PENGARUH
PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK MUAMALAT
CABANG SANGATTA.
A. Latar Belakang Masalah
Pada era globalisasi saat ini,
persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat Persaingan
ini menuntut para pelaku bisnis untuk mampu memaksimalkan kinerja
perusahaannya agar dapat bersaing di pasar. Untuk memenangkan persaingan,
perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya, misalnya
dengan memberikan produk mutunya lebih baik. Produk dengan mutu jelek, harga
mahal, penyerahan produk yang lambat bisa membuat pelanggan tidak puas,
walaupun dengan tingkat kepuasan yang berbeda.
Disisi lain, perusahaan juga
harus berusaha keras untuk mempelajari dan memahami kebutuhan dan
keinginan pelanggannya. Dengan memahami kebutuhan, keinginan dan
permintaan pelanggan, maka akan memberikan masukan penting bagi
perusahaan untuk merancang strategi pemasaran agar dapat menciptakan
kepuasan bagi pelanggannya.
Dalam kondisi persaingan yang
ketat seperti ini, hal utama yang harus diprioritaskan oleh perusahaan
yang bergerak dalam bidang pelayanan adalah kepuasan pelanggan agar
dapat bertahan, bersaing, dan menguasai pangsa pasar Dengan
menyadari bahwa sebenarnya nilai merupakan sintesa dari sejumlah hal
yang diantaranya adalah kualitas dan pelayanan pelanggan, maka keputusan
atau ketidakpuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas
barang atau jasa yang dikehendaki pelanggan, sehingga jaminan
kualitas menjadi prioritas utama bagi setiap perusahaan sebagai tolak
ukur keunggulan daya saing perusahaan tersebut. Kualitas
pelayanan dalam perusahaan jasa merupakan hal yang sangat penting dari
sudut pandang konsumen.
Tujuan dari pelyanan yang baik
adalah mencegah pembelotan dan membangun kesetiaan pelanggan atau Customer
Loyality. Pembelotan pelanggan atau berpalingnya pelanggan disebabkan
karena kesalahan pemberian pelayanan maupun sistem yang digunakan oleh perusahaan
dalam melayani pelanggan.[1]
Untuk File Lenkapnya Silahkan DOWNLOAD
0 Comments