Rasionalisme Filsafat dan Tokoh-tokohnya

A. Latar Belakang

Pada kehidupan di zaman modern ini rasionalitas ( akal atau logika ) sudah mulai di kesampingkan, padahal jauh sebelumnya pada abad 13 di Eropa sudah tumbuh sistem filsafat yang pada waktu itu sudah mencakup keseluruhan. Sistem filasafat ini di ajarkan di sekolah dan perguruan tinggi. Dalam perkembangannya sistem filsafat ini mulai berubah menjadi filsafat modern pada abad 14 dan seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju ( modern ) filsafat modern ini berkembang di abad 20 dengan berbagai macam aliran pemikiran di antaranya Rasionalisme,Empirisme,Kritisisme,Idealisme dan sebagainya.

B. Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang di atas, penulis akan mengurai ( memaparkan ) beberapa pembahasan ( masalah ) yang berkaitan dengan salah satu aliran filsafat tentang rasionalisme:
A.    Pengertian rasionalisme ?
B.     Siapakah tokoh – tokoh rasionalisme ?
C.     Bagaimana cara ( corak ) berpikir dari para tokoh – tokoh filsafat ?



BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Rasionalisme
Rasionalisme adalah paham yang mengajarkan bahwa sumber pengetahuan satu – satunya yang benar adalah rasio ( akal budi ), dengan demikian rasionalisme adalah paham filsafat yang mengatakan bahwa akal ( resen ) adalah alat yang terpenting dalam memperoleh pengetahuan dan mengetes pengetahuan. Jika empirisme mengatakan bahwa pengetahuan di peroleh dengan mengalami atau melalui objek emperis ( penelitian/ilmiah ), maka rasionalisme di sini mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan di peroleh dengan cara berpikir dengan kaidah – kaidah yang logis ( logika ).Di mana jauh sebelumnya manusia sudah berusaha untuk memberi kemandirian pada akal sebagai mana yang telah di rintis oleh para pemikir renaisans sampai di abad 17 dan pada abad tersebut di mulainya era pemikiran – pemikiran tentang filsafat dalam artian yang sebenarnya. Seiring dengan perkembangan zaman manusia mulai menaruh kepercayaan yang besar terhadap  kemampuam akal, bahkan di yakini bahwa dengan kemampuan akal semua persoalan dapat di jelaskan dan semua permasalahan dapat di pahami dan di pecahkan termasuk seluruh permasalahan tentang kemanusiaan di samping itu keyakinan yang berlebihan terhadap kemampuan akal dapat membawa kita ke dalam perang dengan mereka yang malas menggunakan akal ( logika ).

Dengan kekuasaan atau kemampuan akal tersebut manusia menginginkan suatu kehidupan ( dunia ) baru yang di kendalikan oleh akal sehat manusia. Kepercayaan akan akal sehat sangat jelas dalam bidang filsafat, yaitu dalam bentuk suatu keiginan untuk menyusun secara apriori suatu sisitem keputusan akal pada tingkat yang tinggi dan luas. Dalam hal ini bisa di pahamai bahwa dalam filsafat aliran yang mengedapankan akal adalah aliran Rasionalisme.

Untuk File Lengkapnya Silahkan DOWNLOAD

Post a Comment

0 Comments