Tuesday, 1 July 2014

Jenis Koleksi Perpustakaan


JENIS KOLEKSI PERPUSTAKAAN
 
Beberapa jenis koleksi perpustakaan sebagai sumber belajar yang mungkin dapat dijangkau adalah sebagai berikut:
1.    Buku
Buku merupakan koleksi yang paling umum yang dihimpun perpustakaan. pengertian buku   adalah terbitan   yang membahas informasi tertentu disajikan secara tertulis sedikitnya setebal 64 halaman tidak termasuk  halaman sampul, diterbitkan oleh penerbit atau lembaga tertentu, serta ada yang bertanggung jawab terhadap isi yang dikandungnya (pengarang). beberapa jenis buku adalah sbb:

a.       buku teks (buku wajib), yang telah digariskan oleh pemerintah. misal buku SD, SMP, MI, MA   SMA, SMK.
b.      buku penunjang, buku pengayaan yang telah mendapat rekomendasi dari pemerintah untuk digunakan di sekolah-sekolah, serta buku penunjang untuk kalangan siswa tentangt bidang tertentu.
c.       buku-buku jenis fiksi serta buku bergambar yang dapat merangsang rasa ingin tahu dan dapat mengembangkan imajinasi anak didik.
d.      buku populer (umum) merupakan buku yang berisi ilmu pengetahuan secara umum dan populer. misal buku cara merawat komputer PC, menjadi orang tua yang efektif.
2.    Koleksi Referens
koleksi referens sebenarnya juga dalam bentuk buku, yang membedakan dengan buku adalah isi dan cara penyusunannya. isi buku referens tidak mendalam dan kadang-kadang hanya memuat informasi tertentu saja seperti arti kata. contoh kamus.
3.    Sumber Geografi
sumber geografi sangat diperlukan oleh perpustakaan. jenis koleksi ini berisi informasi tentang daerah, iklim, cuaca, ketinggian tempat, bahan tambang, hutan, hasil pertanian daerah tertentu, laut, hasil laut, gunung, gurun, curah hujan untuk daerah tertentu. misal peta atau atlas
4.    Jenis Serial
pada umumnya terbitan berkala berupa majalah dan koran. majalah dan koran diperlukan sebagai koleksi perpustakaan karena keduanya berisi berita aktual yang meliputi berbagai aspek kehidupan manusia.
5.    Bahan Mikro
bahan mikro adalah koleksi perpustakaan yang merupakan alih media dari buku ke dalam bentuk mikro seperti mikro film dan mikro fice (carik mikro). mikro film pada umumnya berbentuk rol dan carik mikro berbentuk lembaran.
6.    Bahan Pandang Dengar (audio visual)
bahan pandang dengar juga merupakan koleksi perpustakaan. bahan pandang dengar memuat informasi yang dapat ditangkap secara bersamaan oleh indra mata dan telinga. oleh sebab itu bahan pandang dengar merupakan media pembawa pesan yang sangat kuat untuk bisa ditangkap oleh manusia. misal, video, kaset VCD.

Sumber : Darmono, Perpustakaan Sekolah, Jakarta; Gramedia, 2007

1 komentar:

Copyright © 2013 Info Pendidikan All Right Reserved