Sunday, 15 November 2015

Konsep Pendidikan Yang Baik Menciptakan SDM Yang Baik Pula

Untuk menciptakan suatu pendidikan yang berkualitas dan berkesinambungan. negara memiliki peran penting untuk bisa mewujudkannya. dibeberapa negara maju tanggung jawab dan peranan negara untuk menghasilkan  output human resource atau sumber daya manusia yang berkompetensi adalah benar-benar dipikirkan secara sistematis. keseriusan untuk melakukan itu ditunjukkan dengan menciptakan sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang ke arah tersebut.


Pendidikan berhubungan erat dengan hasil kerja. oleh karena itu, mengonsep pendidikan sama artinya dengan mengonsep pembangunan suatu bangsa. pendidikan yang baik baru dapat diperoleh dengan memiliki kesiapan dana yang memadai pula dengan kata lain lain "financial and education" adalah ibarat sekeping mata uang logam yang tak bisa dipisahkan, artinya bisa dikaji secara terpisah, tetapi harus dilihat sebagai satu kesatuan.















Penambahan dan (financial) dapat diperoleh dari kemampuan kita mengelola sektor-sektor yang dimiliki oleh suatu negara menjadi menjadi bermuatan ekonomi atau bernilai ekonomis. artinya kajian ekonomi adalah bagaimana mempergunakan seluruh sumber daya yang dimilki oleh suatu negara. Kemudian mengkalkulasikannya dalam bentuk hitungan-hitungann uang

Penjelasan diatas dapat disimpukan bahwa konsep pendidikan yang baik akan mampu menciptakan tata kelola ekonomi yang baik pula. begitu pula sebaliknya, konsep pendidikan yang tidak baik akan melahirkan konsep pembangunan yang tidak seimbang (imbalance). ini terlihat pada saat sekolah bukan tempat untuk mencari ilmu tetapi untuk mencari ijazah dan ijazah tersebut kemudian dipergunakan untuk mendapatkan pekerjaan dan pekerjaan akan menghasilkan uang.

jika konsep ini terus saja dilanjutkan maka efeknya adalah masyarakat akan cenderung melihat pendidikan atau belajar di sekolah adalah bukan suatu kebutuhan, tetapi jembatan untuk mendapatkan kekayaan.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved