Tips Mengelola Gaji Agar Tidak Terlalu Boros



Apakah Anda selalu merasa penghasilan gaji setiap bulan tidak cukup dan hanya lewat kantong begitu saja? Karena itu Anda merasa bekerja sia-sia karena tidak ada gaji yang 'nyantol' untuk membeli sesuatu benda yang berharga, apalagi untuk kebutuhan masa depan? Sebagai pekerja kantoran, hari menerima gaji adalah hal yang ditunggu-tunggu. Tidak sedikit karyawan kantor bahkan mengalokasikan hampir 50 persen dari uangnya untuk belanja dan membayar tagihan rutin.
Lalu bagaimana mengatur neraca keuangan yang sehat untuk masa depan yang baik? Seperti yang dilansir dari laman Huffington Post, berikut tips yang dapat Anda ikuti untuk mengelola gaji.

1. Pengaturan rasio utang
Tidak salah bila memiliki utang, tetapi tata kelola keuangan akan sehat bila utang tidak lebih 35 persen dari pendapatan. Keperluan utang juga perlu diketahui, alangkah lebih baik bila rasio utang yang konsumtif tidak lebih dari 10 persen dan produktif 25 persen. Artinya hutang tersebut lebih banyak yang anda pergunakan ke sektor produktif seperti untuk membuka usaha atau lainnya.
2. Perlindungan atau proteksi
Setiap orang diharuskan memiliki proteksi bisa dalam bentuk asuransi dengan rasio 10 persen dari pendapatan masuk tiap bulan. Dia mengatakan proteksi tidak boleh dianggap sebagai suatu hal yang remeh dan akan sangat berguna dalam kondisi yang tak terduga. Missal ketika anda tiba-tiba terkena musibah. Disarankan anda juga harus lebih selektif dalam memilih asuransi, pilihlah asuransi yang telah terpercaya.
3. Investasi
Bagi pemuda yang baru saja bekerja, akan disarankan memiliki investasi sebanyak 10 persen dari pendapatan yang dilakukan rutin setiap bulan. Sisa dana dari pendapatan bisa digunakan untuk biaya kehidupan sehari-hari. Namun perlu di ingat juga bahwa jangan sembarang menginvestasikan dana anda, anda harus selektif dalam memilih investasi, hal ini dilakukan agar anda tidak merugi dikemudian hari, sebab investasi juga harus kita lihat segi prospektif kedepannya, disamping itu juga anda harus mempertimbangkan untung dan ruginya.

Post a Comment

0 Comments