Sunday, 13 December 2015

Daerah Ini Akan Buka Lowongan untuk 1.500 Guru Honorer

Nampaknya kebutuhan akan guru baik guru SD, SMP, SMA, nampaknya masih harus terus dipenuhi. kekurangan tenaga-tenaga pendidik ini nampaknya hampir disemua daerah.

Salah satu daerah yang masih kekurangan guru yang cukup banyak adalah Purwakarta. bahkan Pemerintah setempat telah mengambil sebuah kebijakan tentang rekrutmen mennya nanti seperti apa. 


Selain itu, pemerintah setempat akan mengangkat guru yang lulus tes nantinya sebagai tenaga honorer, meski sebagai guru honorer, pemerintah setempat menjanjikan gaji  guru honorer disesuaikan dengan UMK Daerah setempat. dan untuk perekrutan itu sendiri akan dilaksanakan pada tahun depan

Hal ini sebagaiaman yang dipaparkan oleh Pemkab setempat. Mulai tahun depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan merekrut tenaga guru honorer. Pasalnya, di wilayah ini masih kekurangan tenaga honorer, yaitu hingga 1.500 guru. Sedangkan, honorer yang saat ini aktif mengajar di sekolah-sekolah jumlahnya hanya 4.000 jiwa.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan, akan ada seleksi rekrutmen tenaga guru honorer. Namun, seleksi akan dilakukan secara ketat, sebab mereka akan jadi tenaga pendidik. Sehingga, benar-benar harus yang berkualitas dan tentunya cerdas.

Dedi menjanjikan upah untuk tenaga honorer ini sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK). “Yakni, antara Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta per bulan,” ujar Dedi".

Menurut Dedi, rekrutmen tenaga guru honorer ini untuk menambal kekurangan guru. Sebab, guru-guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) di Purwakarta banyak yang pensiun. Sedangkan gantinya, yaitu guru CPNS, tidak ada.

Saat ini, Purwakarta masih memberlakukan moratorium CPNS. Sehingga, solusi untuk menutupi kekurangan guru ini adalah dengan merekrut guru honorer.

Akan tetapi, lanjut Dedi, rekrutmen ini tak bisa sembarangan. Bila, ada sekolah yang merekrut tenaga honorernya serampangan, lalu timbul masalah, maka kepala sekolah itu akan dikenakan sanksi. Sanksinya, bisa dipecat.

Sumber; republika

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved