Friday, 18 March 2016

Siswa Ikatan Dinas Tidak Langsung jadi CPNS

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB)‎ Setiawan Wangsaatmaja menegaskan, siswa ikatan dinas tidak langsung diangkat menjadi CPNS. Mereka akan diangkat jadi CPNS setelah menyelesaikan pendidikan dan memperoleh ijazah.

"Jadi saat ini yang kami rekrut adalah calon siswa sekolah ikatan dinas, bukan CPNS," ujar Iwan, sapaan akrabnya, Jumat (18/3).

Ditambahkannya, calon siswa akan diseleksi ketat seperti halnya tes menjadi CPNS. Mulai dari seleksi administrasi, dan tahapan Tes Kompetensi Dasar (TKD) di samping tes lainnya sesuai persyaratan masing-masing sekolah ikatan dinas tersebut.



Menurut Iwan, sekolah ikatan dinas bukanlah pendidikan yang mudah. Siswa akan diberikan pendidikan khusus yang memiliki tingkat kesulitan tertentu.

"Rekrutmennya sangat selektif karena jabatan fungsional yang akan mereka isi bukanlah pekerjaan umum yang dapat dilakukan orang tanpa pendidikan spesifik," tutur Iwan.

Sementara itu Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)  Ermaya Suradinata menyambut baik sistem penerimaan secara terpadu dan online ini. Hal ini diyakini bisa mencegah praktik titip titipan oleh pejabat.

Di IPDN sendiri, tahun ini mendapat kuota 900 siswa, sama dengan tahun 2015. Namun jumlah itu belum tentu semuanya terisi, karena tahun lalu hanya terisi 750 orang, dari 23 ribu peserta yang mengikuti tes.

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved