mengatakan bahwa ditindih hantu saat tidur dapat berarti bahwa seseorang sedang berada di tempat yang angker atau berhantu. Untuk hal-hal semacam ini, yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan beberapa syarat yang dipercaya oleh warga setempat untuk mengusir makhluk gaib yang ada di tempat tersebut. Dengan menggunakan hal ini, maka niscaya makhluk gaib yang ada di tempat tersebut dapat pergi dari suatu tempat dan berhenti mengganggu penghuninya. 

Beberapa kasus tertindih hantu saat tidur bahkan dapat menyebabkan kematian apabila orang tersebut tidak segera bangun dari tidurnya. Hal itu tentu saja sangat mengerikan mengingat kasus tindihan identik dengan mimpi yang seram sekaligus sesak nafas karena diganggu oleh makhluk gaib. Untuk menghindari hal seperti ini, sangat disarankan pada seseorang untuk berdoa terlebih dahulu sebelum tidur. Selain berdoa, orang yang akan berangkat tidur juga disarankan untuk bersiap-siap terlebih dahulu sehingga seseorang beristirahat malam dalam kondisi siap. Beberapa cara tersebut dikenal dapat menghindarkan seseorang dari kejadian mengerikan seperti tertindih hantu saat tidur.  Terlebih lagi bagi mereka yang jarang berdoa, mereka dipercaya lebih mudah mengalami tindihan dibandingkan dengan mereka yang rajin berdoa dahulu sebelum tidur.

Mengalami Gangguan Pada Saluran Pernafasan
Selain penyebab tindihan yang ditinjau dari segi mistis, ternyata ada juga penyebab tindihan apabila dilihat dari sisi ilmiah atau medis. Apabila banyak yang mempercayai bahwa ditindih hantu saat tidur disebabkan karena ada hantu yang mengganggu selama tidur, ternyata ada juga yang mempercayai bahwa fenomena ditindih hantu saat tidur disebabkan karena seseorang mengalami gangguan pada saluran pernafasannya sehingga menyebabkan seseorang mengalami mimpi buruk sekaligus sesak nafas selama tidurnya. Dari tinjauan medis, hal yang paling bertanggung jawab dalam fenomena ini ialah gangguan dalam pernafasan seseorang. Misalkan saja, seseorang yang sedang mengalami flu tentu tidak dapat bernafas dengan lancar sehingga ia akan merasa sesak nafas dan memimpikan hal yang mengerikan dan juga mengalami perasaan seperti ada yang menindihnya sehingga menyebabkan ia merasa sesak nafas dan juga sulit untuk bangun dari tidur.

Hal yang paling disarankan untuk mereka yang mengalami hal tersebut ialah dengan berusaha bangun dari tidur dan juga mengantisipasinya dengan meminum obat flu ataupun obat pengurang sesak nafas sebelum seseorang berangkat untuk tidur. Beberapa hal yang cukup sederhana itu dipercaya dapat menghindarkan seseorang dari fenomena ditindih setan saat tidur. Resiko dari fenomena tersebut sesungguhnya cukup fatal, yaitu dapat menyebabkan kematian apabila seseorang tidak segera bangun dari tidurnya. Untuk menghindari hal tersebut, segera bangun dari tidur dirasa sangat penting agar seseorang bisa bernafas dengan lancar kembali.


 Bahaya Gadget dan televisi Terhadap Perkembangan Anak

Bahaya Gadget dan televisi Terhadap Perkembangan Anak

  
Bahaya Gadget dan televisi Terhadap Perkembangan Anak

Psikiater anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Ika Widyawati SpKJ (K) mengatakan, orangtua harus menghindarkan anak dari layar apa pun, baik televisi maupun "gadget" pada usia dua tahun pertama.

"Menurut penelitian di Amerika Serikat, anak yang terbiasa dengan layar sejak dini, agresivitasnya lebih tinggi tetapi perhatian terhadap sekitarnya kurang," kata Ika Widyawati

Karena itulah, kata Ika, saat ini cukup banyak ditemui anak-anak yang lebih agresif. Terdapat cukup banyak kasus kekerasan yang melibatkan anak, baik sebagai korban maupun pelaku.

Hal itu salah satunya disebabkan pola asuh orangtua yang sudah memperkenalkan layar kepada anak. Beberapa orangtua membiarkan anaknya menonton televisi atau bermain gadget supaya tidak rewel di saat mereka mengerjakan pekerjaan lain.

"Sebaiknya penggunaan 'gadget' apalagi 'game' dibatasi. Boleh di akhir pekan. Itu pun dibatasi satu hingga dua jam. 'Game' bisa menimbulkan adiksi terhadap anak," tuturnya.

Ika menyarankan orangtua untuk lebih banyak mengajak anak bermain atau berjalan-jalan bersama di hari libur. Liburan yang menyenangkan bersama keluarga justru lebih bermanfaat bagi perkembangan kejiwaan anak.

Menurut Ika, liburan keluarga juga bisa mengurangi depresi yang disebabkan tekanan dan kejenuhan di tempat kerja dan di sekolah.

Depresi muncul karena seseorang kekurangan hormon serotonin yang dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang. Hormon serotonin bisa kembali, salah satunya melalui istirahat dan liburan.

"Bagaimana liburan berkualitas yang ideal? Tergantung minat yang bersangkutan. Ada yang senang ke pantai, gunung, bahkan hanya ke mal saja," ujarnya.
Pengaruh Gadget Terhadap Agresivitas Anak

Pengaruh Gadget Terhadap Agresivitas Anak

Pengaruh Gadget Terhadap Agresivitas Anak

Psikiater anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Ika Widyawati SpKJ (K) mengatakan, orangtua harus menghindarkan anak dari layar apa pun, baik televisi maupun "gadget" pada usia dua tahun pertama.

"Menurut penelitian di Amerika Serikat, anak yang terbiasa dengan layar sejak dini, agresivitasnya lebih tinggi tetapi perhatian terhadap sekitarnya kurang," kata Ika Widyawati.
Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved