Friday, 9 May 2014

AKTUALISASI PANCASILA DI KEHIDUPAN MASYARAKAT

A.    Latar Belakang

Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia hingga sekarang telah mengalami perjalanan waktu yang tidak sebentar, dalam rentang waktu tersebut banyak hal atau peristiwa yang terjadi menemani perjalanan pancasila, sehingga berdirilah pancasila seperti sekarang ini, didepan semua bangsa indonesia.


Mulai peristiwapertama saat pancasila dicetuskan sudah mulai banyak konflik di internal para pencetusnya, hingga sekarang pun diera reformasi dan globalisasi pancasila masih hangat dan diperbincangkan oleh banyak kalangan pendidikan, terutama kalangan politik dan Mahasiswa. Kebanyakan dari para pihak yang memperbincangkan masalah pancasila adalah mengenai awal dicetuskannya pancasila tentang sila pertama.

Memang dari sejarah awal perkembangan bangsa Indonesia dapat kita lihat bahwa komponen masyarakatnya tebentuk dari dua kelompok besar, yaitu; kelompok agamis dalam hal ini didominasi oleh kelompok agama islam dan yang ke duaadalah kelompok Nasionalis.

Dari kedua kelompok tersebut, berperan dalm perbuatan rancangan dasar negara kita tercinta ini, maka setelah banyak aspek memperbincangkan pancasila sebagai dasar negara. Sekarang pancasilapun dijadikan bahan perbincangan sebagai perilaku yang digunakan dalam kampus. Dimana dalam kampus tersebut akan terdidik dengan kepemimpinan pancasila baik dalam perilaku bergaul juga dalam proses belajar mengajar didalamnya, serta molekul-molekulyang menjadi bagiannya.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka makalah ini, secara khusus membahas permasalahan sebagai berikut:
1.      Apa yang di sebut pancasila  sebagi dasar negara?
2.      Apa yang di maksud dengan tri darma perguruan tinggi?
3.      Bagimana cara mengaktualisasikan pancasila tersebut di perguruan tinggi atau kampus?

Untuk File Lengkapnya Silahkan DOWNLOAD

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved