metode mengajar yang efektif dan efisie
Metode dapat diartikan secara sederhana sebagai cara atau teknik
penyampaian materi pelajaran kepada siswa. Tentu saja berbagai cara yang dapat
dilakukan oleh guru untuk mengajar di ruang kelas. Namun demikian cara-cara
menyampaikan pelajaran tersebut dipilih guru setelah melalui pertimbangan yang
matang. Simak kembali: Pertimbangan Memilih Metode
Pembelajaran
Sampai saat ini
cukup banyak jenis metode mengajar dalam pendidikan. Mulai dari metode yang
sederhana sampai metode yang rumit untuk diterapkan. Metode yang paling sering
digunakan guru antara lain; ceramah, tanya jawab, latihan, diskusi, dan sosio
drama. Ada pun metode yang cukup rumit antara lain; eksperimen, proyek,
pemecahan masalah, demonstrasi, tugas dan resitasi, dan lain sebagainya.
Semua metode
yang disebutkan di atas bagus untuk diterapkan dalam pembelajaran. Masalahnya
adalah efektivitas dan efisiensi dari metode yang dipilih. Guru perlu memilih
metode yang aplicable, efektif dan efisien dalam pembelajaran.
Pertimbangan dalam memilih metode mengajar salah satunya memenuhi kriteria
efektivitas dan efisiensi.
Bagaimana
karakter metode pembelajran yang efektif dan efisien? Berdasar pengalaman
emperik, metode mengajar dikatakan efektif dan efisien apabila sesuai dengan:
1.Karakter siswa
Siswa pada
jenjang SD dan SMP atau SMA/K memiliki karakter berbeda. Perbedaan itu antara
lain, latar belakang kemampuan berpikir, daya serap, minat dan kemauan belajar,
dan lain sebagainya. Kunjungi juga: Pentingnya Menguasai Karakter Siswa
2.Dinamika kelas
Sebuah kelas
memiliki dinamika tersendiri. Kelas yang dihuni banyak siswa lebih memungkinkan
menggunakan metode ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab. Namun demikian
keberhasilan menggunakan metode ini tergantung pada kemampuan guru mengelola
kelas dan keterampilan berceramah. Baca kembali: Metode Ceramah dalam Pembelajaran
3.Struktur kurikulum
Metode
pembelajaran akan efektif bila disesuaikan dengan struktur kurikulum dan
perencanaan yang telah disusun oleh guru dalam perangkat mengajar. Dalam hal
ini adalah tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, materi pelajaran dan
alokasi waktu yang tersedia dalam satu kali pertemuan.
4.Kemampuan guru
Metode yang
dipilih boleh jadi sangat bagus secara teori namun belum tentu bisa diterapkan
dengan baik oleh guru. Oleh sebab itu pemilihan metode hendaknya
mempertimbangkan apakah guru menguasai metode tersebut atau belum.
Kesimpulannya
adalah, metode mengajar yang efektif dan efisien adalah metode yang dapat
diterapkan secara nyata dalam pembelajaran. Selain itu proses mengajar berjalan
lancar dan menyenangkan. Hasil belajar siswa dapat dicapai secara optimal dan
memuaskan.
0 Comments