Wednesday, 6 January 2016

Makna Pendidikan Sesungguhnya

Makna pendidikan lebih dari proses transfer ilmu pengetahuan dari guru ke murid. Dan proses pencaian makna pendidikan sesungguhnya ini harus dilakukan oleh semua elemen, termasuk melibatkan masyarakat.

Pelibatan masyarakat inilah yang gencar dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di bawah komando Anies Baswedan. Perwakilan Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP), Citra menilai, memandang pendidikan sebagai gerakan bersama masyarakat saja masih belum cukup.


"Tapi lebih dalam lagi bagaimana kita mencari makna pendididkan itu sendiri. Menjadikan pendidikan sebagai proses yang bisa menggerakkan manusia, bukan saja prosedur belajar mengajar," ujar Citra, dalam sebuah diskusi di Kemdikbud, Jakarta.

Karena sifatnya sebagai gerakan itulah, kata Citra, pendidikan dapat membuka peluang masyarakat umum dan Kemdikbud duduk bersama merumuskan pola terbaik untuk negeri ini. Hal itu diamini Sekretaris Jenderal Kemdikbud Didik Suhardi. Menurutnya, tanggung jawab pendidikan bukan hanya di pundak pemerintah tetapi juga melibatkan masyarakat.

"Kemampuan anggaran juga sangat terbatas. Bila kita tidak melibatkan masyarakat, maka tidak bisa mencapai kualitas pendidikan yang baik," tutur Didik.

Kemdikbud sendiri sudah melibatkan publik dalam berbagai hal terkait pendidikan. Di antaranya, membuka peluang melaporkan berbagai pelanggaran pendidikan yang mereka temui.

tag. apa makna pendidikan
     . pendidikan sesungguhnya
     . hakikat dari pendidikan

Sumber: okezone

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved