Friday, 11 July 2014

Kiat Menjadi Guru Kreatif dan Ciri-ciri Guru Kreatif

Kreativitas sangat diperlukan bagi guru dalam memecahkan permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran yang bisa menghambat keberhasilan proses pembelajaran. kreativitas juga sangat diperlukan guru agar mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan, mampu membuat siswa termotivasi untuk belajar. untuk mengetahui guru yang kreatif setidak ada beberapa ciri yang harus kita ketahui, yaitu :
For Children

    kiat menjadi guru kreatif dan ciri-ciri guru kreatif menurut Andi Yudha. For Children kependekan dari fleksibel, optimis, respek, cekatan, humoris, inspiratif, lembut, disiplin, responsif, empatik, ngefriend. selain ciri di atas, sesungguhnya guru kreatif haruslah penuh semangat, komunikatif, pemaaf dan sanggup menjadi teladan. adapun penjelasan dari For Children sebagai berikut:

1. Guru Yng Fleksibel
    kecerdasan majemuk, keragaman gaya belajar, dan perbedaan karakter siswa menuntut guru harus fleksibel. guru harus luwes menghadapi segala perbedaan ini agar mampu menumbuhkan segala potensi siswa.

2. Guru Yang Optimis
    guru harus optimis bahwa setiap siswa memang memiliki potensi dan setiap anak adalah pribadi yang unik. keyakinan guru bahwa interaksi yang menyenangkan dalam pembelajaran akan mampu memfasilitasi siswa berubah menjadi lebih baik dan akan berdampak pada perkembangan karakter siswa yang positif.

3. Guru Yang Respect
    kita tidak bisa minta berlaku hormat, tetapi guru tidak memperlakukan siswa dengan hormat pula. guru hendaknya senantiasa menumbuhkan rasa hormat di depan siswa sehingga mampu memacu siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran sekaligus hal-hal lain yang dipelajarinya.

4. Guru Yang Cekatan
    anak-anak yang selalu aktif dan dinamis harus diimbangi oleh guru yang aktif dan dinamis pula, sehingga bisa muncul saling pemahaman yang kuat dan akan berdampak positifbagi proses dan hasil pembelajaran.

5. Guru Yang Humoris
    humor-humor yang dimunculkan guru disela-sela pembelajaran tentu akan menyegarkan suasana pembelajaran yang membosankan. dengan humor-humor yang segar akan membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

6. Guru Yang Inspiratif
    fasilitasilah setiap siswa agar mampu menemukan hal-hal baru yang bermanfaat. jadikanlah setiap siswa menjadi pribadi yang bermakna dengan menemukan sesuatu yang positif untuk perkembangan kepribadiannya.

7. Guru Ynag Lembut
    kelembutan akan membuahkan cinta, dan cinta akan semakin merekatkan hubungan guru dengan para siswanya. jika siswa merasakan kelembutan setiap kali berinteraksi dengan guru maka hal ini akan membuta pembelajaran menjadi lebih efektif.

8. Guru Yang Disiplin
    ketika seorang guru membuat kebijakan kedisiplinan, maka ingatlah tujuan awal yang diharapkan terhadpa perubahan sikap siswa ke arah yang lebih positif. disiplin tidak harus identik dengan hukuman. menurut Lou Anne Johnson metode hukuman mungkin dapat merubah perilaku siswa sementara waktu, tetapi tidka mendorong siswa untuk bertanggung jawab atas perbuatan mereka.

9. Guru Yang Responsif
    Guru hendaknya cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, baik pada anak didik, sosial budaya, ilmu pengetahuan maupun teknologi. misalnya ketika muncul demam facebook, maka guru harus kretaif memanfaatkannya untuk mendukung pembelajaran.

10. Guru Empatik
      agauru yang empatik pastilah bisa memahami bahwa siswa yang beragam memiliki kemampuan dan kecepatan belajar yang berbeda. dengan empatinya guru harus mampu membantu siswa yang mungkin kurang menerima pembelajaran.

11. Guru Yang Ngefriend Dengan Siswa
      kedekatan mengutkan ikatan. jangan hanya jadikan siswa sebagai teman dinas, tapi jadikanlah siswa sebagai teman sejati kita. hubungan yang nyaman anatara guru dan siswa tentunya akan membuat anak lebih mudah menerima pembelajarab dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

Demikian tulisan singkat mengenai ciri-ciri dan kiat menjadi Guru kreatif. semoga bermanfaat

Sumber: Sri Narwanti, Creative Learning, Yogyakarta 2011

1 komentar:

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved