RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas / Semester : III (tiga) / 1 (satu)
Waktu : 30 menit (1 x pertemuan)
A. Standar Kompetensi
B. Kompetensi Dasar
Menjelaskan sifat-sifat yang ada pada diri Rasul
C. Indikator
1.
Menyebutkan
dan menjelaskan sifat-sifat wajib Rasul
2.
Menyebutkan
dan menjelaskan sifat-sifat mustahil Rasul
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
menyimak penjelasan guru siswa dapat menyebutkan sifat-sifat wajib yang
terdapat pada Rasul.
2. Melalui
menyimak penjelasan guru siswa dapat menyebutkan sifat-sifat mustahil yang
terdapat pada Rasul.
v Karakter
siswa yang diharapkan:
-
Disiplin
-
Tekun
-
Tanggung jawab
-
Ketelitian
E. Materi Ajar
-
Sifat
wajib dan mustahil pada Rasul.
F. Metode dan model pembelajaran
1. Metode
Pembelajaran:
- Ceramah
- Tanya
jawab
- Demonstrasi
- Pemberian
soal
2. Model
Pembelajaran
- Pendekatan
kooperatif tipe NHT (Number Head Together)
G. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pra
Kegiatan
- Mempersiapkan
media dan sumber belajar
- Berdoa
- Mengabsen
siswa (disiplin)
- Mengkondisikan
siswa
2. Pendahuluan/
Apersepsi (5 menit)
Ø Guru
bertanya tentang sifat Rasulullah
Ø Guru menginformasikan materi yang akan diajarkan hari ini
yaitu sifat wajib dan mustahil pada Rasul.
3. Kegiatan
Inti (20 menit)
a. Eksplorasi
Ø Siswa
menyimak penjelasan guru mengenai sofat wajib dan mustahil pada Rasul.
Ø Siswa
menjawab pertanyaan yang sesuai penjelasan yang disampaikan guru.
Ø Siswa diminta untuk maju ke depan dan mencocokan antara
sifat wajib dan sifat mustahil Rasul.
b. Elaborasi
Ø Siswa
kelas dibagi ke dalam 2 kelompok
Ø Setiap
aggota kelompok mendapat nomor kepala dan tiap kelompok diberi nama kelompok.
Ø Setiap
kelompok mendapatkan lembar kerja kelompok yang dibagikan oleh guru.
Ø Setiap
kelompok mendiskusikan soal yang diberikan oleh guru.
Ø Siswa
dipanggil secara acak sesuai nomor kepalanya untuk mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya.
Ø Siswa
yang lain memberikan tanggapan terhadap hasil presentasi temannya.
c. Konfirmasi
Ø Guru memberikan penguatan dari hasil diskusi dan tanya
jawab.
Ø Guru memberikan penghargaan untuk siswa yang paling aktif
dalam menyampaikan pendapatnya.
Ø Guru
memberikan pos tes untuk penilaian.
4. Kegiatan
Akhir (5 menit)
Ø Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
materi yang belum dimengerti.
Ø Guru bersama siswa membuat kesimpulan dari proses
pembelajaran.
Ø Guru
memberikan penugasan rumah.
Ø Menyampaikan tema pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat
pembelajaran
-
Kertas
yang bertuliskan sifat wajib dan mustahil pada Rasul.
2. Sumber
belajar
-
Buku
SASEBI kelas 3, penerbit Erlangga
-
Buku LKS Aktif kelas 3
I. Penilaian
1. Prosedur
- Tes
awal :
tanya jawab soal pada apersepsi
- Tes
proses :
saat proses pembelajaran berlangsung
- Tes
akhir :
saat proses pembelajaran berakhir
2. Jenis
Tes
- Tes
tertulis : tes obyektif
- Tes
lisan :
tes unjuk kerja
3. Soal
Tes :
terlampir
Sangatta, 22 Mei
2013
Mengetahui,
Dosen
Pengampu Guru
Agama
(Sugiri,
M.Pd) (Nur Muhabibudin)
NIP:- NIM: 10.01.0044
LEMBAR
KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
Nama Sekolah :
Kelas / Semester :
III (tiga) / I (satu)
Mapel :
PAI
Materi Pokok :
Sifat wajib dan mustahil pada Rasul
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat wajib Rasul.
§ Menyebutkan dan menjelaskan sifat-sifat mustahil Rasul,
|
Tes tertulis
|
Tes uraian
|
a. Sebutkan sifat wajib bagi rasul beserta
artinya?
b. Sebutkan sifat mustahil bagi rasul beserta artinya?
|
KUNCI
JAWABAN
1.
Sifat wajib bagi Rasul
a.
Sidiq artinya benar
b.
Amanah artinya dapat dipercaya
c.
Tabligh artinya menyampaikan
d.
Fatomah artinya cerdas
|
2.
Sifat mustahil bagi Rasul
a.
Kizib artinya dusta
b.
Khianat artinya tidak dapat
dipercaya
c.
Khitman artinya tidak menyampaikan
d.
Baladah artinya bodoh
|
Keterangan:
-
Setiap 1 jawaban benar skor = 5
-
Skor maksimal = 10
Nilai
Akhir = Skor yang diperoleh x 100%
Skor Maksimal
LEMBAR
PENGAMATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA
DALAM PEMBELAJARAN KELAS III
MAPEL
PAI
Nama Sekolah :
Nama siswa :
KD :
Petunjuk :
a. Bacalah
dengan cermat indikator siswa dalam belajar.
b. Dalam
melakukan penilaian setiap indikator mengacu pada descriptor.
c. Berilah
tanda cek (ü)
pada kolom skor sesuai dengan pengamatan berikut:
-
Skor 1 jika descriptor tampak
-
Skor 2 jika dua descriptor tampak
-
Skor 3 jika tiga descriptor tampak
-
Skor 4 jika empat descriptor tampak.
No.
|
Indikator
|
Deskriptor
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
Melakukan
kerja sama
|
- Bekerja
sesuai dengan langkah-lagkah dalam LKS
- Kerja
sama
- Sikap
dalam berdiskusi
- Mengukur
berat badan dengan tepat
|
||||
2.
|
Kemampuan lisan
|
-
Menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
-
Mengajukan pertanyaan kepada guru dan teman
- Member
saran
- Mengajukan
pendapat
|
||||
3.
|
Kerja kelompok
|
-
Siswa dapat bekerja sama dengan anggota kelompok
- Siswa
bertanggung jawab terhadap tugas kelompok
- Siswa
dapat menghargai pendapat temannya
|
||||
4.
|
Mengerjakan tugas individu
|
- Tugas
diselesaikan tepat waktu
- Tugas
dikaerjakan secara mandiri
- Tugas
dikerjakan dalam keadaan rapi
- Mengerjakan
dengan semangat
|
||||
Jumlah skor yang diperoleh siswa
|
Keterangan:
Skor maksimal = 14
skor
yang diperoleh siswa
Konversi nilai = x 100 %
Skor maksimal
0 Comments