RUMUS:
Contoh: Sebuah penelitian bertujuan ingin mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M.
Hipotesa Kerja: Ada perbedaan yang signifikan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M.
Dari pencatatan data dilapangan diperoleh data sebagai berikut:
N0 Resp.
|
Sekor Sikap Keagamaan
|
No. Resp.
|
Sekor Sikap Keagamaan
| ||
Sesudah diajar dengan metode M
|
Sebelum diajar dengan metode M
|
Sesudah diajar dengan metode M
|
Sebelum diajar dengan metode M
| ||
1
|
70
|
62
|
26
|
71
|
63
|
2
|
67
|
59
|
27
|
72
|
64
|
3
|
71
|
65
|
28
|
70
|
64
|
4
|
73
|
65
|
29
|
70
|
62
|
5
|
71
|
63
|
30
|
72
|
64
|
6
|
68
|
60
|
31
|
73
|
65
|
7
|
72
|
64
|
32
|
70
|
62
|
8
|
69
|
60
|
33
|
71
|
66
|
9
|
74
|
66
|
34
|
72
|
64
|
10
|
73
|
65
|
35
|
71
|
63
|
11
|
74
|
66
|
36
|
67
|
59
|
12
|
66
|
58
|
37
|
69
|
61
|
13
|
68
|
62
|
38
|
72
|
63
|
14
|
66
|
58
|
39
|
73
|
65
|
15
|
69
|
61
|
40
|
70
|
62
|
16
|
66
|
58
|
41
|
69
|
61
|
17
|
70
|
62
|
42
|
71
|
63
|
18
|
67
|
60
|
43
|
69
|
59
|
19
|
72
|
64
|
44
|
71
|
63
|
20
|
68
|
60
|
45
|
69
|
61
|
21
|
68
|
60
|
46
|
72
|
64
|
22
|
73
|
65
|
47
|
69
|
61
|
23
|
69
|
59
|
48
|
72
|
60
|
24
|
73
|
65
|
49
|
72
|
64
|
25
|
66
|
58
|
50
|
68
|
60
|
Langkah-langkah Penyelesaian:
Klasifikasikan Variabel X dan Y, untuk mencari Mean X dan Y
X
|
f
|
fX
|
fX²
|
Y
|
f
|
fY
|
fY ²
|
74
73
72
71
70
69
68
67
66
|
2
6
9
7
6
8
5
3
4
|
148
438
648
497
420
552
340
201
264
|
10952
31974
46656
35287
29400
38088
23120
13467
17424
|
66
65
64
63
62
61
60
59
58
|
3
7
8
6
6
5
7
4
4
|
13068
29575
32768
23814
23064
18605
25200
13924
13456
|
13068
29575
32768
23814
23064
18605
25200
13924
13456
|
50=N
|
3508=∑fX
|
246368=∑fX²
|
50=N
|
3108=∑fY
|
193474=∑fY ²
|
Hitung Korelasi Product Moment, dengan rumus:
Mencari t
Interpretasi hasil, t hitung sebesar 57.143
df=N-1= 50, nilai t tabel untuk taraf signifikansi 5 % sebesar 2.01 dan 1% sebesar 2.68. Jadi 201 <57.143>2.68, berarti hipotesa yang menyatakan ada perbedaan sikap keagamaan siswa sebelum dan sesudah diterapkan metode M diterima.
0 Comments